Oscar Flashback: My 5 (++) Favorite Oscar Winners of the Last Decade

Sungguh tidak terasa bahwa Senin pagi nanti kita akan segera menemukan jawara terbaru untuk para peraih Oscar. Sebagai orang yang memantau perjalanan Oscar sepanjang tahun, rasanya ada sesuatu yang akhirnya terselesaikan sudah. Maka waktu untuk proyeksi ke film-film terbaru akan dimulai lagi setelah pagelaran berakhir. Nah, sebelum kita menyimak kemenangan “The King’s Speech”, Natalie Portman, atau Colin Firth Senin pagi nanti, saya ingin mengajak untuk flashback ke dekade sebelumnya, ke pagelaran Oscar yang merayakan film-film yang rilis tahun 2000-2009. Saya iseng mendaftar 5 kemenangan yang berhasil menyunggingkan senyum di bibir saya. Berikut ini 5 pilihan saya dengan (++) beberapa favorit alternatif pemenang-pemenang Oscar yang merefleksikan kegilaan saya dalam memantau Oscar. This is it!

(Update: karena video tidak bisa ditonton di blog, kecuali untuk kemenangan Roman Polanski, untuk melihat video lainnya silakan langsung klik link ke channel resminya)

#5

Marion Cottillard, Best Actress (in “La Vie en Rose”)

(February 24, 2008)

Saya masih ingat ketika pagelaran Oscar ini berlangsung, diterpa dengan kasus mogoknya para penulis hingga menyebabkan Golden Globe tidak ditayangkan di televisi, hanya berupa press release saja pemenangnya. Namun, setelah kesepakatan itu muncul, Oscar akhirnya bisa berlangsung juga. Melihat race Oscar di tahun ini, banyak yang memegang Julie Christie sebagai yang terbaik, namun ketika Marion Cottillard muncul meraih BAFTA, peta kemungkinan bahwa aktris yang terbilang unknown ketika pagelaran Oscar berlangsung ini menjadi kejutan manis di malam Oscar tersebut. Jika berbicara acting, setelah melihat filmnya pasti mengerti mengapa juri Oscar berhasil dicuri hatinya.

Other Favorites: Meskipun saya tahun 2009 lalu berada pada dukukungan untuk Anne Hathaway atas acting memukaunya di “Rachel Getting Married”, tidak dipungkiri bahwa kemenangan Kate Winslet seperti sebuah penantian yang panjang dan melegakan. Begitu pula dengan Nicole Kidman di “The Hours” juga salah satu kemenangan yang saya sukai. Tentu, sebagai penggemar Julia Roberts, kemenangannya di “Erin Brokovich” adalah satu favorit saya juga.

Simak video kemenangan Marion Cottilard di bawah ini. Coba perhatikan ekspresi terkejutnya Cate Blanchett.


#4

Spirited Away, Best Animated Feature

(March 23, 2003)

Hanya menunggu waktu ketika kita menunggu kapan saatnya Oscar menganugerahi masternya dunia animasi ini sebuah piala Oscar. Kemenangan “Spirited Away” pun tak dipungkiri sebuah pembuktian bahwa ada semacam apresiasi terhadap perjalanan animasi Jepang yang selalu penuh dengan imajinasi. Ketika kategori ini biasanya didominasi dua studio animasi besar Hollywood saja, kemenangan “Spirited Away” adalah sebuah kesenangan. Pikirkan saja, rasanya kapan lagi animasi seperti ini punya kesempatan untuk menang lagi di tahun ke depan?

Other Favorites: Well, rasanya klise sekali kalau menyebut Pixar, yah, studio ini akan selalu mencuri perhatian Oscar tiap tahunnya. Namun, di balik itu, rasanya kita bisa melihatnya dengan alasan yang memang benar. Mereka memang mengagumkan. “WALL-E” dan “Rataouille” merupakan kemenangan yang meskipun sudah ketebak, namun memang begitu layak. Jikapun saya ingin membuat rangking, dua film pixar ini sebenarnya lebih saya sukai ketimbang “Spirited Away’, hanya saja urgensi kemenangan animasi Jepang tersebut lebih memiliki sebuah kondisi yang berbeda jika menyimak ajang ini secara keseluruhan.

