10 Best Female Performances in Films of 2008

“From a selfish drug -addict to hilarious woman on earth”

They are just wonderful!

Kalau beberapa hari yang lalu sempet nge-post 10 best male performances in films of 2008, sekarang giliran yang ceweknya nih.

Oscar menobatkan peran Kate Winslet di The Reader sebagai yang terbaik Februari lalu. Golden Globes memilih Kate Winslet di Revolutionary Road sebagai yang terbaik. BAFTA memilih Kate Winslet sebagai Aktris terbaik juga lewat The Reader, sedangkan Screen Actors Guild Awards memilih Meryl Streep sebagai yang terbaik, sebaliknya BFFC memilih Anne Hathaway dan Meryl Streep sebagai aktris terbaik. Boleh dibilang kelima ajang itu adalah ajang perfilman terbesar di jagad Hollywood, termasuk BAFTA juga yang aslinya Oscar-nya Inggris. Kalau rajin mengikuti perkembangan Oscar tahun kemarin dari awal, sebenarnya persaingan di kategori leading role memang sengit, Kate Winslet memang memimpin dengan dua film yang sama-sama bagus, Meryl Streep dan Anne Hathaway memang juga favorit juara. Kemudian sebenarnya kandidat pelengkap lima besarnya di Oscar banyak orang memperkirakan akan diisi Kristin Scott Thomas dan Sally Hawkins, tetapi memang Melissa Leo dan Angelina Jolie lebih punya hoki rasanya. Sedangkan di kategori supporting ada Viola Davis, Penelope Cruz, dan Kate Winslet yang awalnya perannya di The Reader di-push supporting, bersaing ketat. And well, tak perlu bersusah payah menuruti kehendak Oscar, soalnya yang menang Oscar belum tentu yang terbaik kok (kadang-kadang). Siapa bilang Reese Witherspoon lebih baik daripada Felicity Huffman tahun 2005 lalu? Siapa pula yg tidak yakin kalau Ellen Burstyn lebih bagus ketimbang Julia Roberts tahun 2000 lalu? Dan sekedar informasi mereka malah masuk 10 worst best actress winners versi seorang kritikus, dimana Julia diurutan kedua dan Reese diurutan keempat. Sebenarnya Oscar pun cenderung memilih yang mereka sukai. Jadi nggak heran yang punya popularitas kadang lebih cenderung menang. Yah, yang milih juga manusia. Tapi tak perlu pusing-pusing, 10 aktris cantik ini memiliki penampilan terbaik yang pernah ada tahun kemarin. Both for leading and supporting.

So, here the list for 10 best female performances in film of 2008:

10. Nicole Kidman (Australia)

kidman_australiaEfek kekecewaan banyak orang atas gagalnya Austalia menghadirkan sisi masterpiecenya, ternyata tidak menyurutkan niatku untuk mencintai karakter Lady Catherine yang diperankan Nicole Kidman. Dia lucu, manis, dermawan dan juga romantis, ditampilkan oleh Kidman dengan baik sekali. Meski tidak sesulit peran Virginia Woolf di The Hours yang diperankannya dengan bagus sekali, tetap saja karakter Lady Catherine sulit untuk dilupakan.

9. Amy Adams (Doubt)

AdamsAmy_Doubt.previewKalau banyak yang bilang Viola Davis lebih bagus di Doubt, aku sih pikir Amy Adams juga gak kalah jauh kok. Dengan karakternya yang manis, berlawanan dengan karakter yang diperankan Meryl Streep yang keras, berhasil memberikan kontras dari dua sisi wanita. Nampaknya Adams, bisa menjadi aktris yang makin cemerlang di tahun-tahun ke depan. Setelah beradu acting dengan seniornya, tahun ini film terbarunya Julie & Julia akan menemukannya dengan Meryl Streep lagi, meski mereka sama sekali tidak pernah berada di satu scene. Film yang patut ditunggu.

