Tracking the Best of the Year: AwyaNgobrol’s Long List and Films Graded

Merangkum film apa saja yang telah ditonton di tahun ini ternyata menjadi sebuah ke asyikkan sendiri sekaligus memunculkan kesulitan sendiri untuk mencari apakah film tersebut memenuhi kriteria untuk bersaing di penghargaan musim ketiga blog ini karena beberapa film rilis di tahun 2010 ternyata baru saya simak di tahun ini. Contoh saja 127 Hours yang baru saya sadari ternyata disimak tahun ini sehingga masuk dalam hitungan tahun ini. Saya mencoba memilah dan memilih beberapa hal yang begitu saya sukai sehingga menjadi pertimbangan untuk masuk dalam daftar panjang dari entri yang akan bersaing hingga tiap kategori nantinya akan menciut menjadi lima atau tiga nominator saja. 

Jika misalnya tahun lalu daftar sepuluh film pilihan saya sedikit tertutup dan posisi pertamanya banyak yang tidak mengira atau bahkan belum ada yang mendengar kala itu, kali ini dengan adanya long list seperti ini, sekaligus dengan daftar grade untuk tiap film yang sudah ditonton, bisa diterka film apa saja yang akan masuk daftar terbaik pilihan saya. Film terakhir yang begitu saya sukai dan saat ini berada di daftar lima besar film pilihan saya di tahun 2011 adalah Arrietty, animasi dari Studio Ghibli dengan Hayao Miyazaki berada di kursi penulis. Terkesan seperti melihat My Neighbor Totoro, dengan sedikit energi Kiki’s Delivery Service, lalu ada semangat Spirited Away pula pada karakter wanita yang ditampilkan. Entah apakah film ini tetap bertahan hingga akhir tahun nanti di posisi lima besar. Kita lihat saja.

Ada beberapa film yang sudah ditunggu-tunggu sejak lama namun akhirnya muncul kurang impresif di mata saya. Sebut saja, Melancholia, bisa menjadi salah satu film yang kurang saya sukai dari sutradara ini, meskipun saya masih tetap memiliki dukungan untuk perannya mengomandani film ini. Melancholia—seperti kebanyakan film-film von Trier—tentu saja menjadi parade akting yang mumpuni. Dari duo Dunst-Gainsbourg yang begitu menarik. Kalau ditanya, Gainsbourg tampil lebih bagus dibanding Dunst. Namun, bagi saya bintang dari Melancholia adalah Kiefer Shuterland. Sedikit mengejutkan karena saya sempat skeptis jika Shuterland bisa cocok dengan tone yang dimiliki von Trier. Hasilnya? Ia adalah frontrunner untuk kategori aktor pendukung terbaik versi saya.

Jika melihat di kategori akting, nama dari barisan cast Bridesmaids akan muncul begitu banyak. Kristen Wiig, Maya Rudolf, Rose Byrne, hingga Chris O’Dowd menjadikannya salah satu saingan terberat Another Year di kategari ensemble cast yang juga menempatkan beberapa nama (oh god I wish I could nominate all of them). Dari Lesley Manville, Ruth Seen, Jim Broadbent, Peter Wight, Oliver Maltman, hingga Karina Fernandez. Dengan catatan Imelda Staunton masuk kategori cameo. Sementara barisan dari  X-Men: First Class (film musim panas terbaik pilihan saya) juga menjadi pilihan favorit saya di kategori ensemble cast, dengan January Jones masuk pertimbangan di kategori aktris pendukung terbaik. Selain January Jones yang begitu saya sukai dari serial Mad Men, satu aktor dari dunia pertelevisian yang mengisi kategori pendukung terbaik adalah Kyle Chandler (si Coach Taylor di Friday Night Lights) bersamaan dengan Elle Fanning, menjadi hal yang begitu saya sukai dari Super 8.

Untuk kategori aktor terbaik, Ryan Gosling sepertinya belum tergoyahkan akan perannya yang begitu impresif dalam Blue Valentine, bersaing dengan perannya di Drive yang bertolak belakang karakternya. Sedangkan di kategori aktris, tiga nama saat ini bersaing mencuri hati saya: Juliette Binoche, Mia Wasikowska, dan Lesley Manville. Kita lihat saja apakah nanti ada yang akan merampas tahta mereka hingga akhir Desember nanti.

Daftar panjang lainnya merajuk pada beberapa kategori teknis, sedangkan untuk kategori khusus hanya terisi beberapa (trailer dan poster contohnya), sedangkan yang lainnya akan diisi sepanjang dua bulan ke depan hingga tutup tahun. Silakan menyimak pilihan terbaik saya di tahun ini dalam bentuk daftar panjang serta film-film yang telah disimak sepanjang tahun ini (dengan dasar minimal dirilis di tahun 2010). Daftarnya ada di bagian opsi atas, akan di-update sewaktu-waktu. (tentu setelah menyimak film baru yang pantas untuk dipertimbangkan).

Silakan yang punya rekomendasi atau penampilan favorit, atau mungkin kategori teknis yang disukai namun masih luput dari daftar saya untuk mengirimkan rekomendasinya ke saya. Tentu nanti pasti saya pertimbangkan, jika mungkin saya belum sempat menyimak atau lupa memasukkan. Rekomendasi bisa dikirim ke awyawaha@gmail.com atau mention saja di akun Twitter saya: @awya. Ucapan terima kasih langsung dikirim dari hape saya lho! #apeu

Mengenai rundown acara (caileh!), rencana sementara untuk daftar top ten list akan dimulai dari minggu keempat bulan Desember. Dimulai dari Top Ten Songs of the Year dan Top Ten Albums of the Year pada 24 dan 25 Desember 2011. Menyusul seminggu kemudian, 1 Januari 2012 untuk pengumuman Top Ten Films of the Year. Sedangkan nominasi 3rd AwyaNgobrol Awards akan diumumkan dalam dua segmen pada 7 dan 8 Januari, 2012.

 Daftar panjangnya silakan disimak di sini:

The Long List

Movies Seen in 2011 (Graded)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s