1st Annual AwyaNgobrol™ Awards Winners & Top 10 Performances of the Year

Believe me, lebih sulit memilih juara untuk award yang Anda buat sendiri daripada memilih favorit Anda di ajang lain semisal Oscar. Ya, itu karena nominasi dari tiap kategori adalah pilihan kita sendiri, dan semuanya adalah favorit kita sendiri. Ketika ingin memilih yang satu menjadi pemenang, merasa bersalah karena yang lainnya juga bagus. Namun, tetap pada akhirnya, yang saya anggap terbaiklah yang menorehkan kesempatan menjadi yang terbaik di mata saya. Selain daftar pemenang ini, saya juga memberikan daftar 10 penampilan terbaik di tahun 2009.

Ini dia pemenang untuk 1st Annual AwyaNgobrol™ Awards:

MAIN CATEGORIES:

Best Picture

  • Winner: “A Serious Man”
  • 1st Runner-up: “The Hurt Locker
  • 2nd Runner-up: “Antichrist”

Best Director

  • Winner: Lars von Trier, “Antichrist”
  • 1st Runner-Up: Katryn Bigelow, “The Hurt Locker”
  • 2nd Runner-up: Joel & Ethan Coen, “A Serious Man”

Best Original Screenplay

  • Winner: Joel & Ethan Coen, “A Serious Man”
  • 1st Runner-Up: Anna Boden & Ryan Fleck, “Sugar”
  • 2nd Runner-up: Jane Campion, “Bright Star”

Best Adapted Screenplay

  • Winner: Wes Anderson & Noah Baumbach, “Fantastic Mr. Fox”
  • 1st Runner-Up: Spike Jonze, “Where the Wild Things Are”
  • 2nd Runner-up: Jesse Armstrong, Simon Blackwell, Armando Iannucci, Tony Roche, “In the Loop”

Best Actor

  • Winner: Jeremy Renner, “The Hurt Locker”
  • 1st Runner-Up: Tom Hardy, “Bronson”
  • 2nd Runner-up: Joaquin Phoenix, “Two Lovers”

Best Actress

  • Winner: Tilda Swinton, “Julia”
  • 1st Runner-Up: Charlotte Gainsbourg, “Antichrist”
  • 2nd Runner-up: Maria Onetto, “The Headless Woman”

Best Supporting Actor

  • Winner: Christoph Waltz, “Inglourious Basterds”
  • 1st Runner-Up: Paul Schneider, “Bright Star”
  • 2nd Runner-up: Alfred Molina, “An Education”

Best Supporting Actress

  • Winner: Monique, “Precious”
  • 1st Runner-Up: Marion Cottilard, “Public Enemies”
  • 2nd Runner-up: Samantha Morton, “The Messenger”

Best Foreign Language Film

  • “The Headless Woman” (Argentine)

Best Animated Feature

  • “Fantastic Mr. Fox”

Best Cinematography

  • “Antichrist”

Best Editing

  • “The Hurt Locker”

Best Art Direction

  • “Fantastic Mr. Fox”

Best Costume Design

  • “Bright Star”

Best Visual Effect

  • “Avatar”

Best Makeup

  • “The Road”

Best Original Score

  • “Where the Wild Things Are”—Karen O and Cartel Burwell

Best Original Song

  • “You’ve Got Me Wrapped Around Your Little Finger” (An Education)

Best Sound Editing

  • “Antichrist”

Best Sound Mixing

  • “The Hurt Locker”

SPECIAL CATEGORIES:

Best Ensemble

  • “An Education”

Best Cameo

  • Robert Duvall, “The Road”

Breakthrough Performance of the Year

  • Sharlto Copley, “District 9”

Scene of the Year

  • “The grocery scene” in The Hurt Locker

Quote of the Year

  • “That’s A Bingo” from Col. Hans Landa (Inglourious Basterds)

Movie Poster of the Year

  • “Antichrist”

Movie Tagline of the Year

  • “War is a drug”,–The Hurt Locker

Trailer of the Year

  • “A Single Man”

