Up : The Pixar legacy goes up, up and away!

(****)

up2

Meski harus menunggu berbulan-bulan lamanya, kalau dikata pohon, pantat ini sudah terasa tumbuh akar saking lamanya bersua di biokop Bali. Akhirnya menonton film ini juga. Karena saya salah satu dari jutaan penggemar studio animasi ini. Seperti yang diduga, Up berhasil membuat hati saya tersentuh luar biasa. Opening film ini merupakan opening dari animasi Pixar terbaik kedua bagi saya, opening terbaik pertama tetap Wall-E dengan begitu masterpiecenya opening film ini dan nampaknya akan sulit terkalahkan. Dan yang ketiga adalah opening Finding Nemo yang juga tak kalah menyentuh.

Secara keseluruhan Up merupakan film Pixar yang terbilang berisi muatan paling ringan dibanding dua film sebelumnya (Ratatoille dan Wall-E), paling punya komedi yang membuat tertawa sepanjang film, dan cerita yang menyentuh. Nampaknya film ini akan masuk dalam daftar 10 Film Terbaik saya untuk tahun ini, meski masih banyak yang akan menggempur, meski nampaknya tidak akan mampu bersanding di posisi puncak (seperti Wall-E tahun kemarin), karena kalau boleh sedikit jujur dan agak membandingkan, oke susah untuk tidak membandingkan dengan karya Pixar lainnya, film ini jauh kalah dengan Wall-E dari segi tema, orisinalitas dan juga plot cerita. Terlebih (kecuali Dug) anjing-anjing yang berbicara itu benar-benar mengganggu saya dan menjadi penyebab mengapa film ini terlihat kurang di mata saya. Dan juga, villainnya yang tampak tidak mengalami perubahan, padahal dia dengan Frederick kan punya jangkauan umur yang jauh sangat, kok bisa tuaan Frederick. Salah satu hal yang membuat logika saya bergidik, karena sebenarnya Pixar selalu mampu membuat logika saya duduk manis di tengah ke-absurd-an yang ditampilkan. Termasuk balon yang mangangkat rumah itu, berhasil membuat logika terdiam, malahan terpukau luar biasa. Hanya masalah usia yang sulit saya hindarkan. My bad.

Baiklah, kita tinggalkan perbandingan dengan sesama Pixar, kalau melihat film ini berdiri sendiri, tanpa melihat track record Pixar, film ini merupakan film yang boleh dibilang great. Banyak tawa, banyak haru, bahkan airmata, dan pula banyak petualangan yang berhasil membuat betah dan terasa sangat pantas membeli tiketnya di bioskop. Itulah mengapa saya memberika skor sempurna. Bahkan teman saya sampai kaget waktu tahu Up semenyentuh ini, padahal dia tidak punya ekspektasi apa-apa.

Overall, karena saya sudah menonton Up, inilah daftar film Pixar yang saya kagumi dari yang “paling” sampai yang “kurang”. Ada perubahan rangking dibanding daftar sebelumnya, meski nomor satunya tidak tergoyahkan. Ini daftar film Pixar favorit (yang sekaligus terbaik) versi Awya Ngobrol.

  1. WALL-E
  2. Ratatouille
  3. Finding Nemo
  4. Up
  5. The Incredibles
  6. Monster Inc.
  7. Toy Story 2
  8. Toy Story
  9. Cars
  10. A Bug’s Life
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s