Best of 2012: Director, Screenplay, and Picture

sea

Melanjutkan kembali kategori lain. Berikut giliran para sutradara, penulis skenario, dan film.  Jika dilihat, di kategori skenario, komedi mendapat porsi tersendiri untuk tahun ini bagi saya. Uniknya, tiga sutradara pilihan saya juga adalah sosok yang menjadi penulis pilihan saya tahun ini. Berikut nominenya. 

Best Director

holy

  • Wes Anderson, “Moonrise Kingdom”
  • Leos Carax, “Holy Motors”
  • Andrew Haigh, “Weekend”
  • Kenneth Lonergan, “Margaret”
  • Martin Scorsese, “Hugo (3D)”

Anderson mengukuhkan kembali ciri khas sentuhannya lewat kisah cinta muda yang manis, rentetan adegan unik; sementara Carax menawarkan sinema yang tidak biasa, seperti masuk ke restoran dengan hidangan mengejutkan, meledak; Haigh di sisi lain hadir memainkan emosi, kekuatan dalam skrip diarahkan pada dua pemain yang mumpuni; sementara Lonergan mengaitkan cerita yang terlihat berantakan namun sebenarnya teramat kompleks; Scorsese menyematkan sebuah ruang baru, sinema dalam kesan baru.

Honorable Mentions: Nuri Bilge Ceylan “Once Upon a Time in Anatolia”, Edwin “Postcards from the Zoo”, Terence Davies “The Deep Blue Sea”, Steve James, “The Interrupters”, Sam Mendes, “Skyfall”

Best Original Screenplay

????????????????

  • Whit Stillman, “Damsels in Distress”
  • Leos Carax, “Holy Motors”
  • Wes Anderson and Roman Coppola, “Moonrise Kingdom”
  • Seth McFarlane, Alec Sulkin, and Wellesley Wild, “Ted”
  • Andrew Haigh, “Weekend”

Stillman hadir dengan momen yang sangat rapi ketika menempatkan adegan yang mampu mengumbar tawa dengan dialog yang terdengar ringan, kontras dengan McFarlane et al yang dari awal sudah mengolah lelucon dewasa (yang cukup beralasan akan dibenci sebagian orang): ide yang dibawa oleh Carax sulit untuk dilupakan begitu saja, terutama kelihaiannya mengaitkan fantasi dan realita; Anderson dan Coppola tampil quirky, namun lebih tercecap manis; Haigh mengumbar kepiawaian menulis dialog, pillow talk yang mengesankan.

Honorable Mentions: Kenneth Lonergan“Margaret”, Edwin “Postcards from the Zoo”, Jeff Nichols “Take Shelter”, Céline Sciamma “Tomboy”, Karl Markovics “Breathing”

 Best Adapted Screenplay

21

  • Stephen Chbosky, “The Perks of Being a Wallflower”
  • Terence Davies, “The Deep Blue Sea”
  • Skip Hollandsworth and  Richard Linklater, “Bernie”
  • Bridget O’Connor and Peter Straughan, “Tinker Tailor Soldier Spy”
  • Michael Bacall and Jonah Hill, “21 Jump Street”

O’Connor dan Straughan memperlihatkan dialog rumit yang kompleks dan runut mengambarkan tiap karakter; Chbosky tahu benar bagaimana menerjemahkan bukunya sendiri menjadi rangkaian dialog; Davies lihai menuliskan momentum pada adaptasi teater ini, terutama nyanyian merdu di rel kereta api tersebut; sisi komedi dari Bacall dan Hill adalah tawa renyah yang hadir sepanjang film, cepat dan lihai menampilkan slapstick tanpa terlihat cheap; sedangkan Hollansworth dan Linklater membaurkan dokumenter dengan narasi, unik dan jenaka.

Honorable mentions:  Joachim Trier and Eskil Vogt “Oslo, August 31st, Damon Lindelof and Jon Spaihts “Prometheus”, Joss Whedon “The Avengers”, Lucy Alibar and Benh Zeitlin “Beast of the Southern Wild”, Jose Rivera “On the Road”

Best Picture

(Untuk nomine kategori ini commentary-nya sudah muncul terlebih dahulu Januari lalu dalam pos sepuluh film pilihan 2012)

  • Damsels in Distress
  • The Deep Blue Sea
  • Holy Motors
  • Hugo (3D)
  • The Interrupters
  • Margaret
  • Moonrise Kingdom
  • The Perks of Being a Wallflower
  • Postcards from the Zoo
  • Weekend

 ***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s