Album Soundtrack of the Year

  • “(500) Days of Summer”

Best Indonesian Film of the Year

  • “Sang Pemimpi”

Most Overrated Film of the Year

  • “Avatar”

Most Underrated Film of the Year

  • “Moon”

Most Entertaining Film of the Year

  • “The Hangover”

Most Disappointing Film of the Year

  • “The Lovely Bones”

Worst Film of the Year

  • “Transformers: Revenge of the Fallen”

10 Best Male Performances of 2009:

  1. Jeremy Renner, “The Hurt Locker”
  2. Tom Hardy, “Bronson”
  3. Joaquin Phoenix, “Two Lovers”
  4. Sam Rockwell, “Moon”
  5. Christoph Waltz, “Inglorious Basterds”
  6. Michael Stuhlbarg, “A Serious Man”
  7. Sharlto Copley, “District 9”
  8. Michael Sheen, “The Damned United”
  9. Matt Damon, “The Informant!”
  10. Jeff Bridges, “Crazy Heart”

10 Best Female Performances of 2009:

  1. Tilda Swinton, “Julia”
  2. Charlotte Gainsbourg, “Antichrist”
  3. Maria Onetto, “The Headless Woman”
  4. Abbie Cornish, “Bright Star”
  5. Carey Mulligan, “An Education”
  6. Hye-ja Kim, “Mother”
  7. Monique, “Precious”
  8. Kim Ok-Bin, “Thirst”
  9. Penelope Cruz, “Broken Embraces”
  10. Meryl Streep, “Julie & Julia

Bagi saya Jeremy Renner menampilkan akting terbaik tahun ini dengan penggambaran karakter yang begitu kuat. Tom Hardy muncul dengan keberaniannya memainkan tokoh narapidana bebal yang nyaris mencuri kursi puncak daftar ini. Di lain hal, Joaquin Phoenix melebur dengan karakter lelaki kesepiannya dengan begitu meyakinkan. Sedangkan di kategori wanita, sejak awal tahun lalu ketika Roger Ebert memberi 4 Stars pada film “Julia” dan membuat saya penasaran dengan aktingnya yang dipuji, saya tergiur menontonnya. Selesai menonton filmnya, sejak itulah saya yakin kalau penampilannya akan sulit dilewati pesaing lain. Charlotte Gainsbourg sedikit membayangi dengan aktingnya yang berani. Sedangkan Maria Onetto berhasil mengumbar ekspresi yang membuat kita sama-sama kebingungan seperti karakternya di film tersebut. Saya terkadang sedikit miris melihat akting-akting terbaik di tiap tahunnya tidak mendapat perhatian Oscar. Yah, memang sih acting-akting terbaik seperti di atas hanya akan meraih atensi di kancah festival, seperti Charlotte Gainsbourg yang menang di Cannes, Tilda Swinton, Jeremy Renner, Joaquin Phoenix, Tom Hardy, atau Maria Onetto yang banyak mendapat penghargaan di wilayah independen. Saya mengerti sih kalau Oscar itu kadang-kadang *cough* popularity *cough* dan kampanye, dan sebagainya. Mau dibagaimanakan lagi toh?

Dan, itulah pemenang untuk edisi tahun 2009. Sampai berjumpa lagi tahun depan!

Advertisements

5 thoughts on “1st Annual AwyaNgobrol™ Awards Winners & Top 10 Performances of the Year

  1. Great list.. Loves it!
    Bagus banget awya.. Kebanyakan emang favoritku juga & bener2 pilihan yang independen.. Aku terharu (lebay..) kamu milih Tilda Swinton as best actress..karna emang layak (seharusnya di film ini dia dpt oscar,bkn di michael clayton!),tapi apa daya..Sandra Bullock terlalu populer di mata voters. Juga original score utk ‘where the wild things are’…perfect choice.. Keep on good work ya…..

  2. Sebenarnya sudah bikin prediksi, dan hampir semua benar. Gak jadi aku kirim, soalnya gak ada hadiahnya sih hehehehehe…
    Jadi penasaran aku sama Julia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s