10 Best Young Actresses (to Grasp Oscar in the Future)

Ada daftar menarik yang ditampilkan oleh Sasha Stone dari Awardsdaily yang membuka daftar 10 aktris muda berbakat saat ini yang nampaknya mampu menggondol Oscar di masa depan. Stone memilih Carey Mulligan di peringkat pertama karena dia sudah menonton filmnya (An Education) dan yakin akting aktris muda ini Oscar-worthy. Yang agak membuat saya sedikit tidak setuju adalah dicampurnya Rachel McAdams dan Amy Adams di dalam daftar. Mereka sudah di atas tiga puluh tahun. Mungkin banyak yang keliru mengira Amy masih dibawah 30 padahal dia sudah 34 tahun. Nampak lebih muda dari umurnya. Bahkan dia lebih tua dari Kate Winslet.

They didn’t convince me

Saya iseng-iseng membuat daftar pilihan saya sebagai aktris yang punya potensi menyandang gelar peraih Oscar di beberapa tahun ke depan. Sorry to say, bagi penggemar Ellen Page, saya tidak memasukkan namanya. Sejauh saya belum terkesan, bahkan Juno sekalipun saya masih meragukan nominasinya yang dia dapat. Not her fan, anyway. Begitu pun juga dengan Scarlett Johansson, saya berharap dia bisa masuk, hanya saja kalau hafal semua filmnya, pasti tahu kenapa saya tidak memasukkannya. Kalau ada yang bilang dia di Lost in Translation layak masuk Oscar, saya kurang setuju. Coba liat aktingnya di Vicky Cristina Barcelona, He’s Just Not That Into You, The Island, The Nanny Diaries, semuanya sama. Gitu-gitu mulu. Bahkan akting terbaiknya bagi saya di Match Point yang saya anggap paling baik tetap juga dengan formula ekspresi yang sama, meski untuk setengah film terakhir emosinya tampil dengan baik yang membuat saya menobatkan ini akting terbaiknya. Kelak, kalau dia mau ambil resiko dengan peran yang lebih berani (bukan penggoda suami orang mulu) nampaknya dia bisa saja dipuja puji.

Juri suka peran seperti ini: istri yang ditinggal selingkuh suami, drug addict, psikopat, peran biopik, skandal, rela naik berat badan demi peran, rela tampil jelek, pelacur, pembunuh, and here it goes, Oscar menanti.

Jessica Alba, Jessica Biel, and Megan Fox tidak ada di list ini, kecuali list ini berjudul The Hottie blah blah blah, mereka nampaknya ada di nomor terdepan. Megan Fox yang dianggap sebagai Angelina Jolie wanna be masih jauh tuh.

Untuk list ini saya ciutkan menjadi aktris 30 tahun ke bawah saja. Sebagai perbandingan simak juga daftar The Movie Fanatic yang memuat 50 Hottest Young Actresses yang mana list ini biasanya selalu diupdate tiap tahunnya, dengan untuk saat ini diisi Saorsie Ronan di peringkat pertama.

Ini dia daftar 10 aktris muda terbaik saat ini versi saya, (in my humble opinion):

10. Zooey Deschanel (29)

zooey-deschanel1.xlargerAnyone disagree with me? Just don’t get mad OK. Nama yang cantik selaras dengan wajahnya yang rupawan juga. Bukan karena perkara cantik yang membuat saya tertarik dengan aktris ini. Tapi karena kejeliannya memilih film berbujet rendah tapi punya kualitas. Almost Famous adalah pertama kalinya saya mengenal aktris ini. Cukup meyakinkan. Dan terakhir saya lihat dia bermain singkat di The Assassination of Jesse James by the Coward Robert Ford (my best 2007’s film). Dia cantik, kalau berani mengambil peran berisiko dan menanggalkan kecantikannya seperti Charlize Theron, dan bermain apik, kritik akan dengan tangan terbuka menyambut gempita. Jadi tak sabar menonton (500) Days of Summer neh.

9. Emily Blunt (26)

emilyblunt1Ada dua orang yang dipuji dari The Devil Wears Prada selain Meryl Streep, yaitu Emily Blunt dengan perannya sebagai asisten yang obsessed dengan Paris. Tak banyak film yang saya tonton, selain The Jane Austen Books Club yang meyakinkan saya bahwa dia aktris berbakat.

8. Abbie Cornish (27)

abbie-cornisSiapa aktris ini? saya hampir melupakan namanya kalau saja buzz film “Bright Star” yang dia miliki tidak berhembus dengan kencang. Selain prediksi orang yang sudah memberikannya tempat sebagai salah satu nominasi Best Actress tahun depan, apalagi didukung oleh Jane Campion sebagai sutradara, nampaknya dia bisa saja menjadi kenyataan untuk masuk nominasi. Penampilannya di Elizabeth: the Golden Age juga cukup berkesan.

