List Lagi List Lagi: Roger Ebert, Richard Roeper, and A.O Scott

Akhirnya daftar list top ten dari seorang ROGER EBERT muncul juga. Sejak tahun lalu dia sudah tidak memberlakukan metode rangking lagi yang dulu menjadi ciri khasnya sejak 1976. Memang cukup dipastikan dia akan menampilkan daftar nyeleneh yang kali ini menurutnya dikategorikan menjadi dua yaitu mainstream dan independent. Pertanyaannya adalah penilain apa yang bisa membedakan antara mainstream dengan independent tersebut ? Sebut saja Bad Lieutenant atau  Crazy Heart yang masuk kategori mainstream. Huh? Bagi saya tidak ada sisi mainstreamnya tuh. Atau misalnya jika menurutnya kategori mainstream membedakan sisi actor yang sudah terkenal dengan yang belum, lalu kenapa Julia masuk kategori independent. Bukannya Tilda Swinton sudah menjadi bintang papan atas Hollywod sekarang. Baiklah. Seperti yang dituliskan New York Post, tidak perlu berdebat dengan si kritikus uzur ini. Toh itu listnya sendiri. Pilihannya memang jarang sinkron dengan saya dari dulu. Bahkan dua film nomer satunya dulu, Crash tahun 2005 dan Juno di tahun 2007 adalah film yang masuk dalam daftar film yang saya benci. Masuknya Knowing memang sempat saya prediksi meskipun tidak yakin akan muncul di dalam daftar akhirnya. Dia satu-satunya kritikus yang memberikan nilai sempurna untuk film ini di tengah-tengah caci maki kritikus lainnya. Selain itu juga sudah jadi rahasia umum kalau Ebert ini menggemari karyanya Proyas, bahkan Dark City arahan Proyas juga sempat jadi film nomer satunya Ebert di tahun 1998 lalu.

Seperti kata kris Tapley dari Incontention, skor 4 Stars dari Roger Ebert sekarang mungkin sudah tidak terlalu berpengaruh lagi. Pendapatnya mungkin tidak seberpengaruh beberapa tahun lalu sebelum keterpurukan kondisi kesehatannya. Asal tahu saja tahun 2006  dia sempat vakum setahun karena menjalani operasi kanker. Bahkan sekarang dia tidak bisa bicara. Jadi kalau mau mewawancarai narasumber (seperti yang dilakukannya pada Jason Reitman beberapa waktu lalu) dia dibantu oleh alat khusus, dimana dia akan mengetikkan kata, lalu keluarlah suara.

Bahkan sekarang dia sering mendapat kritisi. Ada yang tahu sewaktu dia menulis dengan lebay-nya kalo Ellen Page akan memenangkan Oscar jauh-jauh hari? Dia memang terkenal sekali waktu itu memuja-muji Juno. Dan tahun ini, dialah yang memuja-muji Michelle Monaghan agar masuk nominasi Oscar lewat Trucker. Namun sayangnya tidak ada yang mendengarkan. Yang paling mengemparkan adalah bulan Oktober tahun kemarin sewaktu reviewnya menjadi review paling Kontroversial waktu itu. Nah, ceritanya dia mereview film independen berjudul Tru Loved yang bercerita tentang cerita remaja lesbian. Dia memberi hanya skor satu bintang pada film tersebut. Permasalahannya bukanlah karena skor itu, tetapi karena sepanjang awal artikel dia mencaci maki film tersebut sampai akhirnya di ending reviewnya dia mengungkapkan, bahwa dia membuat review itu hanya dari menonton 8 menit pertama filmnya saja. Jelas saja banyak yang mengkritisi profesionalismenya sebgai seorang kritikus handal. Bahkan dia akhirnya dicap sebagai homophobic segala. Dan bahkan sebuah situs menobatkan review Roger Ebert itu sebagai “Review Dengan Twist Ending Terbaik Sepanjang Masa”. Bayangkan, review film tersebut mendapat rekor comment paling banyak, nyaris 600 comment dalam kurun waktu yang tidak begitu lama.

