Toronto International Film Festival: Will come into sight another Slumdog-y surprise this year?

200px-TIFF-2009Masih ingat bagaimana Slumdog Millionaire menggemparkan perfilman Hollywood tahun kemarin? Tidak ada yang tahu, tidak ada yang menduga, tidak ada yang mempredisksi bahwa film underdog ini akan mencetak sejarah mengesankan di perfilman Hollywood. Dan festival film inilah yang pertama kali menggempur judul film ini dan sampai akhirnya menjadi perbincangan begitu keras di insan perfilman sampai pada akhirnya menyapu hampir semua trophy awards bergengsi. Sebelum melihat kejutannya, mari kita simak dulu bagaimana sih festival film ini sebenarnya.

Toronto International Film Festival diselenggarakan setiap bulan September mulai hari Kamis malam dan berlangsung selama sepuluh hari dan memutar sekitar 300-400 film. Tahun ini diselenggarakan dari tanggal 10-19 September. Berdasarkan kedatangan pengunjung, festival ini berada di urutan keenam, setelah festival Cannes, Berlin, Venice, New York, dan Sundance. Tetapi jika dilihat dari daftar film yang ditampilkan, Toronto berada diurutan kedua setelah Cannes untuk menampilkan film-film yang prestisius dan menjadi ajang pemutaran perdana film-film yang akan bersaing di ajang-ajang selanjutnya. Banyak deretan film yang akhirnya sukses di Oscar setelah mendapat “Oscar-Buzz” di festival ini. Festival ini memiliki penghargaan puncak yang dinamakan People’s Choice Award yang merupakan film paling disukai. Film seperti Slumdog Millionaire, Eastern Promises, Hotel Rwanda, Crouching Tiger Hidden Dragon, dan American Beauty adalah film yang memperoleh penghargaan puncak ini. Hoho…. coba saja tiba-tiba saya punya pintu ajaib ala Doraemon dan saya akan berkelana di Toronto. Inilah film-film yang akan ada di daftar wajib tonton saya:

  • Up In The Air (inilah film dark comedy yang membuat Shutter Island di-push untuk release tahun depan, sutradaranya Jason Reitman yang ngetop lewat Juno dan Thank You For Smoking, dan tahukah Anda ternyata film ini mendapat riuh pujian di Telluride Film Festival, bahkan sebuah situs yang sering saya kunjungi memberikan 4 bintang alias perfect score! Nampaknya inilah kuda hitam tahun ini (this year Slumdog?) apalagi dengan nama George Clooney sebagai bintangnya, nampaknya akan berbicara banyak nih.)
  • The Imaginarium of Doctor Parnassus (Terry Gilliam, Starring: Heath Ledger, Collin Farrel, Johny Depp)
  • An Education (Carey Mulligan sudah mencuri hati saya)
  • Precious (sudah jadi perbincangan hangat untuk Oscar)
  • Antichrist (Lars Von Tiers made controversy, wanna see it!)
  • Broken Embraces (Pedro Almodovar with glamorous Penelope Cruz)
  • Bright Star (film saya bulan ini yang sayangnya mendapat kritik negatif)
  • The White Ribbon (Palme d’Or tahun ini!)
  • The Informant! (Is it Matt Damon’s year?)
  • The Road (jungkir balik baca bukunya, tapi reviewnya kok negatif ya?)
  • A Serious Man (trailernya sih paling keren so far, Coen Brothers patut ditunggu)
  • The Men Who Stare at Goats (trailernya paling lucu so far, and George Clooney with Ewan McGregor in it!)
  • Whip It (Debut Drew Barrymore jadi sutradara)
  • Jennifer’s Body (penasaran dengan Diablo Cody, gimana ya skenarionya?)

Masih banyak daftar film yang membuat saya gatal tak sabar menontonnya, hanya saja tak adapun satu film berlabel Indonesia di sana. Padahal ada beberapa yang dari negara tetangga, Thailand, Malasya, dan Philipina. Hm….. sudahlah. Akankah ada film seperti Slumdog Millionaire tahun ini yang bisa mengejutkan insan Hollywood lagi? Semoga saja, karena saya suka kejutan! Namun nampaknya seperti kebanyakan orang yang mengatakan, tahun ini bukanlah tahun seperti tahunnya Slumdog Milllionaire, tetapi seperti tahunnya No Country For Old Men, yaitu film yang sudah menjadi perbincangan nampaknya akan tetap menjadi frontrunner di Oscar. Hm…. semoga tidak boring. Toronto, puhleasse, surprise me!

Dengan dimulainya Festival Film Toronto ini, Awards Season resmi dibuka!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s