7. Rinko Kikuchi (28)

Rinko KikuchiKenapa saya memasukkan nama aktris Jepang ini? Well, bukan karena saya maksa supaya aktris asia berhak diakui, tapi karena aktris ini memang layak untuk diperhitungkan, meski Oscar agak susah memenangkan aktris berwarna (kulit). Dia adalah aktris Jepang  pertama yang dinominasikan di Oscar sejak 50 tahun lalu. Sebelumnya Miyoshi Umeki masuk Oscar  tahun 1957 lalu, bahkan menang lewat film Sayonara. Babel adalah bentuk eksistensi Kikuchi sebagai aktris berbakat. Malah saya yakin aktingnya lebih bagus daripada Jennifer Hudson (yg juga lumayan tp tidak fair karena dia seharusnya jadi lead). Nantikan filmnya Shanghai yang tidak lama lagi akan dirilis.

6. Natalie Portman (28)

natalie-portmanqPadme Amidala adalah perannya yang paling familiar bagi kebanyakan orang. Tapi dia diakui karena perannya sebagai Alice di Closer yang berani. Sebagai penari striptease yang pas tak heran Golden Globes berhasil dibawanya pulang. Meski harus mengalah dengan Rachel Weisz di Oscar. Sayangnya karirnya agak naik turun. Setelah biasa saja di The Other Boleyn Girl atau My Blueberry Nights, tahun ini patut disimak film Brothers-nya yang rilis Desember nanti.

5. Saorsie Ronan (15)

SaoirseRonanPertama dia tampil sebagai gadis yang menyebalkan di Atonement yang membuatnya disukai para kritikus. Banyak yang bilang dia the next Kate Winslet. Tahun ini tampil di The Lovely Bones-nya Peter Jackson. Jika dia berhasil masuk nominasi tahun ini dia akan menjadi aktris termuda yang masuk nominasi dua kali, dan bayangkan dia masih 15 tahun! Menarik melihatnya di kancah Oscar, meski biasanya kalau terlalu muda sulit dilirik Oscar, kecuali aktingnya memang wow.

4. Carey Mulligan (24)

careyqUmurnya baru 24 tahun, tapi nampaknya punya prospek cerah setelah melimpahnya pujian atas aktingnya di An Education dan langsung menempatkannya sebagai lawan kuat Meryl Streep (Julie & Julia) di prediksi awal. Sebagai Kitty Bennet di Pride and Prejudice cukup membawanya untuk dikenal orang, meski perannya kecil. Tahun ini dia juga tampil di Public Enemies sebagai Carole dan di Brothers sebagai pendukung bertemu Natalie Portman, Jake Gyllenhall dan Jerry Maguire.

3. Michelle Williams (28)

michelle-williams-2Dulu banyak yang tidak menyangka aktris yang bukan apa-apa selain seorang bintang tv series Dawson Creek (serial favorit waktu smp neh) akan jadi aktris kategori A-list. Maka di tangan Ang Lee aktris ini menjelma dari aktris kelas B menjadi kelas A yang dipuja puji. Liat juga dia di Wendy and Lucy. Atau tunggu Shutter Island di bawah arahan Scorsese beberapa bulan lagi.

2. Anne Hathaway (26)

Anne-HathawaySebelumnya, Anne Hathaway masih cukup meragukan apakah dia serius mau menjadi aktris yang berkualitas apa tidak, karena setelah main bagus di Brokeback Mountain dia kembali mengambil film-film komersil  yang jauh dari pujian. Rachel Getting Married adalah awal bentuk keseriusannya. Apalagi setelah dia akan memerankan biopik Judy Garland yang belum jelas kapan dirilis. Saya rasa lewat peran Judy Garland kalau dia bisa memerankannya dengan pas, terlebih wow, apalagi dia bisa nyanyi, Oscarnya silakan diambil deh, Mbak.

1. Keira Knightly (24)

Si Elizabeth Swann dalam trilogy Pirate ini, langsung mencuri perhatian keira_knightleysetelah Bend It Like Beckham yang melambungkan namanya. Nominasi pertamanya muncul lewat permainannya yang manis di Pride and Prejudice. Sebagai pembaca bukunya Jane Austen, bagi saya dialah pemeran Elizabeth Bennet paling pas. Entah mengapa saya punya ramalan dia akan langganan nominasi Oscar, hanya menunggu waktu yang tepat untuk memajang Oscarnya di rumahnya sendiri. Masih banyak waktu untuk aktris ini. Dia masih 24 tahun. Permasalahannya dia selalu memainkan peran yang setipe. Liat saja setelah Pride and Prejudice, Atonement, Silk, The Duchess, The Edge of Love, hampir punya tipikal peran yang sama. Namun, untuk film ke depan Last Night yang akan rilis tahun ini namun belum ada tanggal pasti rilisnya, dia berperan sebagai istri yang suaminya selingkuh. Semoga cukup memukau, meski nampaknya kecil kans untuk masuk nominasi lagi tahun ini.

