Sinema di 2010 dan (This Is It!) 10 Film Terbaik 2010: Pstt, Ditebak Dulu Ya!

Menunggu beberapa jam lagi, kita akan segera meninggalkan tahun 2010 ini. Kadang rasanya tidak percaya bahwa 12 bulan sudah dilalui dengan begitu cepatnya. Tidak ketinggalan, dalam dunia sinema sudah begitu banyak film yang ternyata kita simak. Terutama dalam daftar film yang saya simak hingga malam ini, terhitung mencapai ratusan lebih belum lagi ditambah dengan retrospektif terhadap film-film yang memang wajib untuk disimak.

Mari bicara dengan bagaimana perjalanan sinema dunia tahun ini. Boleh jadi ini merupakan tahunnya seorang Leonardo Dicaprio yang mengantarkannya menjadi aktor dengan penghasilan terbesar tahun ini. Dua filmnya, yang pertama tentu saja “Shutter Island” yang memperoleh perhatian yang berselingan antara positif dan negatif, namun di satu sisi ini menjadi film terlarisnya Martin Scorsese. Kemudian, muncul “Inception”, film paling dibicarakan tahun ini (dan siapa yang tidak mengenal film ini?), film yang menjadi bahan pembicaraan banyak orang, entah itu teknologi, ide, dan tentu saja aspek keingintahuan akan ending yang begitu ambigu. Banyak yang begitu antusias mendebat mengenai eksistensi ending film ini. Ah, sebenarnya tidak perlu dipusingkan, toh namanya juga film? Namun dalam jawaban paling skeptis seperti itu sekalipun, Christopher Nolan telah berhasil merangkul berbagai insan untuk ikut berdikusi dan setidaknya menelaah sebuah film. Pada kondisi paling sederhana, film itu adalah hiburan.

Dari mega box office juga ada “Alice in Wonderland”, proyek yang begitu mengecewakan dari Tim Burton yang ternyata malah mengeruk uang begitu banyak, sebelum akhirnya posisinya dikalahkan oleh “Toy Story 3”, lanjutan dari seri legendaris ini diakhiri dengan sebuah ending yang manis. Tibalah kemudian “The Social Network” yang uniknya saya berhasil simak untuk premiere-nya di Indonesia melalui Balinale Film Festival. Sebuah film yang begitu dingin ketika pertama kali saya simak, dan menghadirkan sensasi begitu dingin lagi ketika ditonton untuk yang kedua kali. Mohon dicatat, dingin dalam hal ini bernada begitu positif—pujian. Boleh dibilang, ini merupakan salah satu film terbaik tahun ini lengkap dengan penyutradaraan yang begitu apik dan naskah yang begitu cerdas. Rasanya banyak yang menyebutnya begitu overrated karena menyapu bersih berbagai macam ajang penghargaan, yang tidak begitu saya pedulikan. Hanya saja yang begitu menarik adalah sentilan “film generasi kita” tersebut yang membuat saya tertarik ingin menelaah apa maksudnya ini?


Tentu tidak lengkap tanpa menyinggung ajang penghargaan besar yang akan segera dimulai bulan Januari nanti. “Black Swan” menjadi film yang banyak dibicarakan dengan aspek “genre” yang cukup kental untuk meraih atensi publik. Apa yang dilakukan oleh Natalie Portman di film ini patut mendapat penghargaan. Di lain hal banyak bintang yang muncul meraih momentum di tahun ini. Mulai dari Jennifer Lawrence, Noomi Rapace, Emma Stone, scene-stealer di “Kick-Ass” siapa lagi kalau bukan Chloe Moretz, Andrew Garfield, sampai Armie Hammer. Mereka hadir untuk menyemarakkan perfilman tahun ini, yang nampaknya juga memiliki kans kuat di masa mendatang.

Dari perfilman Indonesia, kita menemui drama dalam ajang penghargaan yang menyelimuti FFI kita tercinta. Namun, di balik itu semua akhirnya terpilihlah “3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta” yang menyapu banyak penghargaan. Terus terang ini merupakan tahun yang memalukan bagi saya jika berbicara mengenai film negeri sendiri, karena hanya satu film saja yang sempat saya simak di bioskop, yaitu “Rumah Dara”, yang sayangnya meninggalkan rasa tidak sedap.

Tahun ini pula menjadi tahun pertama saya melepas masa kuliah. Lulus sesuai dengan yang diinginkan dan menghadapi dunia kerja yang begitu melelahkan dan menakutkan. Waktu yang begitu santai dahulu, terkuras untuk fokus pada tanggung jawab dan pendewasaan diri (ciehhh… mulai berat euy!). Bukan perkara apa, konsumsi untuk meyimak sebuah film pun rasanya berkurang dan harus menyediakan waktu untuk mengejar ketinggalan.

Sudahlah tinggalkan curhatan hati tidak jelas tadi. Pada akhirnya, tahun 2010 meninggalkan pengalaman sinematik yang cukup mengasyikkan, meskipun kalau boleh dibilang salah satu tahun perfilman yang tidak begitu menggembirakan. Namun seperti biasa di balik itu semua selalu ada film-film yang tetap hadir sebagai tontonan yang berkesan, dan pantas mendapatkan tempat sebagai yang terbaik di setiap tahunnya.

