Melihat film terbaik 2010 versi “Sight & Sound” dan “Peter Bradshaw”

Seperti sudah menjadi “kewajiban” rasanya bagi saya untuk setiap tahunnya mengumpulkan daftar-daftar film terbaik di tiap tahunnya, entah itu dari sisi individual atau dari polling sebuah media yang selalu menjadi perhatian saya. Tahun ini, dimulai dengan majalah film Inggris Sight & Sound yang terbilang prestisius dan tiap tahunnya sangat saya nantikan bentuk hasil polling yang akan menduduki posisi teratas di daftar hasil akumulasi puluhan kritikus film. Kalau boleh dibilang hal yang menarik dari polling Sight & Sound adalah bagaimana kita menyimak daftar individual yang dipilih untuk masing-masing kritikus. Mulai dari Amy Taubin, Jonathan Rosenbaum, Kenneth Turran, sampai pada Armond White memberikan variasi sisi menarik tersendiri.

Koleksi polling yang dimiliki Sight and Sound juga kadang menjadi hal menarik untuk menjadi guide saya menyimak film. Bolehlah disimak sedikit polling film terbaik sepanjang masa versi Sight & Sound (saat ini posisi teratas masih dipegang Citizen Kane) yang dipilih dari kritikus dan filmmaker di seantero dunia. Mulai dari Aki Kaurismaki sampai Quentin Tarantino. Dari koleksi daftar inilah saya tahu kalau Quentin Tarantino memilih “The Good, The Bad, The Ugly” sebagai film terbaiknya sepanjang masa. Richard Linklater (Before Sunrise & Before Sunset) memilih “Some Came Running” sebagai film yang disukainya sepanjang masa. Atau bisa juga melihat pilihan Michael Haneke (Cache, The White Ribbon) yang memilih “Au hazard Balthazar” sebagai  film terbaiknya sepanjang masa dan menempatkan salah satu film favorit saya sepanjang masa, “L’eclisse” di posisi ke-10.  Polling ini akan diperbarui tahun 2012 nanti, mengingat polling memang diperbarui setiap sepuluh tahun sekali.

Baiklah, lalu film apa yang menjadi pilihan 85 kritikus film yang ikut berpartisipasi di polling tahunan kali ini? Jawabannya adalah “The Social Network” (review saya), karya teranyar dari David Fincher yang kemungkinan besar juga berjaya di ajang Oscar. Di posisi kedua ada peraih Palme d’Or tahun ini, “Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives”, sedangkan “Another Year” dari Mike Leigh ada di posisi ketiga. Mengingat banyaknya tie untuk tahun ini, Sight & Sound merilisnya menjadi top 12. Ada hal yang unik. “A Prophet” yang tahun lalu memimpin, untuk tahun ini juga muncul kembali.  Ini diakibatkan karena filmnya sendiri baru dirilis di Amerika Serikat tahun ini.

Berikut daftar top 12-nya:

1. The Social Network (David Fincher)
2. Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives (Apichatpong Weerasethakul)
3. Another Year (Mike Leigh)
4. Carlos (Olivier Assayas)
5. The Arbor (Clio Barnard)
6. Winter’s Bone (Debra Granik)
6. I Am Love (Luca Guadagnino)
8. The Autobiography of Nicolae Ceausescu (Andrei Ujica)
8. Film Socialisme (Jean-Luc Godard)
8. Nostalgia for the Light (Patricio Guzman)
8. Poetry (Lee Chang-dong)
8. A Prophet (Jacques Audiard)

daftar lengkapnya silakan dilihat di Awards Daily.

Sementara itu, kritikus film dari The Guardian UK, Peter Bradshaw, sudah mengumunkan daftar pilihan favoritnya tahun ini melalui sebuah metode yang “niatnya” mengadopsi sistem Oscar dengan memilih masing-masing sepuluh nominasi. Uniknya, untuk sepuluh film yang dipilihnya, cukup variatif. Dari yang arthouse seperti “Uncle Boonmee”  atau “Dogtooth” hingga pilihan mainstream seperti “Kick-Ass” (review saya) dan “The Other Guys” bersanding di top ten-nya. Pemilihan kategori Best Actor-nya pun cukup unik dengan memasukkan Joaquin Phoenix “I’m Still Here” dan Ryan Reynolds “Buried”.  Begitupun pilihannya untuk Supporting Actor terdapat nama Pierce Brosnan “The Ghost Writer” dan Jim Carey “I Love You Phillip Morris” (silakan tanya, saya tidak menyukai kedua penampilan mereka di film ini). Untuk kategori Supporting Actress ada Chloe Moretz “Kick-Ass” dan salah satu favorit saya tahun ini; Mia Wasikowska “The Kids Are Alright” (saya masih berharap pihak Oscar melirik penampilannya di sini).

Nominasi film terbaik versi Peter Bradshaw:

BEST FILM

  • ANOTHER YEAR (dir. Mike Leigh)
  • KICK-ASS (dir. Matthew Vaughn)
  • THE OTHER GUYS (dir. Adam McKay)
  • UNCLE BOONMEE WHO CAN RECALL HIS PAST LIVES (dir. Apichatpong Weerasethakul)
  • ENTER THE VOID (dir. Gaspar Noé)
  • OF GODS AND MEN (dir. Xavier Beauvois)
  • THE HEADLESS WOMAN (dir. Lucrecia Martel)
  • DOGTOOTH (dir. Giorgios Lanthimos)
  • TOY STORY 3 (dir. Lee Unkrich)
  • THE SOCIAL NETWORK (dir. David Fincher)

Untuk daftar lengkapnya silakan kunjungi web-nya, pemenang versi Peter Bradshaw ini akan diumumkan sebelum Christmas nanti. Silakan menyimak!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s