Tahun Depan Oscar Akan Menominasikan 10 Film sebagai Best Picture!!

“What??? wait… wait… wait… HHHHuwhatttttt?????”

WHAT???!!! Gila langsung kaget luar biasa waktu liat info ini di incontention, OMG, what the hell is out there??? Kenapa jadi berubah ke 10 nominasi nih…. Are you joking academy???

oscarHohoho…. I mean you noticed it or not it has been The Dark Knight and Wall-E legacy. Maksudnya, masih ingat sewaktu The Dark Knight dan WALL-E yang digadang-gadang sebagai kandidat kuat “penghancur” tradisi Oscar menjadi nominasi Best Picture sebelum nominasinya diumumkan, yaitu film adaptasi komik pertama yang masuk nominasi dan film kartun kedua yang masuk nominasi, para kritikus koor setuju dua film ini akan membuka sejarah baru di Oscar, but hasilnya… hohoho… Oscar masih “angkuh” ternyata dengan film-film yang seperti ini dalam kadar penilaiannya. Nah, setelah nominasi diumumkan, wow, hampir semua media memberitakan tentang kegagalan The Dark Knight dan WALL-E sebagai legitimasi bahwa Oscar masih kaku untuk menilai film yang baik itu harus selalu berada pada pakem drama yang katanya berbobot.

Some might argue that The Dark Knight is one of so overrated movie of the year. Oh, really? What kind of overrated thing it has gotten? Just because it well-discussed and well-deserved by fanboys, it doesn’t mean the movie overrated, does it? And when critics praised it, and oh ho ho… how could it be overrated anyway? So does WALL-E, just because it becomes the most listed  movie in top ten list, it doesn’t mean it also overrated, but it is great, yeah it is great, or let me clear it up, a great movie is a great movie, whatsoever they are, it will be great!

So, sekarang buktinya, Sid Ganis, si presiden AMPAS (anggota Oscar), dalam press conference-nya mengatakan kalau dengan adanya sepuluh nominasi ini membuktikan bahwa pihak AMPAS menghargai film-film lain yang memang layak menjadi film terbaik di tahunnya, namun tidak mendapatkan tempat di kategori paling prestis. So, it’s kinda ridiculous in some points. You might experience that next year, it’s not just like Best Picture nominee, but also, unofficially unveil “Academy Awards’ Top Ten Films of the Year”. Lol. Seperti pilihan top ten para kritikus, tapi yang ini versi Oscar. So, whatcha think? Well, rada setuju dan juga gak setuju. Gak setujunya karena 10 itu terlalu banyak. Jadi kalau dianalisis, dalam satu kondisi bisa saja setiap film punya kesempatan vote 10%. Analoginya, jika misalnya dalam 10 nominasi yang ketat, sebuah film bisa saja menang hanya dengan jumlah suara 11%. Jadi kasarnya, ada 8 film yg dapet vote 10%, satu dapet 9 %, dan yang dapet 11% dari juri bisa keluar jadi Best Picture. Only 11% loves from juries? Well, a bit weird for me. Yah, tapi itu kan cuma analogi, tapi kalau sebuah film emang sudah disukai juri sedangkan nominasi lainnya ibarat pelengkap, bisa saja dapat vote lebih dari lima puluh persen.

Setujunya adalah, Oscar mengakui bahwa kadang lima film yang terpilih itu tidak selalu yang terbaik kok dari yang tidak masuk nominasi. Jadi dengan sepuluh nominasi yang ada setidaknya kita bisa melihat bahwa ada sepuluh film yang bisa dikategorikan terbaik tiap tahunnya. Bayangkan saja tahun 2009 ini saja ada 17.000-an lebih film yang akan dirilis. Masak cuma 5 film aja yang dipilih?

Sid Ganis mengucapkan bahwa ini membuka kesempatan bagi banyak film dari berbagai genre untuk masuk ke dalam nominee, termasuk film asing, animated feature, documentary, atau bahkan comedy! Well, apakah ini response dari tidak masuknya The Dark Knight atau WALL-E, dan Academy ingin memperbaiki image mereka di mata publik? Sepertinya.

Btw, ini bukan pertama kalinya dalam sejarah, tahun 1931-1943 Oscar menominasikan film lebih dari lima. Apakah nanti daftar nominasinya kurang eksklusif kalo melebar jadi 10 dan yang menang bisa aja kacangan? Bisa dibilang tidak. Liat saja, Casablanca, Gone With The Wind, dan It Happened One Night adalah contoh dari jawara Best Picture dengan 10 nominasi.

Well, sampai pada tulisan yang ini, aku masih tidak percaya dengan pengumuman ini. Habisnya setelah hampir lebih dari 6 dekade, trus kita harus kembali lagi ke pakem awal, sedikit membingungkan. Tapi sekedar untuk menghibur diri, entah ide ini gila atau bagus, belum tahu hasilnya sebelum melihat perhelatannya tahun depan dan list nominee-nya.

Buat fun, ini personal taste, lima tambahan untuk nominee best picture yang kemarin:

1. Slumdog Millionaire

2. The Curious Case of Benjamin Button

3. Milk

4. The Reader

5. Frost/Nixon

Lima tambahan

6. WALL-E

7. The Dark Knight

8. The Wrestler

9. Revolutionary Road

10. Doubt

Prediksi awal adalah UP sudah pasti masuk nominasi best picture tahun depan.  Ato liat siapa saja yang akan muncul tahun depan di list nominee:

Pedro Almodóvar’s “Broken Embraces”
Kathryn Bigelow’s “The Hurt Locker”
James Cameron’s “Avatar”
Jane Campion’s “Bright Star”
Lee Daniels’ “Precious”
Clint Eastwood’s “Invictus”
Alejandro Gonzales Iñarritu’s “Biutiful”
Peter Jackson’s “The Lovely Bones”
Rob Marshall’s “Nine”
Hayao Miyazaki’s “Ponyo”
Martin Scorsese’s “Shutter Island”

Fuih, sampai di kalimat terakhir ini masih tidak percaya dengan keputusan ini. 10 nominees? You gotta be joking? But, oh man, it really is…

Advertisements

3 thoughts on “Tahun Depan Oscar Akan Menominasikan 10 Film sebagai Best Picture!!

  1. iya seneng gak seneng sih. awalnya mikir bakal gak eksklusif, tapi setealah baca banyak artikel… kayaknya sepuluh cukup menarik juga, hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s