Nah, sudah ingin menyimak daftar sepuluh film terbaik versi saya untuk tahun ini (ditonton dari Februari sampai 31 Desember 2010)? Namun, saya tidak akan mengumumkannya malam ini, melainkan besok.

Jadi, ceritanya saya sempat tergugah ketika melihat postingan Guy Lodge tentang daftar top ten milik Mark Lisanti yang diumumkan dengan sebuah teka-teki, atau menebak saja. Maka, untuk kali ini saya juga akan memberikan daftar sepuluh film yang berhasil menjadi film paling memikat bagi saya di tahun ini dalam bentuk teka-teki, tapi mudah kok.

Ini dia sepuluh film terbaik versi saya di tahun 2010 dalam urutan acak. Silakan ditebak!

  1. FILM INI TERNYATA SEMPAT JUGA BERLAGAK SEPERTI VERSI LAIN DARI TOM & JERRY
  2. FILM INI MENGEKSPLORASI MAKANAN. HM…. JULIA ROBERTS DALAM VERSI BERBEDA?
  3. ITU LHO FILM YANG BANYAK DIBICARAKAN ORANG ITU
  4. KONDISINYA SAMA JUGA DENGAN CLUE NO 3: ITU LHO FILM YANG BANYAK DIBICARAKAN ORANG ITU
  5. DALAM SUATU ALIRAN, JUDUL FILM INI DIPAKAI UNTUK MENGGAET WANITA
  6. “BROMANCE”-NYA DARI FILM CLUE NO 3 YANG BANYAK DIBICARAKAN ORANG ITU
  7. FILM INI DIHANTUI OLEH KASUS SUTRADARANYA PULA
  8. FILM INI BERCERITA DI LOS ANGELES, NAMA BELAKANG SUTRADARANYA SANGAT TERKENAL
  9. BERCERITA DI LOS ANGELES LAGI, KALI INI ORANGNYA SINIS
  10. FILM YANG NAMPAKNYA TIDAK BEGITU DIKENAL, INTINYA PASANGAN MUDA BERTARUNG DENGAN PASANGAN DEWASA

Nah itu dia sepuluh film terbaik versi saya di tahun 2010 ini. Mohon disimak jika tebakan di atas disusun secara acak, jadi tidak menunjukkan posisi di daftar top ten saya. Daftar sepuluh film terbaik akan saya umumkan (jika tidak ada kendala) besok malam. Berikut juga dengan daftar honorable mention-nya yang mengembung banyaknya.

Akhir kata,

Happy New Year!

 

Advertisements

10 thoughts on “Sinema di 2010 dan (This Is It!) 10 Film Terbaik 2010: Pstt, Ditebak Dulu Ya!

  1. Wah clue-nya kok susah ya (apa gw yg ga tune in), hemm nebaknya TSN ama Inception aja deh. Sisanya gatau hahahham can’t wait, awya!

  2. Ini separuh jawabanQ yang pasti (acak):
    *I Am Love
    *Everyone Else
    *Ghost Writer
    *Social Network
    *Catfish

    sisanya kalo Bang Awya minta langsung
    LOL 🙂
    Nb:*4 judul dilistmu adalah 10 favoritQ

  3. 1. Exit Through The Gift Shop
    2. Soul kithcen kaah? haha
    3. Catfish
    4. Black Swan
    5. I am Love kah?
    6. The Social Network
    7. It’s Abosolutely Ghost Writer
    8. Inception? ga tau lagi haha
    9. Greenberg
    10. Mungkinkah “Everyone’s Else

  4. 1. Exit Through The Gift Shop

    2. Soul kithcen kaah? haha
    saya gak pernah nonton film ini, tapi kata “kitchen” bisa menunjukan bahwa film ini mengangkat cerita tentang makanan #abaikan haha

    3. Catfish
    yaaah ada keterkaitan cerita ama si film no.6 hehe, dan cukup banyak di bicarakan

    4. Black Swan
    film ini juga banyak di bicarakan bukan? dan layak masuk top ten, tapi kenapa clue nya harus banyak dibicarakan? itu luas banget hehe

    5. I am Love kah?
    I am love mungkin bisa jadi kalimat bisa dipakai buat menggaet wanita, “hey, girl! I am Love”

    6. The Social Network
    Bromance di social network bisa terlihat dari hubungan si eduardo ma si mark, dan juga sama kaya no.3 nyeritain tentang social network

    7. It’s Abosolutely Ghost Writer
    yahh kasus sang sutradara, jangan lupakan itu

    8. A single man?
    film ini berlatarkan los angeles, tapi setahu saya film ini film 2009 kan? tapi ga tahu juga deng

    9. Greenberg
    Film ini bercerita di Los angeles, dan si Greenberg orangnya sinis woohoo

    10. Mungkinkah “Everyone’s Else
    ga tau lagi sih cuma film yang menceritakan persaingan pasangan ya film ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s