Public Enemies: I Liked It!

(****)

public_enemies1

Secara mengejutkan saya menyukai film ini terlepas dari sebagian orang yang menganggap film ini tidak begitu memuaskan. Saya puas dan saya terhibur sekali menonton film ini. Sebuah film dengan aspek yang lengkap. Aksi, romantisme, drama, sekelumit komedi, secara mengejutkan ditampilkan dengan begitu apik.

Johnny Depp seperti biasa tampil dengan akting prima, tidak perlu diragukan lagi dengan aktor serba bisa ini. Apapun akan ditampilkan dengan maksimal. Christian Bale dengan porsi peran yang “mewah” sebagai FBI yang memimpin penangkapan John Dillinger seharusnya mampu tampil meyakinkan, namun masih tampil biasa saja. Entah mengapa dari berbagai filmnya yang saya tonton saya belum pernah terkesima dengan aktor ini. Karena biasanya dia selalu tampil ditutupi oleh akting lawan mainnya, coba pertimbangnkan The Dark Knight atau Terminator Salvation. Carey Mulligan tampil hanya satu scene and I want more! Dan pujian tertinggi saya sematkan pada Marion Cottilard!  Penampilannya luar biasa dan mengimbangi Johnny Depp dengan begitu pas. Terlebih pada scene ketika dia diinterogasi pihak FBI, brilliant!

Kamera digital yang digunakan untuk membuat film ini cukup ampuh membuat saya terbawa dalam ketegangan dari film ini yang coba ditampilkan dari awal film. Dalam konsep klise, tak ada gading yang tak retak, tentulah ada sesuatu yang mengganjal. Terutama tentang asal-usul John Dillinger yang tidak diceritakan dengan begitu lengkap sehingga akan membingungkan orang yang menontonnya kalau tidak tahu kisah perampok ini. Pada suatu kondisi bagi yang tahu kisah tokoh utamanya dan cerita kematiannya, tinggal mengikuti saja. karena itulah saya menyukai film ini. Terlebih dengan penggambaran tahun 30-an yang pas dan tampil elegan. Seperti biasa tampilan kuno dan klasik seperti ini selalu mencuri hati saya. Well, Public Enemies meski nampaknya sulit meraih simpati di ajang Oscar nanti, tapi nampaknya masih ada kesempatan untuk Sinematografi atau Art Direction dari film ini atau mungkin Marion Cottilard? Kita lihat saja nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s