14 Best Romantic Movies of the Decade

Seperti yang sudah saya janjikan beberapa bulan lalu sebagai rangkaian dari Awya Ngobrol Special Edition: The Glorious of the Decade yang merangkum berbagai list yang terbaik dari berbagai hal di dunia film dekade ini, list ini merupakan salah satunya. Bulan Februari adalah bulan penuh kasih sayang, entah secara esensi begitu melekat atau berarti bagi sebagian orang, namun nyatanya kita sering merayakannya dengan hal-hal yang bolehlah disebut romantis.  Salah satu paling sederhana adalah dengan menikmati beberapa film-film yang memiliki nuansa kasih sayang bersama pasangan terkasih. Kalau tahun lalu saya memberikan 14 film romantis dengan menempatkan When Harry Met Sally di peringkat pertama, untuk tahun ini seperti yang sudah disebutkan tadi, film-filmnya merupakan film-film yang dirilis sepanjang dekade ini: 2000-2009. Berikut film-film yang layak untuk ditonton di malam penuh kasih sayang tersebut. Tidak punya kekasih? Ah, masih ada keluarga juga yang memiliki kasih sayang tak kalah besarnya. Happy Valentine’s Day!

Honorable Mentions: The Curious Case of Benjamin Button, Ada Apa Dengan Cinta?, The Notebook (okay, don’t shoot me, honestly, film ini agak sedikit norak di beberapa adegannya), A Very Long Engagement, 50 First Date, Vicky Cristina Barcelona, Lars and the Real Girl, dan Love Me If You Dare.

Inilah 14 film romansa terbaik dekade ini…

#14

“(500) DAYS OF SUMMER”

(2009)

Atmosfir film ini diciptakan dengan kemasannya yang dibuat manis. Tidak heran, selama menonton, seperti mengunyah permen. Manis sepanjang film.

#13

“BRIDGET JONE’S DIARY”

(2001)

Bridget Jones yang ceroboh dan berbadan besar bukanlah sosok idaman kaum lelaki, namun ternyata dialah yang dicintai Mr. Darcy. Fairytale? Ah tidak juga.

#12

“LOST IN TRANSLATION”

(2003)

Mereka dipertemukan karena kesendirian di tengah hiruk pikuk kota Tokyo. Penasarankah dengan bisikan terakhir ketika mereka berpisah itu? Apa yang dibisikkan? Hanya mereka berdua yang tahu (dan mungkin Sofia Coppola saja). Itulah misteriusnya romantisme.

#11

“LOVE ACTUALLY”

(2003)

Seperti judulnya, cinta sebenarnya. Ya, isinya fragmen dari berbagai kisah cinta.

#10

“PUNCH-DRUNK LOVE”

(2002)

Absurd? Ah, apalah artinya itu, bukankah cinta juga terlampau absurd untuk dibahas? Adam Sandler dengan penampilan terbaiknya sampai saat ini menyimpan chemistry pekat dengan Emily Watson di romansa absurd ini.

#9

“MOULIN ROUGE”

(2001)

Bernyanyi. Berakting. Dan bernyanyi lagi. Dimana kasih sayangnya? Bertebaran dari awal.

#8

“PRIDE & PREJUDICE”

(2005)

Cerita film ini adalah versi asli dari Bridget Jones. Dalam dunia sastra, nama Jane Austen adalah neneknya karya-karya percintaan. Ironisnya beliau tidak menemukan cintanya sendiri.

#7

“IN THE MOOD FOR LOVE”

(2000)

Filmnya mungkin terlihat berat untuk dikonsumsi apalagi yang kurang terbiasa dengan style sutradaranya, namun sebenarnya cukup menggarisbawahi makna sentral itu, meskipun tidak seperti yang diharapkan.

#6

“WALL-E”

(2008)

Robot bisa jatuh cinta? Buktikan dulu ketika karya masterpiece Pixar ini memberikan sudut pandang berbeda mengenai makna kasih sayang itu. Robot saja punya kasih sayang, masa manusia tidak? Ah, malu sekali diperolok robot.

#5

“AMELIE”

(2001)

Fantasi adalah romantisme. Amelie adalah romantisme kota Paris. Perlukah saya menjelaskan itu lagi?

#4

“BRIGHT STAR”

(2009)

Satu lagi film yang berasal dari tahun 2009. Puisi dan sinema adalah sisi yang berseberangan. Jane Campion menyatukannya dengan teramat indah.

#3

“ETERNAL SUNSHINE OF THE SPOTLESS MIND”

(2004)

Saya ingin menghapus memori tentang kekasih saya karena dia telah menyakiti hati saya? Ah, berlebihan. Tunggu, lihat dahulu mengapa Clemintine dan Joel semerana itu di film ini.

#2

“ONCE”

(2007)

Musik. Cinta. Dua unsur yang lekat dipikiran lelaki. Lelaki lebih nikmat jika bersenggama dengan musik. Musik adalah cinta baginya. Benarkah? Lalu dimana wanita itu ditempatkan? Tenang, wanita sebenarnya adalah musik itu sendiri.

