Best of 2013: Production Design

Stoker

Berikut lima production designer yang karyanya menjadi favorit saya. Set dekorasi dan detail yang mereka hadirkan mempunyai magnet tersendiri yang di satu sisi membentuk tone dari film secara keseluruhan, sekaligus dengan cermat menceritakan karakter tokoh di dalam layar. 

The Nominees:

(in alphabetical order)

  • Julie Berghoff , “The Conjuring”

The Conjuring

Untuk pemilihan boneka Annabelle yang tepat, menunjukkan sisi menyeramkan sebagai mainan yang bisa dicintai anak kecil; pemilihan ornamen rumah yang tua dan mewakili jaman; detail kuno dan tak terawat pada ruang bawah tanah, dan tentu saja lemari yang dengan cermatnya menjadi ornamen penakut;

  • Sarah Greenwood, “Anna Karenina”

Anna Karenina

Untuk menyulap teater menjadi begitu menawan, bahkan menyembulkan narasi yang selaras dalam teknik dan gaya yang digusung sang sutradara, konstruksi kereta api tersebut, ruang besar dalam pesta dansa, set pacuan kuda yang mengeluarkan energi dramatis, serta bagaimana mewakili konflik karakter lewat set kamar tidur semisal kamar tidur Karenin yang terlihat tidak bersahabat, sedangkan kamar Vronsky terkesan sensual;

  • Dan Hennah, “The Hobbit: The Desolation of Smaug”

The Hobbit The Desolation of Smaug

Untuk dengan piawai bersatu pada efek visual yang mumpuni menjadikan tiap set begitu mengesankan, terutama penempatan barel pada The Barrel Escape dan timbunan emas pada Smaug;

  • Catherine Martin, “The Great Gatsby”

The Great Gatsby

Untu detail kemewahan pada mansion-nya Gatsby, bahkan hingga menyatu dengan fotografi semisal tirai yang dengan apik diterbangkan angin, ballroom yang lapang sebagai pesta dansa yang mahal, tiap detail mewakili karakter, besar namun sepi; dan

  • Jean-Vincent Puzos, “Amour”

Amour

Untuk eksplorasi yang gemilang dalam set yang terbatas, menceritakan sisi lain melalui set dekorasi tentang dua insan tersebut, meja makan, piano, pemilihan dua ruang yang disatukan satu pintu, di satu sisi menghadirkan kedekatan pada karakter.

Recap:

Best Production Design of 2013

  • Julie Berghoff , “The Conjuring”
  • Sarah Greenwood, “Anna Karenina”
  • Dan Hennah, “The Hobbit: The Desolation of Smaug”
  • Catherine Martin, “The Great Gatsby”
  • Jean-Vincent Puzos, “Amour”

Honorable Mentions:

Saya menyukai set yang dihadirkannya Thérèse DePrez dalam “Stoker”, terutama penempatan piano yang menjadikannya satu adegan yang tak terlupakan pada film ini; William Chang dan Wai Ming Alfred Yau dalam  “The Grandmasters” terutama untuk detail pada rumah bordil; detail yang menawan oleh Andy Nicholson lewat “Gravity”; detail futuristik dalam “Pacific Rim” oleh Andrew Neskoromny dan Carol Spier; dan terakhir, Andy Nicholson dan Jack Fisk, terutama untuk set penjara dan hiring hall dalam”The Master”.

Advertisements

3 thoughts on “Best of 2013: Production Design

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s