Golden Globes’ Predictions

Minggu depan kita sudah akan melihat siapa saja yang akan menggondol piala dari ajang penghargaan perfilman nomor dua di Hollywood. Dulu mungkin, Golden Globes identik sebagai ajang yang bisa menjadi contekan siapa saja pemenang Oscar nantinya, namun sekarang sudah tidak lagi. Golden Globes sudah membangun pondasinya sendiri sebagai ajang yang tidak lagi menjadi embel-embel precursor Oscar. Golden Globes punya kekhasannya sendiri yang belum tentu dimiliki Oscar. Begitupun sebaliknya. Golden Globes belakangan lebih dikenal dengan ajang yang menghargai nama besar, memang cukup beralasan karena sepuluh tahun terakhir, Golden Globes lebih ramah pada nama-nama yang sudah besar daripada nama-nama yang kurang terkenal. Contoh yang paling gres adalah tanpa nama Jeremy Renner di kategori Best Actor sedangkan masuk nama Tobey Maguire. Atau dua tahun lalu ketika Richard Jenkins tidak masuk juga namanya di nominasi. Atau yang paling diperdebatkan adalah nama Tom Cruise yang masuk lewat Tropic Thunder tahun lalu yang membuat banyak orang yakin, kalau yang berperan bukan seorang Tom Cruise, jelas tidak dilirik. Contoh yang mengagetkan juga mungkin adalah tahun ini masuknya Julia Roberts lewat Duplicity. Bukti bahwa mereka ramah pada nama besar.

Golden Globes juga terkenal sulit untuk memenangkan proyek independen di kategori utama, kecuali sebuah film memang berada di atas film lainnya dan memang dipuji secara luas, contohnya adalah Slumdog Millionaire yang bahkan tidak punya pesaing ketat. Namun ketika kondisinya seperti sekarang ini, persaingan yang sangat ketat, semua film punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, prediksi saya nampaknya Golden Globes akan menjatuhkan trophynya pada Up in the Air atau Avatar. Untuk judul terakhir saya masih ragu apakah HFPA cukup merelakan piala utamanya jatuh ke tangan filmnya James Cameron lagi. Tidak perlu diragukan lagi jagoan saya pasti akan tetap The Hurt Locker sampai kapanpun. Namun, melihat ini adalah Golden Globe, saya tidak yakin film ini memiliki kesempatan sebesar dua film tadi. Ingat sewaktu Golden Globe memilih Atonement daripada No Country For Old Men tahun 2007 lalu? Jelas terlihat Golden Globes kurang peduli dengan proyek independen. Kalau sampai The Hurt Locker menang (bahkan tidak ada yang memprediksi lho), tentu akan sedikit mengejutkan, yang akan semakin memperlebar kansnya sebagai yang terbaik dimata Oscar. Inglourious Basterds hadir sebagai kuda hitam yang siap merebut posisi utama. Sementara Precious? Masuk nominasi saja sudah beruntung.

Ini hanya sebuah prediksi yang tingkat ketepatannya bisa saja tidak lebih dari 50% atau sama sekali tidak tepat. Bukan berarti saya memprediksi George Clooney yang menang Best Actor berarti saya mendukung dia, tidak sama sekali. George Clooney dengan one note expressions-nya di Up in the Air itu bahkan bagi saya bukan performance yang bagus, malah standard dan biasa saja. Saya akan senang hati jika yang menang bukan dia. Namun, saya bukan anggota HFPA, dan karena itulah mengapa saya memiliki sedikit keyakinan George Clooney bisa melenggang bebas sebagai juara. Dia punya nama besar, dia dicintai publik, dia punya profil film yang bagus, apalagi coba? Kalau Jeff Bridges atau Colin Firth yang menang, oh thank God.

Untuk kategori aktris, Meryl Streep sudah jelas menang dikategori komedi/musikal dan saya semakin yakin dia pasti menang Oscar tahun ini. Sekarang pertanyaannya, apakah Carey Mulligan yang mendapat banyak piala dari para kritikus bisa mengalahkan Sandra Bullock yang mencetak sejarah sebagai aktris dengan film tertinggi sampai saat ini yang mengalahkan rekornya Julia Roberts? Kalau berbicara kualitas, Carey Mulligan berada dua kali di atas seorang Sandra Bullock yang saya sampai heran, kalau bukan karena namanya, performance tersebut pasti tidak dilirik. Lha wong, ekspresi satu nada seperti itu sering saya lihat di film-film popcorn-nya kok.

