You talkin’ to me?

Beberapa hari yang lalu, saya dibuat tertarik ketika AwardsDaily mengabarkan bahwa Taschen merilis buku edisi spesial “Taxi Driver” 300 halaman yang berisi beberapa foto-foto yang belum pernah dipublikasikan di publik. Well, tentu saja hal ini menarik minat saya karena mengingat sampai saat ini “Taxi Driver” masih tetap bertengger di lima besar film favorit saya sepanjang masa. Sedangkan penampilan monumental seorang Robert De Niro sebagai seorang Travis Bickle yang begitu meyakinkan, masih setia bertengger di posisi pertama penampilan pria terbaik sepanjang masa (tentunya versi saya juga).

“Taxi Driver” merupakan film dari Martin Scorsese favorit saya dan satu-satunya karya masterpiece yang pernah ia buat. Boleh dibilang saya bukanlah penggemar  dari “Raging Bull” (meskipun penampilan Robert De Niro di sini juga tak kalah cemerlangnya), dan sedikit kesusahan mendapatkan sisi mengagumkan dari “Goodfellas” (mungkin, saya harus menonton ulang film ini). Favorit saya secara pribadi lainnya adalah “Alice Doesn’t Live Here Anymore” mungkin salah satu filmnya Scorsese yang menyimpan kata “hati” di dalamnya. Lengkap dengan penampilan gemilang Ellen Burstyn sebagai ibu tunggal yang tunggang langgang mencari pekerjaan, hingga berhasil membuahkannya Oscar. Beberapa karya Scorsese yang juga saya sukai adalah “The Age of Innocence” dan “Kundun”. Dua buah karyanya yang sangat underrated.

Balik lagi ke “Taxi Driver”, kata yang paling ampuh untuk menggambarkan mengapa saya mencintai film ini adalah bagaimana hebatnya Scorsese mengemas sebuah karakter dengan begitu apik. Ada pengalaman sinematik yang begitu mengesankan ketika melihat sisi perlahan-lahan seorang Travis Bickle dibongkar meskipun tetap saja rahasia yang dihadirkannya menjadi misteri. Bahkan konsep “from zero to hero” yang dihadirkan muncul dalam aspek yang kebetulan. Dan, ending film ini tetap menjadi salah satu ending favorit saya.

Berikut  beberapa snapshot dari buku “Taxi Driver” yang saya sukai. Foto lainnya dapat dilihat di websitenya langsung. Dan, oops, buku ini diganjar $700 (jumlah yang bisa menghidupi seorang anak kost seperti saya selama 6 bulan).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s