AwyaNgobrol’s 30 Most Anticipated Movies in 2012 – Part 3 (#1-10)

Setelah sebelumnya di bagian pertama dan kedua terdapat dua puluh film yang saya nantikan di tahun ini, kini giliran edisi terakhir, sepuluh film yang paling saya tunggu dan tidak sabar untuk menyimaknya. Boleh dibilang dipenuhi dengan film-film yang disutradarai oleh sineas yang sudah saya kenal dan sukai di karya sebelumnya. Maka tidak heran ketika mereka kembali dengan film terbarunya, rasa ketertarikan untuk menyimaknya begitu besar muncul. Di balik beberapa film yang lantas mengundang pembicaraan sebagai film Oscar atau Cannes dan sejenisnya, ada satu film popcorn yang paling saya tunggu, hadir di daftar ini. Simak saja. 

______________

 [#1-10]:

#10

“SEVEN PSYCOPATHS”

Directed by Martin McDonagh

Ketika membaca Martin McDonagh akan membuat film terbaru, yes, I’m excited! Saya begitu menyukai In Bruges. Dengan kembalinya kolaborasi McDonagh-Farrel ini, berharap besar black comedy ini mampu mengumbar tawa seperti film sebelumnya.

#9

“UNDER THE SKIN”

Directed by Jonathan Glazer

Jonathan Glazer is back! Saya begitu menyukai Birth dan menganggap penampilan Nicole Kidman sebagai salah satu yang terbaik di dekade 2000-an. Sekarang, ada Scarlett Johannson yang menjadi pemeran utama. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul sama yang menceritakan tentang alien yang menyamar sebagai wanita cantik dan seksi untuk menggaet tubuh manusia. Dengan novel dari Michel Faber yang terkenal sebagai novel dengan cerita yang sedikit aneh, maka Glazer akan sangat menjanjikan untuk menangkap atmosfir sunyi yang begitu terampil disampaikan pada kisah reinkarnasi dalam Birth. Tak sabar melihatnya!

#8

“THE HUNGER GAMES”

Directed by Gary Ross

Iya, The Hunger Games, film popcorn yang paling saya tunggu tahun ini. Pertama kali ketika teaser trailer muncul, saya sama sekali tidak mengenal film ini. Sampai akhirnya, huh, ada Jennifer Lawrence? Teaser-nya terlihat menggoda. Trailer penuhnya meskipun panjang, namun membuat saya semakin tertarik saja. Battle Royale namun dalam kondisi lebih komersial dan PG-13? Cek. Setelah berakhirnya Harry Potter, saya begitu desperate ingin menjadi seorang fanboy lagi, untunglah film ini tidak nampak seperti seri Twilight. Kita lihat saja kisahnya 23 Maret ini!

#7

“ANNA KARENINA”

Directed by Joe Wright

Bagaimana saya bisa mengelak jika Joe Wright kembali mengadaptasi novel klasik dan membawa Keira Knightley kembali dalam drama yang penuh dengan pergantian kostum ini? Saya sangat menyukai Pride & Prejudice versinya, jadi bohong kalau saya tidak tertarik dengan film ini. Knightley akan berperan sebagai Anna, Jude law sebagai sang suami, sedangkan Aaron Johnson menjadi Si Pria Idaman Lain. Terlalu dini untuk mengatakannya, tapi sulit untuk mengelak kalau yang satu ini menyapa; Hai, Oscar!

#6

“ON THE ROAD”

Directed by Walter Salles

Film ini diadaptasi dari sebuah novel cult yang kabarnya seorang Francis Ford Coppola sudah berniat memfilmkannya sejak 30 tahun lalu. Akhirnya kini Coppola berada di kursi produser dan Walter Salles sebagai sutradara. Sebagai penikmat road movie lengkap dengan penemuan jati dirinya, tentu ini menjadi salah satu yang paling saya tunggu mengingat saya juga menyukai karya Walles sebelumnya, The Motorcycles Diaries. Sebenarnya sempat memperkirakan film ini akan rilis tahun lalu mengingat materi sudah selesai pada akhir 2010. Kini prediksi beredar bahwa film ini kemungkinan akan premiere di Cannes tahun ini. Jadi, jika tertarik melihat Kristen Stewart, Garrett Hedlund, dan Sam riley berada satu frame dalam adegan threesome, tidak lama lagi kita akan melihatnya lewat film ini. 

#5

“FOXFIRE”

Directed by Laurent Cantet

Laurent Cantet muncul kembali, namun kini dengan film berbahasa Inggris pertamanya. Setelah sukses lewat The Class (no 82 di dekade 2000-an) yang meraih Palem Emas di Cannes, kini mengadaptasi novel Foxfire: Confessions of a Girl Gang yang bersetting di New York selepas masa perang di 60-an dengan dominansi para lelaki, bersatulah sekelompok wanita membentuk gang yang diberi nama Foxfire. Menariknya, versi adaptasi novel ini sudah pernah dibuat di tahun 1996 yang ternyata salah satu pemainnya adalah Angelina Jolie, semasih belum terkenal. Dengan materi yang ada, kita tidak akan melihat film ini seperti Time Out (no 52 di dekade 2000), sepertinya lebih mengingatkan pada The Class dengan aspek adu mulut yang terjadi.

