The Tree of Life Masuk 10 Film Terbaik Sepanjang Masa Versi Roger Ebert: Film Apa yang Didepak?

Ada ritual sepuluhtahunan dari majalah Sight & Sound yang selalu menarik perhatian publik, yaitu berkumpulnya dua kubu yang sering berseberangan di dunia sinema—kritikus dan sutradara—yang bersama mendaftarkan sepuluh film pilihannya untuk ditabulasi dalam wujub Film Terbaik Sepanjang Masa. Tidak terasa memang bahwa daftar yang sering kita klik tersebut sudah berumur sepuluh tahun semenjak diumumkan 2002 lalu dengan masih menempatkan Citizen Kane sebagai yang pertama. Tahun ini, daftarnya akan diperbaharui dan tenggat pengiriman daftar sudah berakhir dua minggu lalu. Dalam edisi terbaru Sight & Sound nanti, daftar tersebut akan menjadi topik yang paling dicari. 

Roger Ebert pada kesempatan edisi kali ini akhirnya mendepak Dekalog dari daftar sepuluh besar dan memasukkan The Tree of Life sebagai pengganti. Alasan dikeluarkannya Dekalog dari daftar sepuluh pilihannya seperti yang terdapat pada daftar 2002, adalah dengan munculnya aturan baru bahwa jika memilih lebih dari satu film, misal The Godfather Part 1 & 2, atau Three Colours Blue, White, dan Red, maka akan tetap dianggap menjadi film terpisah dan tidak akan dihitung sebagai satu film. Dengan demikian Dekalog yang memiliki 10 film berdurasi satu jam tersebut terpaksa disingkirkan.

Pilihan Ebert untuk film yang menggantinya ada dua; Synecdoche, New York atau The Tree of Life, dengan kemudian memilih yang terakhir sebagai pelengkap sepuluh besar.

“I could choose either film. I will choose “The Tree of Life” because it is more affirmative and hopeful. I realize that isn’t a defensible reasons for choosing one film over the other, but it is my reason, and making this list is essentially impossible, anyway.” 

Begitu alasan Ebert memilih film yang tahun lalu menempati posisi pertama polling film terbaik di Sight & Sound dengan margin yang begitu impresif tersebut.

Berikut daftar lengkap sepuluh film pilihan Ebert yang dikirimkan ke Sight & Sound untuk edisi 2012:

Aguirre, Wrath of God (Herzog)
Apocalypse Now (Coppola)
Citizen Kane (Welles)
La Dolce Vita (Fellini)
The General (Keaton)
Raging Bull (Scorsese)
2001: A Space Odyssey (Kubrick)
Tokyo Story (Ozu)
The Tree of Life (Malick)
Vertigo (Hitchcock)

Mari coba berandai-andai. Seperti sebelumnya saya telah mengumpulkan 20 film favorit saya, jika misalnya dipaksa untuk memilih sepuluh saja, dengan satu sutradara hanya boleh satu film saja, pilihan saya akan seperti ini:

  • Apocalypse Now
  • Barry Lyndon
  • Blow-Up
  • In the Mood for Love
  • Sunrise: A Song of Two Humans
  • Sunset Boulevard
  • Taxi Driver
  • The Thin Red Line
  • Three Colors: Red
  • Through the Olive Trees

Kita tunggu apa saja film yang akan masuk ke sepuluh besar nanti, meskipun rasanya tidak akan banyak ada perubahan seperti versi sepuluh tahun lalu. Sementara, saya begitu penasaran melihat pilihan Si Kontroversial Armond White, masihkah A.I: Artificial Intelligence ada di posisi pertama? Kita tunggu saja.

(Photo Credit: Fox Searchlight Pictures)

Advertisements

4 thoughts on “The Tree of Life Masuk 10 Film Terbaik Sepanjang Masa Versi Roger Ebert: Film Apa yang Didepak?

  1. kalo boleh milih pilihan saya
    apocalypse now
    The assasination of jesse jame
    The thin red line
    taxi driver
    happy together
    eternal sunshine of the spotless mind
    Pulp fiction
    shawshank redemption
    Rosseta
    citizen kane

  2. Tree of Life memang layak masuk ke dalam daftar 10 film terbaik-nya Roger Ebert. Setiap kali saya menontonnya, saya selalu mendapatkan hal – hal baru yang terlewatkan sebelumnya (Tree of Life termasuk salah satu film favorit saya tahun lalu). Dan di review-nya Roger Ebert sendiri dia juga bilang baru kali ini merasakan sensasi menonton seperti 2001 a space odyssey, yang notabene juga ada di daftar 10 film terbaik-nya. haha.
    btw, salam kenal ya dari http://www.cinephilesdiary.blogspot.com
    nice blog btw. Tukeran link yuk. hehehe

  3. @halomoansirait : saya nonton dari film dvd oraginalhe he banyak ko di lapak dvd oraginal he he”saran buruk”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s