Kita buktikan nanti siapa yang menang. Entah mengapa untuk tahun ini saya sudah tidak peduli siapa yang menang ini dan siapa yang menang itu, hanya Katryn Bigelow-lah yang membuat saya senang jika dia menang penghargaan. Mungkin karena saya tidak memiliki jagoan yang benar-benar saya sukai seperti Kate Winslet tahun kemarin.

Golden Globes’ Predictions:

Best Picture Drama: Up in the Air

Best Picture Comedy/Musical: Julie & Julia

Best Director: Katryn Bigelow

Best Actor Drama: George Clooney

Best Actor Musical/Comedy: Matt Damon

Best Actress Drama: Carey Mulligan

Best Actress Comedy/Musical: Meryl Streep

Best Supporting Actor: Christopher Waltz

Best Supporting Actress: Monique

Best Screenplay: Inglourious Basterds

Best Animated Feature Film: Up

Best Foreign Language Film: A Prophet

Best Score: Avatar

Best Song: “The Weary Kind” (Crazy Heart)

Advertisements

7 thoughts on “Golden Globes’ Predictions

  1. Wah
    apakah Televisi Lokal kita mau membeli hak siar Ajang Prestisius ini?
    Kayaknya Global TV enggak niat lagi deh soalnya Mereka dah beli hak siar World Cup Africa, atau dengan dalih “takut ratingnya rendah”..

    *entah kapan daku nonton Up In The Air.
    Aku memuja Reitman
    *aku jagoin A Single Man dari 3 lini yang didapatnya.

    *Collin Firth ajalah.. Jangan si Bujang lapuk Clooney hehehe

    *OH man .. Avatar ngak akan ngomong banyak disini, juga Score Music yang Kang Awya sematkan padanya.. Enggak deh ( aku lebih senang diberikan pada A Single Man)

  2. Semoga saya belum terlambat untuk memprediksi siapa yang bakal meraih trophy di ajang 67TH Golden Globes Awards tahun ini….sebenarnya tidak yakin juga jagoan-jagoan saya ini bakal menang,kalo misal kriteria yang seperti awya maksudkan seperti itu karena bingung2 juga memprediksinya..terutama best actress dan actornya
    Best Motion Picture – Drama : Avatar
    Best Performance by an Actress in Drama :Carey Mulligan – An Education
    Best Performance by an Actor in Drama : Colin Firth – A Single Man
    Best Motion Picture – Comedy Or Musical : Nine
    Best Performance by an Actress in Comedy Or Musical : Meryl Streep – Julie & Julia
    Best Performance by an Actor in Comedy Or Musical : Michael Stuhlbarg – A Serious Man
    Best Performance by an Actress In A Supporting Role : Mo’nique – Precious
    Best Performance by an Actor In A Supporting Role : Christoph Waltz – Inglourious Basterds
    Best Animated Feature Film : Up
    Best Foreign Language Film : The White Ribbon
    Best Director : Kathryn Bigelow – The Hurt Locker
    Best Screenplay – Motion Picture : Jason Reitman, Sheldon Turner – Up In The Air
    Best Original Score – Motion Picture : James Horner – Avatar
    Best Original Song – Motion Picture : “Cinema Italiano” – Nine

  3. Wah pantesan ngak tahu..
    Selama ini kukira Indosiar cuman nayangin tontonan Kelas b TAKE ME OUT.

    *Wah Avatar ya, patut disimak..
    Iya aku suka StUHLbARg

  4. @Andy: wah saya juga ngarepnya si Michel Stulhburg. aktingnya keren bgt. tapi kayaknya susah kalo dia menang. musah2an prediksi kamu bener.

    @Prabu: di indosiar kok seperti yang dikatain sama Andy. Tapi besok jam 8 pagi livenya di Starworld.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s