#1

“BEFORE SUNSET”

(2004)

Durasi 80 menit. Dua insan berbincang sepanjang film. Dialog dan dialog. Berjalan mengelilingi bagian kecil dari lanskap Paris. Mengenang masa lampau 9 tahun lalu ketika mereka dipertemukan lewat Before Sunrise. Apa romantisnya, heh? Tunggu dulu, bukankah perbuatan lebih romantis daripada kata-kata? Memang. Namun, coba pikirkan sejenak, kata-kata bisa juga menyimpan senyum yang teramat manis dan sayangnya ironi yang terkesan miris juga. Dalam kesederhanaan ceritanya, film ini menghadirkan esensi yang luar biasa. Ending film ini menggugah sisi paling romantis itu. For my money, inilah romansa terbaik dalam sinema untuk dekade ini.

Itulah 14 film bernuansa romantisme terbaik versi saya.

What’s yours?

Advertisements

60 thoughts on “14 Best Romantic Movies of the Decade

  1. saya sukaaa Love Actually, terutaam kisahnya Keira Knightley hihihi,

    banyak yg gue belum nntn juga nih listnya, tapi saya setubuh, eh setujuh maksudnya ;p sama Before Sunset!! film yang smart, dialognya thought-provoking, bikin kita berkali-kali bilang : bener banget! bener banget! hwahahaha

  2. Before Sunrise gak kalah bagusnya sama Before Sunset. Nonton Before Sunset gak lengkap tanpa Before Sunrise. High Fidelity gak masuk karena gak romantik ya?

  3. wah kenapa tidak ada notebook atau if only qiqiqiiqiqi
    its oke before sunrise saya setuju dagh…but gag suka noks ama love actually………awya tidak memasukkan walk to remember goooddddddddd..soalnya kalo cewe2 pasti doyannya itu…..pride and prijudice suka bangett
    kalo aku sih masi bridge jones diary juara..

  4. @ Andy: The Notebook ada di honorable mentions, sebenarnya ingin tidak disebutkan, soalnya ceritanya norak. lol. Kalo A Walk To Remember bukan film saya bisa sukai. biasa saja.

    @Aduy: P.S I Love You termasuk guilty pleasure juga. orang bilang jelek, tp saya suka. Masuk list saya yang tahun lalu.

  5. @gilasinema: wakakak. Giliran akting dia teraniyaya om gila suka bgt deh. Sm kyk Sandy di All About Steve, suka bgt ak liat dia jd orag bego. Lol.

    @aduy: hush! Jgn keras2 ntar sy ditimpuk penggemar Sandy lho.

  6. Iya, New York I Love You biasa saja ktnya. Tp Valentine’s Days wajib tonton. Yah sejelek apapun ceritanya, yang penting liat barisan castnya yang keren2 udah cukup.

  7. – P.S. I love you : lumayan lah, seorang suami yang sayang bgt sama istrinya

    – NY i love you : kalo bukan orang kota ga bakal ngerti dan ga ngejalanin semuanya.. gw ngerti karena gw pernah ngalamin itu semua.. , gw keren pas yang anak muda promnight doang sebenernya sih :p

    – valentine days : datar ceritanya, biasa aja ah…gw ga ada terharu2nya

    – kenapa ga masukin 50 first date ???

  8. belum nonton Bright Star 😥
    dan Love Me if You Dare saya sukaaaa banget,dan well, film2 yg diadaptasio dr nicholas bloody sparks.lol
    anyway film ttg cinta yang paling saya suka itu justru Le premier jour du reste de ta vie, entah kenapa kalo abis ntn ini saya jadi berbunga2 sendiri.lol

  9. hai2.. pecinta film romantis jugaa…
    if only paling the best kayanya..huhu..
    sama Ghost oke juga..sedih dan terharuuu..hikss..

  10. Aaaah setuju deh sama pilihan2 kk awya ini.hehehe.tapi si Jack Gyllenhaal sama Heath Ledger menurut saya pantes juga tuh kk.muantepp bgt deh emosinya percintaannya 🙂

  11. Once oke bangetttt…
    Gara2 ntn film ini, lagunya jadi music of the month gw.. 🙂

    Before sunset blm nonton, palagi before sunrise, heuheu..

  12. yang suka nonton film yang romantis wajib nonton, a walk to remember, the note book, letters to juliet sama dear jhon,dijamin meleleh…so…sweet…

  13. teman2,nonton film “say anything” deh.selesai nonton itu,saya jadi kepingin nonton lagi.It’s the best romantic movies of all time.

  14. salam kenal semuanyaa…

    aku paling suka 500 days of summer dan Bridget Jones’s Diary..^^..

  15. A very long engagement gak masuk ya?? ato dah cukup diwakili Amelie??
    dekade ini = once
    sepanjang masa = cinema paradiso
    boleh tukeran link?? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s