Brokat: Top Ten List dari kritikus (Ebert, White, Dargis, etc), Lucunya Nominasi Golden Globes, Melihat Nominasi SAG, BFCA, etc.

*brokat: obrolan singkat

Ada banyak yang terjadi dalam sepekan ini, terutama mendekati penghujung tahun, nominasi untuk ajang-ajang penghargaan besar sudah mulai diumumkan. Begitupun mengenai list top ten dari para kritikus tersohor. Berikut obrolan singkatnya.

  • Beberapa kritikus tersohor seperti Roger Ebert, Amy Taubin, Armond Wthine, dan Manohla Dargis sudah mengumumkan film terbaiknya tahun ini. Silakan lihat update list lengkapnya di sini.
  • Tidak dipungkiri pengumuman Golden Globes tahun ini menjadi hal  yang mendapat sorotan terutama kategori Drama/Comedy yang kalau boleh dibilang salah satu nominasi terburuk yang pernah dimiliki oleh Golden Globes. Mengapa bisa begitu? Jawabannya singkat saja: bintang besar. Tim HFPA sudah terkenal dengan cap sebagai pihak yang begitu mengutamakan popularitas untuk (tentu saja) meraih atensi khalayak banyak. Bayangkan “The Tourist” yang mendapat skor 17% di Rotten Tomatoes bisa masuk begitu saja (hm… apa ini seharusnya masuk nominasi Razzie?). Tentu saja nama besar Johnny Depp dan Angelina Jolie menjadi daya tarik. Bisa bayangkan jika kedua bintang tersebut hadir di acaranya, berapa banyak pasang mata yang akan menonton acara tersebut? Coba bayangkan jika Johnny Depp menang di kategori aktor musical/komedi terbaik (dua nominasi saudara saudara!), berapa pasang mata yang akan sumringah menyimak idola dunia itu berpidato di podium? Bandingkan dengan apa yang dilakukan HFPA dua tahun lalu ketika “In Bruges”, “Vicky Cristina Barcelona”, “Burn after Reading” bisa juga bersanding dengan wilayah mainstream seperti “Mamma Mia”, begitu cantik bukan?. Entahlah, mungkin kategori musikal/komedi itu dibuat memang untuk ditertawakan?  (full nominations)
  • Screen Actors Guild Awards akhirnya mengumumkan nominasinya sekaligus menjadi ajang dari Guild pertama yang memulai pergolakan Oscar, semakin kelihatan siapa yang akan menjadi yang terpilih nanti. Sekedar informasi, juri Oscar itu terbagi menjadi beberapa cabang; actor, sutradara, penulis, produser, sampai musik yang terkumpul dalam Guild tersendiri. Itulah mengapa nominasi SAG, WGA (penulis), DGA (sutradara), PGA, (produser), dan Guild lainnya begitu berpengaruh, ya karena pemilih ajang di Guild itu pula adalah juri Oscar juga. Jadi tidak heran jika tahun kemarin untuk kategari akting di Oscar, semua nominasinya sama persis (19/20), dimana hanya Diane Kruger (Inglorious Basterds) diganti oleh Maggie Gylenhall (Crazy Heart) di Oscar. Tahun ini, ada banyak kejutan, seperti tidak masuknya Andrew Garfield (apakah mungkin karena spilt vote dengan Justine Timberlake?), masuknya John Hawkes (Winter’s Bone) yang sangat pantas, dan Jeremy Renner nampaknya menjadi pihak yang akan melanjutkan eksistensi “The Town”. Masuknya Hilary Swank (Conviction) tentu mengejutkan, namun saya rasa, Oscar tidak akan sama persis kali ini. Rinciannya seperti ini, SAG terdiri dari sekitar 200 ribu aktor dan aktris di seluruh amerika (baik itu film ataupun televisi), sementara cabang aktor di Oscar terdiri dari 1200 orang (juri terbanyak di Oscar). Apakah jumlah besar SAG itu bisa merepesentasikan apa yang akan dipilih oleh seribuan anggota juri Oscar itu? Tidak 100 persen  tentunya. Kita lihat saja ketika nominasi Oscar diumumkan Januari nanti. (full nominations)
  • BFCA atau Broadcast Film Critics Awards adalah perkumpulan kritikus terbanyak di Amerika sana. Memang tidak seterkenal Oscar dan Golden Globes, tapi boleh dibilang, BFCA adalah ajang penghargaan terbesar ketiga setelah dua ajang tadi. Tahun ini Black Swan memimpin dengan 12 nominasi, sedangkan Nicole Kidman memegang rekor sebagai aktris yang pernah dinominasikan sebanyak 7 kali. (full nominations)
  • Dua perkumpulan kritikus paling prestisius di Amerika, New York Critics Circle dan Los Angeles Film Critics sudah mengumumkan pilihannya dimana The Social Network memenangkan kedua penghargaan prestius tersebut. Jarang ada film yang bisa meraih atensi dari kedua perkumpulan kritikus ini, “The Hurt Locker” menjadi contoh teranyar yang pernah menyapu Best Film di dua perkumpulan tersebut. Menjadi pertanda kuat bahwa “The Social Network” akan mempunyai taring yang kuat di Oscar nanti. Apakah jejaring sosial ini akan mengikuti jejak “The Hurt Locker” dan “Schindler’s List? Atau malah mengikuti jejak “Brokeback Mountain”, “Saving Private Ryan”, dan “LA Confidential”? Kita lihat saja. [NYFC winners. LAFC winners].
Advertisements

One thought on “Brokat: Top Ten List dari kritikus (Ebert, White, Dargis, etc), Lucunya Nominasi Golden Globes, Melihat Nominasi SAG, BFCA, etc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s