#4

“MOONRISE KINGDOM”

Directed by Wes Anderson

Sudah tahu kan betapa cintanya saya dengan The Royal Tenenbaums maupun Rushmore? Keduanya masuk sepuluh besar saya di dekade 2000-an dan 1990-an. Tentu film terbarunya setelah Fantastic Mr. Fox ini sangat saya tunggu. Apalagi dengan barisan cast macam Tilda Swinton, Frances McDormand, hingga Edward Norton untuk pertama kalinya berkolaborasi dengan sutradara ini. Tak sabar menyimak diorama atau dunia ‘antah-berantah’ yang selalu berhasil dirangkai sutradara ini.

#3

“THE MASTER”

Directed by Paul Thomas Anderson

Paul Thomas Anderson sempat membantah jika film ini berkisah tentang scientology, meskipun kabarnya ini adalah adaptasi lepas dari kisah penggagas scientology itu. Salah satu film yang paling ditunggu ini mempertemukan Philip Seymour Hoffmann dengan sutradara ini lagi setelah menjadi pemeran pendukung di empat film sebelumnya (kecuali There Will Be Blood). Dengan Jonny Greenwood kembali duduk meracik musik, duo David Crank dan Jack Fisk yang mendekorasi set di The Tree of Life turut turun tangan, serta Harvey Weinstein yang akan mengedarkan, award season nampak akan menjadi kancah yang sangat menyibukkan film ini. Akankah Weinstein menempuh jalur seperti The Artist dengan mengenalkannya di Cannes terlebih dahulu? Kita lihat saja ketika daftar line-up diumumkan.

#2

“THE GRANDMASTERS”

Directed by Wong Kar-wai

Menunggu begitu lama mengingat film ini merupakan film yang saya tunggu sejak dua tahun lalu. Kini film ini sepertinya akan menjamah Cannes dengan pasti. Trailer fillmnya yang mengenalkan koreografi aksi di tengah hujan, tentu menampilkan fotografi yang menjanjikan. Ide melihat Tony Leung – Zhang Ziyi di satu bingkai layar saja begitu menggiurkan, seperti melihat mereka di 2046 dulu. In the Mood for Love masih bertengger di lima besar film favorit saya sepanjang masa, tidak ada alasan untuk tidak menantikan yang satu ini!

#1

“LIKE SOMEONE IN LOVE”

(a.k.a ‘The End’)

Directed by Abbas Kiarostami

Inilah film yang paling saya tunggu di 2012 ini. Karya terbaru dari Abbas Kiarostami, berkelana lagi ke negeri lain. Kali ini di Jepang. Kabarnya merupakan lanjutan dari Certified Copy, entah dari mood atau dari temanya yang mirip. Berkisah tentang seorang gadis bernama Akiko yang menjual dirinya untuk membiayai sekolah, hingga pertemuannya dengan seorang lelaki tua, terpelajar, yang menimbulkan hubungan yang tidak biasa. Semakin menarik melihat Kiarostami rajin membuat film, mengunjungi negera berbeda pula, ibarat Woody Allen. Mengingat bagaimana cintanya saya pada Certified Copy. Film peringkat satu saya di 2011, serta peraih Best Picture, Best Actress, Best Original Screenplay, dan Scene of the Year dalam AwyaNgobrol Awards edisi ketiga, menjadi hal lumrah mengapa ketertarikan menyimak film ini begitu besarnya.

***

Demikian film-film yang paling saya nantikan. Tentu saya tertarik akan karya Terrence Malick dengan dua filmnya Voyage of Time dan The Burial. Namun masih ditutup rapat dan mengingat lamanya Malick di meja editing, asumsi delay sampai 2013 atau sampai tahun 2023 bisa saja terjadi (agak lebay). Kita tunggu saja perkembangannya.

Advertisements

3 thoughts on “AwyaNgobrol’s 30 Most Anticipated Movies in 2012 – Part 3 (#1-10)

  1. the grandemaster yang paling ku tunggu pa lagi wong karwai membawa anak kesayangannya tony leung kita tunggu saya apakah film aksi ini tetap melankolis layaknya ashes of time

  2. PTA minus Robert Elswit dan shot menggunakan 65mm .. most anticipated saya, hehe.. Seven Psycopaths jg, moga dark & fun. Penasaran juga sama Moonrise Kingdom, apa Wes Anderson masih tetep citarasanya yg quirky ato berani beda, hehe.

    Regards

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s