“Welcome Back Joaquin Phoenix!”: Mengintip Teaser Trailer “The Master”

Salah satu film yang paling ditunggu tahun ini, The Master, beberapa hari lalu  menggoda kita dengan memberikan intipan tidak lebih dari satu setengah menit dengan penampilan solo Joaquin Phoenix serta beberapa potongan adegan yang begitu menarik (adakah yang merasa adegan homo-erotic di pantai tersebut nampak seperti adegan dalam Beau Travail-nya Claire Denis?), diiringi oleh score dari Jonny Greenwood yang terdengar memikat telinga, terdengar lekat seperti karyanya dalam There Will Be Blood. Secara instan langsung menjadi teaser yang saya ulang berkali-kali. 

Namun yang mencuri perhatian adalah sosok Joaquin Phoenix. Setelah sempat dipetieskan dengan kabar hoax akan berhenti dari dunia perlakonan dan memilih dunia musik—yang kemudian sebenarnya rangkaian lakonnya dalam mockumentary I’m Still Here—senang melihatnya kembali lagi menampilkan akting mumpuni. Dia salah satu yang paling menarik dari Gladiator. Dia salah satu yang paling menarik dari Signs. Dia tampil bagus dalam Walk the Line. Dia tampil menawan dalam Two Lovers yang kemudian menjadi 2nd Runner-Up Best Actor pilihan saya pada AwyaNgobrol Awards dua tahun lalu.

Kali ini, dengan teaser sesingkat itu, Paul Thomas Anderson menampilkan lagi trik jitu mengubah para aktornya—coba ingat Tom Cruise dalam Magnolia atau Adam Sandler dalam Punch-Drunk Love—untuk tampil memikat. Joaquin Phoenix menampilkan salah satu sinergi lakon paling sulit; kamera close-up, dengan menampilkan sorot mata yakin, gestur tanpa urat ragu, serta transisi ekspresi yang menubrukkan kesan egois, masa bodo, dan tersirat nada kegilaan itu. Terlalu awal jika ingin berbicara Oscar, namun nampaknya karakter Freddie Quell bisa jadi seikonik Daniel Plainview. Welcome back, Mr. Phoenix!

(Photo Credit: The Weinstein Company)

Berikut trailer-nya:

Advertisements

2 thoughts on ““Welcome Back Joaquin Phoenix!”: Mengintip Teaser Trailer “The Master”

  1. Suka bgt sama trailernya, semoga filmnya nanti sebagus ini haha masih agak ambigu ya ttg plot nya kalo diliat dari sini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s