Honorable Mention: Abigail Breslin, Dakota Fanning, Keisha Castle Hughes


Oscar Loves the New Face

Well, hanya saja agak sulit untuk meyakinkan sepuluh diantara mereka akan membawa pulang Oscar dalam waktu dekat apalagi dibawah umur 30 tahun. Sejauh ini Halle Berry yang paling muda meraih Best Actress di usianya yang 28 tahun. Tapi Berry terkenal tidak konsisten dan hanya one-hit-wonder saja. Yang pernah nonton Catwowan pasti bisa menilai, how awful that garbage movie. Tidak heran Razzie ada di tangannya.  Bisa saja diantara sepuluh orang ini tidak pernah meraih Oscar sekalipun. Bisa saja diantara mereka menjadi penerus Julianne Moore, Joan Allen, Michelle Preiffer, atau Laura Linney yang langganan masuk Oscar tapi belum sekalipun mendapat Oscar. Atau bisa saja diantara mereka muncul sebagai The Goddess Meryl Streep, meski kandidatnya sudah ada di tangan Kate Winslet.

Seperti apa yang dikatakan Sasha Stone, Oscar adalah anugerah yang diberikan kepada penampilan terbaik, di waktu yang tepat, di momen yang tepat, bukan karena siapa aktrisnya. Tapi sejarah membuktikan bahwa Julia Roberts, Nicole Kidman, Penelope Cruz, Reese Witherspoon, adalah sederet aktris yang diakui sebagai siapa aktris yang memerankannya. Mereka terkenal, dan mereka akan dipuji ketika muncul dengan akting gemilang. Dan jangan heran kalau muncul aktris-aktris baru yang mendepak mereka nanti. Siapa sih yang kenal dengan Hilary Swank sebelum Oscar pertamanya lewat Boys Don’t Cry? Siapa sih yang yakin model cantik sekelas Charlize Theron bisa akting kalau bukan karena perannya di Monster yang monumental? Oscar suka wajah baru. Wajah baru yang tidak asal baru, tapi berisi dan menawan. Dalam dekade ini dari delapan pemenang Best Actress, empat diantaranya wajah baru yang baru pertama kali masuk nominasi dan langsung menang. Sebut saja Halle Berry, Reese Witherspoon, Charlize Theron, dan terakhir Marion Cottilard. Untung kategori Supporting juga sama dari delapan pemenang empat diantaranya wajah baru yang baru pertama kali masuk nominasi, Jennifer Hudson, Tilda Swinton, Rachel Weizs, Chaterine Zeta Jones. Mereka memang tampil menawan. Untuk sepuluh tahun kedepan, kita lihat apakah sepuluh aktris muda yang punya potensi ini berhasil menggengam Oscar. Nampaknya akan banyak pula Cottilard2 baru yang lebih dulu memenangkannya.

Anyway, jadi lapar pengen membuat list untuk daftar 10 aktor muda terbaik juga neh. Nampaknya setelah meninggalnya Heath Ledger persaingan makin seru karena posisi nomor satunya sulit ditebak. Selain itu agak sulit untuk membuat listnya karena sedikit sekali aktor yang lumayan memukau di bawah umur 30 tahun. I’ll tell you my complete list next, if I had finished it, okay.

So, siapa pilihan kamu untuk aktris muda terbaik sejauh ini?

Advertisements

2 thoughts on “10 Best Young Actresses (to Grasp Oscar in the Future)

  1. Nice list. Aku menunggu Anne Hathaway,Michelle Williams dan Kristen Dunst bisa gaet Oscar kedepannya, meski nama yang terakhir lagi tenggelam, tapi tetep yakin bakal bangkit. Rachel Mc Adams dan Evan Rachel Wood juga bisa mengancam lho dan menunggu kejutan dari aktris muda berkulit hitam (entah siapa).
    Kalo cowok, nama kayak Channing Tatum, Joseph Gordon, patut dipertimbangkan. Tapi kayaknya mereka bakalan masuk bursa Oscar setelah Matt Damon, Will Smith,Tom Cruise, Jhonny Depp dan laen-laen dapet Oscar. Harus bersabar antrenya hehehe,,,
    Tau gak aktor yang paling aku harapkan dapet Oscar? JACK BLACK!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s