Sementara RICHARD ROEPER, kalau sering melihat cover DVD film-film lama, pasti sering melihat namanya bersanding dengan nama Roger Ebert. Yup, dialah yang mengantikan Gene Siskel pasca meninggalnya pasangan Ebert dalam acara tv Siskel & Ebert itu sehingga akhirnya bertajuk Ebert & Roeper. Setelah kondisi Roger Ebert semakin parah, dia berhenti untuk menjadi narasumber acara tersebut. Sejauh yang saya perhatikan, daftar film-filmnya dari dulu memang terbilang “aman” atau istilahnya tidak terlalu banyak judul ekstrim di dalamnya. Brothers adalah film terbaiknya tahun ini. Saya sudah yakin (500) Days of Summer pasti masuk listnya mengingat musim panas lalu, film ini ada di posisi nomer satunya sebagai film musim panas terbaik.

Nah, kalau A.O SCOTT ini adalah kritikus dari New York Times. Mulai awal tahun lalu saya gemar mengikuti reviewnya karena mengingat dia mulai tahun ini bersanding dengan Michael Philips dari Chicago Tribune menjadi kritikus di acara At The Movies. Posisi nomer satunya sih sudah nggak diragukan lagi jatuh ke Where The Wild Things Are mengingat inilah satu-satunya film tahun ini yang masuk daftar best of decade-nya. Bahkan langsung nagkring di posisi 5 lho. Nah yang unik dari daftar top tennya adalah dia mengisi tiap nomor dengan 2 film (kecuali nomor 1).

ROGER EBERT:

The Top 10 Mainstream Films

  • Bad Lieutenant
  • Crazy Heart
  • An Education
  • The Hurt Locker
  • Inglourious Basterds
  • Knowing
  • Precious
  • A Serious Man
  • Up in the Air
  • The White Ribbon

The Top Ten Independent Films

  • Departures
  • Disgrace
  • Everlasting Moments
  • Goodbye Solo
  • Julia
  • Silent Light
  • Sin Nombre
  • Skin
  • Trucker
  • You, the Living

RICHARD ROEPER:

1. “Brothers”
2. “Up in the Air”
3. “The Hurt Locker”
4. “(500) Days of Summer”
5. “Inglourious Basterds”
6. “Up”
7. “Avatar”
8. “Adventureland”
9. “An Education”
10. “The Informant!”

A.O SCOTT:

1) Where the Wild Things Are
2) The Hurt Locker/In the Loop
3) Summer Hours/Of Time and the City
4) Up in the Air/Funny People
5) Bright Star/Medicine for Melancholy
6) Precious/Coraline
7) Avatar/District 9
8 A Serious Man/Anvil: The Story of Anvil
9) Goodbye, Solo/Sugar
10)Gomorrah/The Baader Meinhof Complex

Advertisements

5 thoughts on “List Lagi List Lagi: Roger Ebert, Richard Roeper, and A.O Scott

  1. Daftarnya si Ebert terlihat aneh dengan pemisahan Manisteram dan off mainstream. Departures kok masuk independent.Tahun ini kayaknya dia lagi cinta mati ma Nicholas Cage.
    Lebih asyik liat daftarnya A.O SCOTT yang sangat variatif.
    Ehh…dirimu sudah liat Crazy Heart ya?

  2. Daftar Ebert mkin aneh dengan pemisahan mainstream dn indie. Masak Departures dimasukkan indie. Kayaknya tahun ini dia cinta banget ma Nicholas Cage.
    Paling asyik daftarnya A.O SCOTT yang sangat variatif.
    Lebih asyik lagi listnya … (isi sendiri ya wkwkwkwk)

  3. wah post yg menarik ttg roger ebert. terus terang saya sering juga baca review dari beliau setiap ada film2 (yang sepertinya) bagus. ternyata dia gak segitu hits-nyaa yah skrg dlm hal me-review. Saya juga kaget, kok Knowing masuk list dia. hmm bagus sih, tapi endingnya sangat flop.. hehe

    selera film saya susah match nya sama Roger Ebert.

    salam kenal, anyway

  4. @gilasinema: belum nonton kok om. cuma sih gak mainstream aja menurut saya. kan cuma cerita tentang penyanyi country gitu. mana mainstreamnya.

    @iin: iya salam kenal juga.

  5. knowing ?? argh ga terlalu gimana2 gw ma tu film , eh a serious man ada yg punya link downloadnya ga ? thanks 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s