Mini Review: “Iron Man 2”, “Looking for Eric”, “The Cove”, and “The Good, the Bad, the Weird”

*note: mulai postingan ini review yang sebelumnya memakai sistem empat bintang diganti menjadi sitem abjad A-F.

Iron Man 2

[B-]

Directed by Jon Favreau Starring Robert Downey Jr. Mickey Rourke Gwyneth Paltrow

Ini termasuk guilty pleasure pertama saya di tahun ini. Terserahlah orang mencerca, film ini tidak sebagus film pertamanya, skripnya yang tidak sebagus yang pertama pula, serta actionnya yang tidak seseru yang pertama, dan masih banyak perbandingan lainnya lagi. Saya menyadari itu, dan terlampau naif rasanya jika tidak merasakan kebolongan di sana-sini. Tapi pada akhirnya, tetap saja senyum lebar mengembang selesai menyimak film ini. Begitupun rasa terhibur yang berhasil tersimpan lama selesai menyimak film ini. Ini salah satu film yang mengingatkan saya mengapa bioskop di musim panas begitu sesak diburu pengunjung. Kita ingin dihibur. Ketika film ini berhasil memberikan poin satu itu, saya tidak perlu menganalisa dan berpikir terlalu teoritis lagi. Hiburan adalah hiburan. Saya suka yang satu ini.

Looking for Eric

[B]

Directed by Ken Loach. With Steve Evets, Eric Cantona, Stephanie Bishop.

Ken Loach boleh jadi merupakan sutradara yang paling sering menampilkan filmnya di Cannes, terbukti lewat “Looking for Eric” yang menjadi entri kesembilannya di festival tersebut (belum lagi jika menghitung tahun ini dia juga memasukkan “Route Irish” di In Competition Cannes yang genap menjadi entri kesepuluhnya di Cannes). “Looking for Eric” menghadirkan sebuah komedi sosial yang begitu kocak di beberapa sisi, begitu kontemplatif di sisi yang lain. Melihat tingkah polah para supporter kesebelasan Manchester United ini berseloroh satu sama lain dan bergotong-royong membasmi komplotan gangster tersebut telah berhasil membuat saya terbahak dengan renyah.

The Cove

[B+]

Directed by Louis Psihoyos Running time 91 minutes Release July 31 2009 (US release date)

Menyimak “The Cove” tentu saja ada ancaman provokasi yang terlalu rentan untuk diyakini, atau bahkan terkadang membuncahkan penghakiman yang terlalu berlebihan, serta mungkin sebuah bentuk persepsi yang tidak bisa diterima sekaligus dipaksakan. “The Cove” tentu begitu padat menempatkan Jepang sebagai pihak yang seolah-olah makhluk terkejam di dunia ini, padahal dalam pikiran yang sangat skeptis bisa saja orang berkata; “Lumba-lumba saja, apa pentingnya?” Maka, mengapa “The Cove” begitu membekas dalam ingatan saya, tentu karena “The Cove” telah menempatkan sebuah dokumenter sebagai kenikmatan sinema, sebuah thriller yang menempatkan empati di dalamnya. Pada akhirnya sebuah hal yang provokatif seperti ini terkadang sepertinya hanya sebuah hal remeh-temeh bagi orang lain. Untuk hal itu O’Bary patut untuk dihargai karena telah memunculkan keberanian dan kesetiannya pada lumba-lumba. Bagi orang lain mungkin usaha tersebut biasa saja, tapi bagi saya itu mengagumkan.

The Good, The Bad, The Weird

[B+]

Directed by Kim Ji-woon Starring Song Kang-ho Lee Byung-hun Jung Woo-sung Release April 23 2010 (US release date)

Memegang rekor sebagai produksi negeri gingseng termahal hingga saat ini, “The Good, the Bad, the Weird” menghadirkan tiga aktor terkenal negeri tersebut dalam petualangan koboi penuh dengan komedi ini. “The Good, the Bad, The Weird” seperti menjadi antitesis dari pakem film koboi kebanyakan, dimana sosok sentral difokuskan pada sosok “The Weird” yang begitu jauh dari kesan karismatik, terkadang terlihat bodoh, dan tentunya kocak. Melihat bagaimana tingkah “The Weird” dalam menghadapi lawan-lawanya, tentunya tak segan-segan akan memunculkan tawa renyah di bibir Anda.

Advertisements

2 thoughts on “Mini Review: “Iron Man 2”, “Looking for Eric”, “The Cove”, and “The Good, the Bad, the Weird”

  1. hoo benar-benar mini review, saya masih penasaran sama the cove. belum nonton. satu lagf dokumenter tentang alam yang katanya bagus “oceans” juga penasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s