AwyaNgobrol’s 30 Most Anticipated Movies in 2012 – Part 1 (#21-30)

Setelah award season di tahun 2011 berakhir dengan malam puncak Oscar memenangkan The Artist sebagai film terbaiknya untuk angkatan 2011, kini saatnya kita beranjak untuk melihat film apa saja yang akan muncul pada periode tahun 2012 ini. Seperti biasa film-film yang saya nantikan selalu merupakan kombinasi dari film musim panas yang asyik disimak di bioskop, film festival macam Cannes, dan film dengan atmosfir Oscar-bait yang tiap tahunnya selalu hadir meramaikan award season.

Ada beberapa film yang tidak masuk tiga puluh film yang paling saya nantikan, mengingat kondisi rilis yang belum jelas semisal film-filmnya Terrence Malick yang menggiurkan entah itu kombinasi Ben Affleck dengan Rachel Mcadams atau Ryan Gosling dengan Rooney Maara. Di lain sisi film terbaru Coen Brothers, Inside Llewyn Davis pun masih dikabarkan rilis tahun 2013 dan baru memulai syuting Februari kemarin. Begitupun projek dari Katryn Bigelow, film mengenai Osama Bin Laden-nya yang masih belum memiliki judul resmi.

Dengan demikian, inilah tiga puluh film yang paling saya nantikan yang dijadwalkan rilis tahun 2012. Kita mulai dengan sepuluh film dulu. 

______________

30 Most Anticipated Movies in 2012…

#30

“THE GANGSTER SQUAD”

Directed by Ruben Fleicher

Sutradara Zombieland menggarap film drama-kriminal? Mari kita lihat bagaimana sutradara yang menghadirkan suasana fun dalam film sebelumnya beralih ke drama serius. Atmosfir seperti L.A: Confidential tercium memang. Ditambah dengan barisan cast menawan; Sean Penn, Josh Brolin, Ryan Gosling, hingga Emma Stone. Patut ditunggu.

#29

“NERO FIDDLED”

Directed by Woody Allen

Allen meraih kesuksesan ketika Midnight in Paris menguasai box-office. Setelah berkelana di Paris, kali ini Allen akan menjelajah kota Roma dengan barisan pemain seperti Alec Baldwin, Penelope Cruz, Ellen Page, Jesse Eisenberg, hingga Greta Gerwig. Jika sebelumnya ketika mengunjugi London (Match Point) saya sukai, namun mengunjugi Barcelona (Vicky Cristina Barcelona) meninggalkan rasa tak enak, semoga kunjungannya ke Roma kali ini lebih nikmat daripada Paris sebelumnya.

#28

“THE BOURNE LEGACY”

Directed by Tony Gilroy

Di balik kemunculan film ini ada cerita yang terjadi. Matt Damon, sang Jason Bourne, hanya mau melanjutkan kisah Bourne jika sutradaranya adalah Paul Greengrass. Ketika Greengrass belum mampu menyiapkan skirp yang mumpuni, muncullah Tony Gilroy yang juga ikut menulis ketiga film Bourne sebelumnya. Dimunculkanlah Aaron Cross sebagai agen yang nasibnya seperti Jason Bourne. Melihat bagaimana Michael Clayton dan fun-nya Duplicity, saya berharap besar dengan film ini. Siapa tahu Jason Bourne bisa bersamaan muncul dengan Aaron Cross di film Bourne mendatang?

#27

“LIFE OF PI”

Directed by Ang Lee

Buku popular tentang seorang remaja lelaki yang bertahan setelah kapal barang yang ia tumpangi karam dan akhirnya bertahan pada sebuah sekoci dengan seekor harimau ini telah meraih banyak penghargaan. Mulai dari Alfonso Cuaron hingga M. Night Syamalam sempat tertarik mengadaptasi, sampai akhirnya jatuh ke tangan Ang Lee. Dirilis pada minggu Natal tahun ini, entah tercium bau Oscar atau tidak, namun ini menjadi titik tentu kembalinya Lee setelah kegagalan Taking Woodstock.

#26

“COSMOPOLIS”

Directed by David Cronenberg

David Cronenberg kembali mengadaptasi novel, dengan judul yang sama namun ketika terbit mendapat mixed review. Menarik karena Cronenberg terampil dalam hal ini, semisal ketika mengadaptasi novel yang dianggap unfilmable macam Naked Lunch atau Crash. Kali ini, dia menggaet Robert Pattison, pemain utama yang sempat membuat saya bertanya dua kali apa saya salah baca, namun sang sutradara sepertinya melihat potensi lain yang dimiliki aktor ini. Apalagi, ide bahwa Juliet Binoche akan satu frame dengan Pattison begitu menggiurkan.

#25

“LES MISERABLES”

Directed by Tom Hooper

Sang penggarap The King’s Speech akan menghadirkan film musikal? Dengan status yang sudah menggaet Oscar-bait ditambah dengan barisan pemain yang menggiurkan, Hugh Jackman dan Anne Hathaway akhirnya beradu akting di satu film. Ditemani duo eksentrik Helena Bonham Carter dan Sacha Baron Cohen juga. Bernyanyi pula. Dalam adaptasi teater paling popular sepanjang masa. A hit or a miss? Kita nantikan saja.

#24

“THE AVENGERS”

Directed by Josh Whedon

Summer flick yang semakin hari semakin tidak sabar saja untuk menyimaknya. Tentu dengan barisan superhero yang beragam setelah tahun kemarin masing-masing muncul pada film berbeda. Meskipun dengan barisan pemain yang banyak dan dengan karakter yang memiliki penggemar sendiri, konflik untuk screentime akan terjadi, namun, ide melihat mereka bersatu membasmi musuh akan meninggalkan kesan fun di bioskop.

#23

“SKYFALL”

Directed by Sam Mendes

Banyak pertanyaan muncul, apa mungkin kisah Bond kali ini akan sangat suburban seperti keluarga depresi dalam American Beauty atau Revolutionary Road? Tentu tidak. Lihat bagaimana Mendes mengolah aksi tembak-menembak dalam Road to Perdition tersebut. Menjanjikan. Dengan munculnya Ben Wishaw, kisah Bond kali ini semakin menarik. Akankah lebih baik dari Casino Royale? Semoga saja.

#22

“MAGIC MIKE”

Directed by Steven Soderbergh

Setelah sempat menghadirkan bintang film panas Sasha Grey dalam The Girl Experience, bisa dibilang koleksi film dari sutradara ini banyak yang menarik untuk ditelusuri. Bahkan filmnya, Bubble, begitu menarik. Kali ini Soderbergh menggaet Channing Tatum untuk menjadi stripper dalam film yang diangkat dari kisah nyata si aktor sendiri ketika berusia 19 tahun dulu. Sebagai penyuka karya Soderbergh, yang satu ini wajib ditunggu.

#21

“THE SILVER LININGS PLAYBOOK”

Directed by David O. Russel

Russel hadir kembali setelah kesuksesan The Fighter dua tahun lalu. Kini muncul dengan komedi terbaru yang menampilkan Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Robert DeNiro, dan Jacki Weaver dalam satu film. Meskipun ide bahwa Cooper muncul menggantikan Mark Walhberg membuat saya menurunkan harapan, namun tentu ide bahwa Russel mengulang komedi amburadul macam I Heart Huckabees lagi, sangat menarik.

***

Advertisements

2 thoughts on “AwyaNgobrol’s 30 Most Anticipated Movies in 2012 – Part 1 (#21-30)

  1. semua patut di tunggu….tapi paling saya tunggu itu bourne legacy …jeremy renner begitu menggiurkan melihat aktingnya….!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s