PGA Nominations: Nine Snubbed, Distric 9 & Star Trek Are In!

Nominasi PGA (Producers Guild of America) akhirnya diumumkan juga. Sedikit mengejutkan (dan juga menyenangkan) karena adanya tiga film Sci-Fi paling disukai publik dan ktitikus di tahun 2009, yaitu Avatar, District 9, dan Star Trek. Jelas ini sedikit menggembirakan bagi para penggemar berat film tersebut. Akibatnya, Nine tidak masuk nominasi. Cukup beralasan karena film ini dicacimaki oleh kritikus serta penerimaan publik yang sangat kurang.

Perlu saya informasikan, mengapa PGA ini penting, mengingat karena semua anggota branch produser di AMPAS adalah anggota PGA. Jadi istilahnya kita melihat seperti apa nantinya nominasi yang muncul dari branch produser di AMPAS. Sebenarnya kalau ingin lebih lengkap lagi,  ada empat kelompok perkumpulan asosiasi perfilman penting yang ada di Hollywood. PGA untuk produser. SAG (Screen Actors Guild) untuk perkumpulan aktor dan aktris. WGA (Writers Guild Awards) untuk perkumpulan para penulis, dan DGA (Directors Guild of Amerca) untuk para sutradara. Nah sekarang mengapa mereka penting untuk Oscar, ya karena branch-branch yang ada di Oscar semuanya meliputi keanggotan Guild tadi. Contohnya, SAG yang terdiri dari 2000-an lebih anggota, setengahnya, atau tepatnya 1.200-an anggotanya adalah juri Oscar branch actors. Begitupun juga DGA yang semua dari juri branch Director di Oscar-nya merupakan anggota DGA. Jadi biasanya pilihan mereka tidak pernah melenceng, lha wong yang milih nominasi orangnya sama. Contohnya lagi ya nominasi SAG tahun 2008 lalu yang nyaris tidak berbeda, terutama nominasi Best Actornya yang sama 100%. Jadi sebenarnya dengan melihat empat nominasi perkumpulan tersebut, kita sudah bisa melihat bagaimana nominasi Oscar nanti. Meskipun nantinya ada yang berbeda, tetapi tidak akan terlalu jauh. Feeling saya sih setelah meilhat nominasi SAG sebulan lalu, saya kira nominasi kategori aktingnya tidak akan berubah terlalu banyak.

Nah, bagaimana dengan PGA? Berhubung nominasi Best Picture nantinya dipilih oleh semua anggota AMPAS, jadi nampaknya pilihan sepuluh besar ini akan berbeda. Terutama Oscar tidak akan memasukan 3 film Sci-fi sekaligus, Avatar jelas masuk, meskipun bagi saya kesempatan District 9 juga cukup besar. Tak ubahnya seorang produser, kriteria filmnya biasanya memiliki pemasukan yang tinggi, dipuji publik dan kritikus. Tidak heran kalau film-film dengan pendapatan tinggi di Box-Office biasanya banyak masuk. Bahkan Harry Potter seri pertama sempat masuk nominasi dulu. Meskipun begitu, merasa terkejut ketika An Education masuk juga, padahal pemasukannya hanya 7 juta dolar saja. Ini membuktikan film tersebut cukup disukai oleh para produser. Setidaknya ini menjadi bocoran ke arah mana para produser di AMPAS nanti akan memilih. Prediksi saya Avatar akan menang. Jelas, karena film ini yang paling masuk kategori, pemasukan besar, strategi promosi jitu, dan pastinya gegap gempita dari kritkus dan juri.

Nah, nominasi SAG dan PGA sudah muncul sekarang. Tinggal DGA dan WGA saja sekarang, dan kita akan memiliki gambaran nominasi Oscar sesungguhnya.

Darryl F. Zanuck Producer of the Year Award in Theatrical Motion Pictures
“Avatar”
“District 9″
“An Education”
“The Hurt Locker”
“Inglourious Basterds”
“Invictus”
“Precious”
“Star Trek”
“Up”
“Up in the Air”

PGA Producer of the Year Award in Animated Theatrical Motion Pictures
“Coraline”
“Fantastic Mr. Fox”
“9″
“The Princess and the Frog”
“Up”

PGA Producer of the Year Award in Documentary Theatrical Motion Pictures
“Burma VJ”
“The Cove”
“Sergio”
“Soundtrack for a Revolution”

Advertisements

One thought on “PGA Nominations: Nine Snubbed, Distric 9 & Star Trek Are In!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s