New Moon (Vampire tale who wants to be a “Romeo and Juliet” epic)

(*)

Saya mengerti mengapa antrean film ini begitu panjang sampai keluar pintu. Saya mengerti mengapa film ini banyak ditunggu-tunggu oleh penggemar bukunya. Dan, saya juga masih bisa mencoba dengan sekuat tenaga untuk mengerti mengapa para wanita berteriak histeris ketika Edward Cullen muncul pertama kali di layar bioskop (ini beneran lho). Yang saya tidak mengerti mengapa banyak yang menyukai film ini ya?

Sorry to say, film ini masuk dalam daftar film terburuk saya tahun ini bersanding dengan Transformers: Revenge of the Fallen, 2012, dan GI:Joe. Hampir tidak ada yang bisa saya angguki dengan ekspresi senyum tersimpul dari film ini. mulai dari filmnya yang mencoba bermain di wilayah “dark” tapi rasanya tetap “ringan” seringan angin.

Mau bermain di wilayah drama, khususnya percintaan, eh malah jatuhnya kelewat lambat ibarat seorang penyanyi yang membingungkan band pengiringnya karena temponya tiba-tiba dirubah. Belum lagi bagaimana konflik cinta segitiganya yang mengesankan Bella adalah makhluk paling rupawan di seantero dunia yang kesannya malah terlihat menyebalkan dan egois.

Permainan gambarnya pun cenderung konyol. Setiap kali bayangan Edward Cullen muncul, lalu hilang, seolah melihat Dementor sedang mengejar Harry Potter. Efeknya sama persis. Belum lagi di beberapa bagian yang tampil ibarat video klip, liat juga bagaimana di scene menjelang akhir ada adegan Edward Cullen dan Bella lari-lari di hutan, oh my, semua penonton tertawa, mirip adegan video klip, dan lama kelamaan lebih mirip jadi iklannya Anlene saja deh, huahaha. Too many slow motion! Hampir semua adegan action (yang ga action-action amat) pasti disuguhi adegan slow motion, ibarat menonton film-filmnya Zhang Yimou. Nah, kalau Zhang Yimou adegan slow motionnya akan terkesan artistik,  kalau di New Moon, slow motionnya ditempatkan pada beberapa adegan yang kurang tepat. Kadang membuat saya geregetan menontonnya. Dan yang paling penting tidak ada kesan artistiknya sama sekali.

Score dari Alexander Desplat juga tidak mampu menolong kebosanan film ini, meski di beberapa bagian, semakin mellow cerita, semakin mellow rasa strawberry juga scorenya. Untungnya saya sudah mendengarkan album OST film ini yang saya akui memang bagus, jadi bisa menikmati iringan lagu ketika ditempatkan pada beberapa adegan. Albumnya memang terdengar lebih dark dari album sebelumnya. Penyelamat film ini adalah the brilliant Michael Sheen yang berperan sebagai Aro pemimpin Volturi.  Dakota Fanning sayangnya masih terlihat biasa saja. Oh, iya saya tertarik nonton film ini karena pengen lihat acting Anna Kendrick yang berperan sebagai temannya Bella. Ternyata aktingnya cukup menyemarakkan film ini, meski sangat singkat. Tahu Anna Kendrick? Itu loh yang sekarang gencar diprediksi sebagai peraih nominasi Best Supporting Actress di “Up in the Air”. Setidaknya, dari segerombolan bintang muda yang bertebaran di Twilight Saga, ada satu orang yang benar-benar bisa membuktikan kualitas aktingnya.

PS: salam buat serigalanya yang gede-gede itu, kalo saya mah gak takut-takut amat dengan serigala itu. Gak ada bedanya dengan anak anjing yang imut-imut. Huahaha.

Advertisements

3 thoughts on “New Moon (Vampire tale who wants to be a “Romeo and Juliet” epic)

  1. holaaa… emang sih alur film ini agak lama nan pelan… kayak bukunya juga jalan ceritanya lambreta banget… hehehhe ;p tapi setuju deh dengan antrean yang panjangnya ampe dorong dorongan yg gak keruan gak sebanding ama ceritanya yang terkesan biasa aja. terus adegan ‘india’nya edward n bella yang lari2 di hutan, sumpah ‘ngenge’ abis…. ehhehehe ;p salam kenal yaah… kunjungi anu sayaaaa… heeeeee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s