Michael Mann Menjadi Ketua Juri di Venice: Film Apa Saja yang Kemungkinan Bersaing?

Berita yang mengundang senyum pagi ini ketika menyimak Twitter feed adalah Michael Mann akan memimpin barisan juri pada perhelatan Venice Film Festival tahun ini. Dengan demikian selama empat tahun berturut-turut presiden juri di Venice adalah sutradara yang pernah meraih nomine Oscar. Ang Lee tahun 2009 memberikan trofi utama ke film Lebanon (Lee sendiri menjadi satu-satunya sutradara di dekade 2000-an yang memenangkan Golden Lion sebanyak dua kali lewat Brokeback Mountain dan Lust, Caution). Sementara tahun 2010, Quentin Tarantino menjadi berita setelah memberikan trofi utama pada mantan kekasihnya, Sofia Coppola, lewat Somewhere (hei, film ini baru saja disinggung kemarin). Sedangkan Darren Aronofsky–pernah meraih Golden Lion lewat The Wrestler–menganugerahi Faust dari Alexander Sokurov tahun kemarin sebagai peraih trofi utama. Maka tahun ini siapa yang akan diberikan oleh Michael Mann?

Jawabannya akan bisa kita prediksi ketika melihat daftar film yang akan berkompetisi hingga sambutan yang diraih film-film tersebut. Namun, coba menebak film apa saja yang akan masuk? Seperti yang dikabarkan Indiewire, Terrence Malick–rumor mengatakan filmnya sudah selesai, tapi ini masih rumor dan bisa awet sampai 20 tahun mendatang—memiliki To the Wonder yang bisa saja muncul di sini, meskipun saya merasa akan semakin diulur-ulur hingga Cannes tahun depan. Venice juga akan menjadi waktu yang tepat untuk Harvey Weinstein mengenalkan The Master dan Django Unchained. Adapun Ben Affleck dengan “Argo”, Passion-nya Brian De Palma, dan Steven Spielberg dengan Lincoln-nya yang nampak seperti seruan “Hey baby, Imma grab that Oscar again!” dari seorang Daniel Day Lewis, atau mungkin jika Life of Pi sudah siap, bisa jadi Ang Lee punya kesempatan meraih Singa Emas ketiganya?

(Beberapa postingan di blog ini yang berhubungan dengan Michael Mann bisa dilihat pada kesukaan saya dengan Public Enemies dan pada The Insider. Selain itu jika menengok daftar Sight & Sound, coba lirik sepuluh film pilihannya Michael Mann, hei, ada Apocalypse Now, y’all!)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s