Inception, Winter’s Bone, dan Black Swan dipilih sebagai film terburuk

Oops, jangan memasang muka berang begitu. Ini adalah daftar yang dirilis oleh Village Voice setiap tahunnya, hasil polling dari perkumpulan kritikus di wilayah New York. Seperti biasa, daftar dari Village Voice setiap tahunnya selalu saya tunggu karena tentu saja ada kategori “worst film” tersebut. Di kategori film terburuk, “The Last Airbender” dan “Inception” memimpin dengan 4 suara, sementara “Catfish” dan “Black Swan” memperoleh 2 suara. “Dogtooth”, “Winter’s Bone” dan “The Kids Are Alright” juga mendapat seruan dari satu kritikus sebagai film terburuk.

Bandingkan dengan tahun lalu, “Precious” memimpin sebagai film terburuk dengan 6 suara, sedangkan “Inglourious Basterds”, “A Serious Man”, “Where the Wild Things Are”, “The White Ribbon” dan “Antichrist” masuk juga ke dalam daftar terburuk. Tidak perlu diambil pusing. Ranah terburuk untuk level Village Voice memang berbeda jika dibandingkan dengan (sebut saja) Razzie. Hasil pollingnya pun minim dan konsesus yang memilih satu film sebagai yang terburuk pun tidak mencapai sepuluh kritikus. Jadi bisa disebut ini adalah seruan personal dari seorang pemilih bahwa sebuah film terasa begitu “overrated”.  Di lain hal, saya cenderung menyukai film yang “divisive” seperti ini. Lihat saja, ada sekitar 3-4 film di daftar ini yang kemungkinan besar masuk daftar top ten saya. Bahkan film nomer satu saya saat ini (*gasp*) masuk ke dalam list terburuk pula.

Sebaliknya dari daftar film terbaik, “Winter’s Bone” berada di posisi ketiga, “Black Swan” dan “Dogtooth” pun masuk sepuluh besar. Sekilas bisa dilihat kalau hasil pollingnya tidak jauh berbeda dengan hasil polling dari Indiewire, ini bisa dimaklumi karena sebenarnya, sebagian dari kritikus yang melakukan polling di Village Voice juga ikut serta di Indiewire. Hanya saja jumlah pemilihnya lebih sedikit dan berdomisili di New York. Untuk film terbaik, nampaknya jangan ditanya lagi jatuh kemana. Drama jejaring sosial tersebut memimpin perolehan polling dengan memperoleh 54 vote dari peserta polling (tahun lalu The Hurt Locker yang memimpin). Di kategori sutradara, Ollivier Assayas memimpin, disusul David Fincher dan Darren Aronofsky. Di kategori akting, Jesse Eisenberg memimpin sebagai aktor terbaik, menyusul Jenifer Lawrence di kategori aktris. John Hawkes, di kategori pemeran pembantu pria dan Jacki Weaver di kategori pemeran pembantu wanita.

Lihat hasil lengkapnya di sini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s