AwyaNgobrol’s 30 Most Anticipated Movies in 2012 – Part 2 (#11-20)

Setelah kemarin saya berikan sepuluh film, sekarang kita lanjutkan ke sepuluh film lagi yang sepertinya cukup menggiurkan untuk dinanti. Ada film yang berbau festival dan rumornya akan bertanding di Cannes. Ada film yang tercium sebagai film Oscar. Ada pula film yang dinanti jutaan orang di bumi dan sepertinya akan merajai tangga box-office tahun ini. Apa saja itu? 

___________________

[#11-20]:

#20

“THE PLACE BEYOND THE PINES”

Directed by Derek Cianfrance

Ryan Gosling bertemu kembali dengan penggarap Blue Valentine namun kali ini ditemani Eva Mendes, Rose Byrne dan Bradley Cooper. Berkisah tentang seorang pembalap motor yang beralih menjadi perampok bank setelah memiliki seorang bayi. Seperti gabungan The Robber dengan Drive, huh? Mari kita tunggu.

#19

“STOKER”

Directed by Park Chan-wook

Film berbahasa Inggris pertama dari sutradara yang memberikan kita suguhan Oldboy dan Lee Young-ae yang sadis dalam Lady Vengeance kini menghadirkan Nicole Kidman dan Mia Wasikowska (menggantikan Carey Mulligan) untuk bermain di film yang kabarnya akan rilis menjelang Halloween nanti. Menjanjikan? Tentu saja.

#18

“COGAN’S TRADE”

Directed by Andrew Dominic

Untuk dekade 2000-an, kolaborasi Andrew Dominic dengan Brad Pitt dalam The Assassination of Jesse James… saya nobatkan sebagai film terbaik nomor dua di dekade tersebut. Kali ini, mereka hadir kembali dengan adaptasi novel, Cogan’s Trade. Meskipun sekilas lebih terasa nuansa Chopper dibanding Jesse James… tetap berharap yang ini lebih baik dari film pertamanya.

#17

“THE WETTEST COUNTY”

Directed by John Hillcoat

Entah mengapa film ini mengingatkan dengan The Assassination of Jesse James… jika melihat pakem western serta musiknya yang digarap oleh Nick Cave. Barisan pemain semacam Tom Hardy, Gary Oldman, Shia LaBeouf, Mia Wasikowska, dan ‘the it girl’ kita tahun 2011, Jessica Chastain, membuat semakin menarik selain nama John Hillcoat (The Proposition) di kursi sutradara.

#16

“DJANGO UNCHAINED”

Directed by Quentin Tarantino

Nama Tarantino sendiri sudah menjadi jaminan penonton untuk tertarik melihatnya. Bagaimana kemudian jika barisan pemain macam Samuel L. Jackson, Christoph Waltz, Leonardo DiCaprio, Jamie Foxx, Joseph Gordon Levitt, hingga Sacha Baron Cohen beradu dalam spaghetti western dengan aksen balas dendam ini? Besar harapan film ini se-fun Kill Bill. Siapkan diri untuk menyimak dialog menarik serta adegan-adegan ikonik yang digaransi akan hadir.

#15

“RUST AND BONE”

Directed by Jacques Audiard

Jaques Audiard, yang terkenal lewat A Prophet, kali ini menampilkan Marion Cottilard dan Matthias Schoenaerts (filmnya Bullhead masih segar dalam ingatan sebagai nomine Oscar) untuk berada di barisan pemain utama. Film yang diangkat dari kumpulan cerpen ini berkisah tentang seorang pria berumur 25 tahun yang jatuh cinta pada wanita yang lebih tua darinya, seorang pelatih paus. Mengingat saya begitu menyukai The Beat That My Heart Skipped (no 14 di dekade 2000-an versi saya), berharap yang satu ini tak kalah menariknya. (Psst… jika kita mengetik judul film ini di Google, hasilnya adalah foto bidikan paparazzi ketika Marion Cottilard bertelanjang dada di lautan sewaktu proses syuting berlangsung.)

#14

“THE DARK KNIGHT RISES”

Directed by Christopher Nolan

Prediksi kalian bagaimana? Melebihi kesuksesan The Dark Knight atau ada di bawahnya? Tidak bisa dielakkan ini merupakan salah satu film yang akan meraih atensi gempita bagi penggemarnya di tahun ini. Kisah terakhir dari superhero ini dari seorang Nolan? Ayo kita simak bagaimana ia mengakhirinya!

#13

“LOVE (AMOUR)”

Directed by Michael Haneke

Haneke kembali mengajak Isabelle Huppert. Kali ini dalam drama yang berkisah mengenai pasangan di usia 80-an. Sekilas mengingatkan dengan Saraband-nya Ingmar Bergman. Kita lihat saja bagaimana Haneke memainkan kamera di filmnya. Ini merupakan salah satu film yang dikabarkan akan bersaing di Cannes tahun ini. 

#12

“THE GREAT GATSBY”

Directed by Baz Lurhmann

Film yang tahun ini langsung meneriakkan nada berseberangan; bisa jadi gagal total, bisa jadi bernasib gemilang. Munculnya still dari lokasi syuting tampil meragukan, namun saya selalu setia dengan Baz Lurhmann. Bahkan Australia pun yang dicacimaki tetap saya sukai. Jadi, jika The Great Gatsby sebagus Moulin Rouge, kalian tahu di kubu mana saya akan berada.

#11

“GRAVITY”

Directed by Alfonso Cuaron

Alfonso Cuaron ini unik. Sempat menyutradarai kisah coming of age yang dipuji oleh kritikus dalam Y tu mama tambien, kemudian membuat film Harry Potter yang dianggap terbaik oleh publik, lanjut menghadirkan kisah apokaliptik dalam Children of Men. Sekarang muncul dengan Gravity. Nampak sebagai salah satu film yang sepertinya akan meraih respon divisive. Hebatnya, sama dengan Y tu mama tambien dan Children of Men, Cuaron akan duduk sebagai sutradara, penulis naskah, dan editor sekaligus. Ada satu tambahan lagi, dia juga memroduseri film ini. Meskipun telah membaca plotnya, jujur masih saja tidak bisa memikirkan tentang apa sebenarnya film ini. Hanya ada dua cast yang diumumkan; George Clooney (menggantikan Robert Downey Jr.) dan Sandra Bullock. Dengan Emmanuel Lubezki di kursi DOP dan dengan materi yang dihadirkan, apakah ini kombinasi Moon dengan The Tree of Life? Kita lihat saja.

***

Advertisements

2 thoughts on “AwyaNgobrol’s 30 Most Anticipated Movies in 2012 – Part 2 (#11-20)

  1. stokernya park chan wook sangat menggiurkan apa dia bisa berhasil ya biasanya sutradara asia yang beralih ke holiwood agak kurang menarik gitu jadinya

    kaya jhon woo dan wong kar wai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s