Lihat video kemengan “Spirited Away di bawah ini:

#3

The Hurt Locker, Best Picture

(March 7, 2010)

Bukan rahasia lagi kalau saya supporter dari film ini. Selesai menyimak film ini saya sudah yakin bahwa film ini akan berbicara banyak di Oscar nanti. Batu sandungan muncul bertubi-tubi, sampai lawan kuat yang ibarat raksasa melawan kurcaci, film sekecil “The Hurt Locker” harus bertarung dengan film sukses sekelas “Avatar”.  Ketika amplop dibuka, dan nama film ini diperdengarkan oleh Tom Hanks, maka sejarah akhirnya dibuka. Pertama kali nominasi diekspansi menjadi sepuluh, film independen menjungkal film box-office, ini momen langka dimana saya seketika sadar bahwa inilah mengapa saya mengalami pahit manis dengan Oscar. *tsah

Other Favorites: Selain “The Hurt Locker” salah satu favorit pemenang dari Best Picture adalah “No Country for Old Men”, film yang jika muncul di dekade-dekade sebelumnya tidak akan bisa memenangkan anugerah ini. Dan tentu saja “The Departed” adalah salah satu keasyikan sendiri ketika film seperti ini memenangkan Oscar. Sebuah bukti bahwa jika kita ingin sedikit menilik, dalam dekade terakhir, apa yang disebut “film Oscar” tersebut begitu punya ciri yang sulit dimengerti.

Simak video kemenangan The Hurt Locker di bawah ini:

 

#2

Roman Polanski, Best Director

(March 23, 2003)

Akhirnya, salah satu sutradara favorit saya ini memiliki sebuah Oscar yang sebenarnya pantas ia terima tiga dekade sebelumnya. Mungkin, ini satu-satunya kesempatan untuk menganugerahi sutradara ini. Di balik kasus yang masih saja tak habis dibahas yang terus menghantuinya, Roman Polanski adalah sekian dari sutradara yang saya kagumi. Kemenangan ini begitu melegakan. Dan “The Pianist” adalah favorit saya.

Other Favorites:  Sama dengan Roman Polanski, aspek “overdue” juga sebuah kesenangan yang muncul ketika akhirnya Martin Scorsese memegang Oscarnya. Kemenangan Ang Lee juga sebuah sejarah sebagai orang Asia pertama yang meraih Oscar di kategori paling bergengsi tersebut. Dan Katryn Bigelow, mencetak sejarah sebagai wanita pertama yang meraih tropi ini. Well deserved.

Simak kemenangan Roman Polanski yang tidak bisa hadir karena larangan yang dia terima:

#1

Pedro Almodovar, Best Original Screenplay (for “Talk to Her”)

(March 23, 2003)

Rasanya, seperti menghirup udara yang begitu segar ketika kita seperti dikungkung pada sebuah ruangan yang pengap dan dijejali oleh tuduhan yang mengakar, dan memang begitu benarnya: Oscar itu anugerah untuk orang Hollywood. Ketika sebuah film, bukan berasal dari Hollywood sana, muncul sebagai jawara di tengah gempuran kandidat pemenang tropi utama Oscar (Gangs of New York) dan uniknya mewakili jiwa cinephile yang rasanya jauh dari kata Oscar, ini adalah kejutan yang begitu menggembirakan. Di balik itu semua, maka kembali pada skeptis yang kita munculkan pada Oscar, mereka sebenarnya memiliki sisi kekaguman pula. Jika sebuah film seperti ini meraih anugerah utama, ah, ini sungguh menggembirakan sekali.

Other Favorites: Awalnya ketika menulis untuk posisi pertama saya sebenarnya ingin memasukkan kategori “Best Original Screenplay” secara keseluruhan dengan memasukkan empat pemenang ke dalamnya karena kategori ini adalah satu-satunya kategori yang selalu memunculkan nominasi dan jawara yang bagi saya sebagian besar tepat. Namun, akhirnya saya putuskan untuk memasukkan satu saja per kategori dan menjelaskan yang lainnya di note khusus. “Almost Famous” dan “Eternal Sunshine of the Spotless Mind” adalah dua film favorit saya sepanjang masa yang muncul meraih tropi ini yang kasusnya sama dengan “Talk To Her”, bersaing dengan skenario nominator Best Picture, dan mereka menang melawan gempuran itu.  Sedangkan “Lost in Translation” adalah pilihan yang begitu tepat pula yang kategori ini pernah berikan.

