Featured Movie of the Month: Bright Star

dert

Bright Star
Director: Jane Campion
Writer: Jane Campion
Starring: Ben Whishaw, Abbie Cornish, Paul Schneider
Running time: 120 minutes
Release date: 18 September 2009 (limited)

Bright Star merupakan film yang disutradarai oleh Jane Campion yang sempat terkenal dengan The Piano-nya tahun 1993 silam dan berhasil mengantarkan film tersebut masuk nominasi film terbaik di Oscar serta dua tokoh utamanya, Holly Hunter dan Anna Paquin meraih Oscar lewat film tersebut. Tahun ini Jane Campion mendapat apresiasi lagi setelah beberapa filmnya pasca The Piano tidak mendapat respon yang begitu baik. Bright Star sebelumnya sudah berlaga di kategori utama Cannes bulan Mei lalu, dan mendapat nominasi bagi sutradaranya untuk kategori Golden Palm. Selain itu Abbie Cornish juga dikatakan bermain bagus dan sudah menjadi diskusi umun di beberapa situs kalau kemungkinan dia bisa saja menjadi nominasi bila juga ditambah dengan kampanye yang baik.

bser

Sinopsis:

Film ini bersetting di Inggris tahun 1818, menceritakan tiga tahun terakhir hidup penyair John Keats. Dikisahkan seorang penyair berusia 23 tahun, John Keats (Ben Whishaw), memiliki hubungan dengan gadis tetangganya, Fanny Brawne (Abbie Cornish). Awalnya mereka tidak saling menyukai, Fanny adalah seorang pelajar fashion yang blak-blakan. Mereka saling tidak menyukai satu sama lain, John berpikir Fanny seorang gadis yang hanya peduli pada fashion. Di lain hal Fanny tidak tertarik dengan puisi. Namun perselingkuhan mereka tumbuh ketika Fanny berusaha menolong saudara John yang sakit dan John akhirnya bersedia mengajarkan Fanny membuat puisi. Namun hubungan cinta mereka tidak berjalan mulus ketika pada akhirnya Ibu Fanny dan teman akrab John, Charles (Tom Schneider) mengetahui hubungan mereka. John Keats juga menderita tuberculosis yang membuat kisah cinta mereka tidak seindah romantisme fairytale.

bsre1

bright

Cerita film ini diangkat dari kisah nyata sang penyair. Tetapi sumber cerita berasal dari 31 pucuk surat yang dipublikasikan Oxford University pada  tahun 1937 yang merupakan surat Fanny Brawne kepada saudara perempuan John yang berisikan betapa cintanya dia kepada John Keats. Judul film ini berasal dari salah satu soneta karya John Keats, Bright star, would I were steadfast as thou art.

John Keatsneh

fannybrawne

ben

Bright Star.mp4

paul

Dari trailernya, kelihatan film ini memiliki pakem film dengan latar belakang Victorian Age yang biasanya merupakan tema film yang lumayan bisa saya nikmati. Lengkap dengan busananya yang otentik dan gaya bertuturnya yang santun (maklum anak sastra, Victorian Age makanan saya di kampus sih, lol). Biasanya jika melihat sebuah cerita yang sudah kita ketahui kisahnya, hal yang diharapkan adalah bagaimana ceritanya dikemas. Nampaknya film ini akan menampilkan warna-warna alam yang indah dan segar. Sebelumnya lihat juga clip tiga menit dari potongan beberapa scene film ini yang diambil dari screening-nya di Cannes Film Festival bulan Mei lalu.

Look up the trailer!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s