3rd Annual AwyaNgobrol Awards: The Nominees – Part 4 (Ten Scenes of the Year)

Bagian terakhir dari rentetan sisi paling menarik di sinema sepanjang tahun 2011 berakhir di postingan kali ini yang memuat adegan, sekuen, atau momen paling memorable di mata saya. Ada banyak momen lain yang tak kalah menariknya juga, namun sepuluh nomine ini merupakan bagian yang paling saya sukai dari sepuluh film berbeda yang telah saya simak. Ini dia sepuluh pilihan saya. 

______________________

Scene of the Year

The nominees are…

“The Silent Date” in Beginners

Pertemuan Oliver dan Anna pertama kali. Adegan flirting bisu. Mengobrol tanpa suara.

“The Restaurant’s Bathroom Scene” in Certified Copy

Tentu ada alasan mengapa adegan ini menjadi shot paling ikonik dan dijadikan poster serta still yang sering kita temui di internet. Setelah romantisme yang dihadirkan, obrolan itu, kita melihat Binoche di toilet restoran tersebut. Berkaca di cermin (hey, coba perhatikan, ia menghadap kamera, bukankah cerminnya adalah kita sendiri, sang penonton?). Anting kemudian dipasang, lipstick merah dioleskan. Tembok keempat dalam sinema terasa dirubuhkan, lalu pelan-pelan pintu enigma dibuka. Brilliant!

“The Elevator Scene” in Drive

Sudah menjadi hal yang memikat ketika trailernya muncul, adegan ini memasang sisi yang berseberangan ketika romantisme beradu dengan sadisme. Nicholas Winding Refn begitu terampil, dengan slow motion mengatur ritme dengan mengesankan.

“The Ending Sequence” in The Illusionist

Dalam penutup dari rangkaian nostalgia ini, film berakhir dengan begitu menyentuh dengan sisi ‘berpisah’ yang dihadirkan. Alunan score dari Sylvain Chomet begitu selaras, hingga melekat  benar menjadi salah satu ending terbaik sepanjang tahun ini.

“The Opening Sequence” in Melancholia

Setelah mengesankan lewat opening sequence di Antichrist dengan palet hitam putih dibalut adegan dramatis, kali ini von Trier tak ketinggalan memulainya lagi lewat opening bernuansa apokaliptik tersebut.Tak kalah mengesankan.

“Burj Khalifa” in Mission Impossible: Ghost Protocol

Adegan di gedung tertinggi di dunia ini tidak akan semenarik ini jika aspek koreografi aksi, penempatan kamera, serta editing yang rapi tidak bersinergi dengan baik. Menghadirkan salah satu adegan paling fun sepanjang tahun 2011 ini.

“The Daughter Singing Scene” in Moneyball

Kita mengetahui Billy Bane sebagai sosok ambisius dan keras, namun adegan ini meruntuhkan tembok itu. Sang anak menyanyi dengan merdu, kita melihat sudut rapuh dari Billy Bane.

“Caesar’s First Word” in Rise of the Planet of the Apes

Dalam satu adegan yang menarik dan memberikan sisi kejut ini, kita mengenal dari awal bagaimana Caesar tumbuh, hingga akhirnya ia berontak, “No!”

“The Confession” in Tuesday, After Christmas

Sang suami mengakui kepada sang istri bahwa dia mencintai wanita lain. Begitu mengesankan terlihat, kamera statis, sementara adegan emosi dimunculkan dengan begitu sempurna, long take, gambar berjalan tanpa terpotong dalam 10 menit. Mengesankan.

“Behind the Flowing Curtain” in We Need to Talk about Kevin

Apa sebenarnya makna shot tirai tergerai di sepanjang film ini? Tentu memberikan sudut memori yang melekat dari si Ibu. Sampai kemudian tirai itu dibuka, kita melihat sebuah sisi yang mengerikan.

______________________

Saya tidak akan berjanji lagi kapan pemenang tiap kategori akan diumumkan, karena selalu tidak sesuai rencana. Bisa akhir minggu ini sebelum malam Oscar, bisa juga minggu depan. Tapi yang jelas semuanya akan dituntaskan selama akhir Februari ini. Ditunggu ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s