Karena susah payah mengubek-ubek YouTube namun tetap tidak menemukan video kemenangannya Pedro Almodovar, maka saya ganti di bawah ini dengan salah satu favorit saya juga yaitu kemengangan Sofia Coppola lewat “Lost in Translation”, (dalam speech-nya dia menyebut dua sutradara favorit saya: Wong Kar-wai dan Michelangelo Antonioni):

Itu dia pilihan saya untuk edisi dekade terakhir. Uniknya jika diperhatikan, pilihan saya untuk peringkat pertama, kedua, dan keempat berasal dari tahun penyelenggaraan yang sama. Nah, sebagai pelengkap untuk pendapat saya mengenai rangkuman pemenang Oscar saya selama dekade terakhir. Berikut saya berikan ranking dari para pemenang Oscar, yang semuanya telah saya simak untuk enam kategori utama. Sekedar mengingatkan, prediksi final saya untuk pemenang Oscar tahun ini akan menyusul besok sore. Silakan menyimak ranking versi saya dari pemenang terbaik sampai terburuk berikut ini.

My Personal Ranking for Oscar Winners (Decade 00s):

Best Picture

  1. The Hurt Locker (2009)
  2. The Departed (2006)
  3. No country for Old Men (2007)
  4. Million Dollar Baby (2004)
  5. Lord of the Rings: the Return of the King (2003)
  6. Slumdog Millionaire (2008)
  7. Chicago (2002)
  8. Gladiator (2000)
  9. A Beautiful Mind (2001)
  10. Crash (2005)

Best Director:

  1. Roman Polanski, The Pianist (2002)
  2. Kathryn Bigelow, The Hurt Locker (2009)
  3. Ang Lee, Brokeback Mountain (2005)
  4. Martin Scorcesse, The Departed (2006)
  5. The Coen Brothers, No Country for Old Men (2007)
  6. Peter Jackson, The Lord of the Rings: the Return of the King(2003)
  7. Stephen Soderbergh, Traffic (2000)
  8. Danny Boyle, Slumdog Millionaire (2008)
  9. Clint Eastwood, Million Dollar Baby (2004)
  10. Ron Howard, A Beautiful Mind (2001)

Best Actor:

  1. Daniel Day-Lewis, There Will Be Blood (2007)
  2. Adrien Brody, The Pianist (2002)
  3. Phillip Seymour Hoffman, Capote (2005)
  4. Sean Penn, Milk (2008)
  5. Sean Penn, Mystic River (2003)
  6. Jeff Bridges, Crazy Heart (2009)
  7. Denzel Washington, Training Day (2001)
  8. Russell Crowe, Gladiator (2000)
  9. Forest Whitaker, The Last King of Scotland (2006)
  10. Jamie Foxx, Ray (2004)

Best Actress:

  1. Marion Cottillard, La Vie en Rose (2007)
  2. Julia Roberts, Erin Brockovich (2000)
  3. Nicole Kidman, The Hours (2002)
  4. Kate Winslet, The Reader (2008)
  5. Charlize Theron, Monster (2003)
  6. Hilary Swank, Million Dollar Baby (2004)
  7. Helen Mirren, The Queen (2006)
  8. Halle Berry, Monster’s Ball (2001)
  9. Reese Witherspoon, Walk the Line (2005)
  10. Sandra Bullock, The Blind Side (2009)

Best Supporting Actor:

  1. Heath Ledger, The Dark Knight (2008)
  2. Javier Bardem, No Country for Old Men (2007)
  3. Chris Cooper, Adaptation (2002)
  4. Christoph Waltz, Inglorious Basterds (2009)
  5. Benecio Del Toro, Traffic (2000)
  6. Jim Broadbent, Iris (2001)
  7. George Clooney, Syriana (2005)
  8. Tim Robbins, Mystic River (2003)
  9. Morgan Freeman, Million Dollar Baby (2004)
  10. Alan Arkin, Little Miss Sunshine (2006)

Best Supporting Actress:

  1. Cate Blanchett, The Aviator (2004)
  2. Tilda Swinton, Michael Clayton (2007)
  3. Penelope Cruz, Vicky Christina Barcelona (2008)
  4. Marcia Gay Harden, Pollack (2000)
  5. Renee Zellweger, Cold Mountain (2003)
  6. Monique, Precious (2009)
  7. Rachel Weisz, The Constant Gardener (2005)
  8. Catherine Zeta-Jones, Chicago (2002)
  9. Jennifer Connelly, A Beautiful Mind (2001)
  10. Jennifer Hudson, Dreamgirls (2006)
Advertisements

2 thoughts on “Oscar Flashback: My 5 (++) Favorite Oscar Winners of the Last Decade

  1. ini favoritnya berdasarkan apa gan? soalnya saya lihat di imdb, metacritic, dan polling itu yang dipilih orang paling banyak the lord of the rings: the return of the king. coba aja lihat gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s