8. Angelina Jolie (Changeling)

Film Review Changelin_Gord-thumbAktris ini akhirnya bersanding dengan pasangannya, Brad Pitt, yang sama-sama masuk nominasi Oscar di tahun yang sama. Kalau tidak salah dia pasangan ke-8 yang berhasil masuk nominasi Oscar dalam kategori Leading Role di tahun yang sama. Dengan bantuan Clint Eastwood, acting Jolie terarah dengan sangat bagus sekali. Seolah dialah si Christine Collins sebenarnya. Meski banyak yang beranggapan nominasinya di Oscar cuma sebagai “pelengkap”, ah tidak sebegitunya juga kok. Patut lah diakui sebagai yang terbaik.

7. Cate Blanchet  (The Curious Case of Benjamin Button)

43809753Sebagai Daisy, Cate berhasil menampilkan sisi wanita yang terlihat tegar dibalik kerapuhan yang dialaminya sebagai kekasih Benjamin. Ini merupakan salah satu acting terbaik yang dia lakukan, meski nampaknya belum cukup menarik simpati juri Oscar dan ajang-ajang lainnya.

6. Penelope Cruz (Vicky Cristina Barcelona)

penelope-cruz-vicky-cristina-barcelonaApa sih yang menarik dari Vicky Cristina Barcelona? Tak lain dan tak bukan adalah adanya karakter Maria Elena yang diperankan Cruz dengan ciamik. Karakter pemberontak yang diperankannya akhirnya berhasil membawa pulang piala Oscar.

5. Anne Hathaway (Rachel Getting Married)

rachel-gettingmarried08-09-26Betapa senangnya ternyata Anne bisa menghilangkan image aktris pop menjadi aktris jajaran acting berkualitas. Sebenarnya sudah mulai tertarik kalau aktris ini memang punya bakat sewaktu melihat dia di Brokeback Mountain. Namun sayangnya tertutup oleh buzz-nya Michelle Williams waktu itu. Dan sekarang akhirnya dia membuktikan kalau dia patut diperhitungkan. Memerankan Kym, si drug addict, perokok, dan wanita egois dengan sangat baik sekali. Anne boleh jadi kalau tetap konsisten, bisa menjadi aktris besar di tahun-tahun ke depan.

4. Kate Winslet (The Reader)

1250059389_11234375982Tahun 2008 adalah tahun keemasan wanita ini. Setelah menyabet dua piala Golden Globe, dan akhirnya Oscar untuk pertama kalinya setelah mendapat nominasinya yang keenam (memegang rekor sebagai aktris termuda yang mendapat nominasi sebanyak enam kali). Sebagai wanita yang menyimpan rahasia tersembunyi, sebenarnya Kate berhasil untuk membuat banyak orang bersimpati pada kaum Nazi. Selain itu aktingnya sebagai wanita yang menyembunyikan rahasianya dan lebih memilih untuk dipenjara benar-benar memukau. Di film ini dia pun berani menanggalkan pakaiannya untuk tampil polos, dan membuat orang menyimak organ-organ vitalnya. Yah meskipun sempat juga di Little Children. Dan tak heran Oscar kini ada ditangannya, disamping kualitas actingnya benar-benar bagus, juri Oscar memang suka aktris yang mau tampil jelek dan juga berani.

3. Sally Hawkins (Happy-Go-Lucky)

svHAWKINS-420x0Sekedar informasi, sebelum nominasi Oscar muncul, sebenarnya Hawkins adalah kandidat kuat untuk meraih nominasi bahkan memenangkannya. Bahkan ketika namanya tidak masuk, banyak yang protes, karena acting Hawkins lebih memorable dibanding nominasi lainnya. Ternyata, tidak masuknya Hawkins gosipnya karena pihak studio tidak mengirimkan filmnya ke juri sampai akhir penilaian. Well, tetap saja Poppy yang diperankannya membekas di hati semua orang. Kapan lagi melihat karakter seperti ini yang diperankan dengan sangat alami oleh aktrisnya. Karakter yang menyegarkan.

2. Meryl Steep (Doubt)

meryl_streep_stars_in_doubt__1002033883Siapa yang tak kenal aktris yang satu ini. Meski karakternya di sini mengingatkan dengan Miranda Priestly ( The Devil Wears Prada) yang dingin dan juga menakutkan, tetap saja aktingnya menyimpan kesan kuat dan riil. Adegan ketika dia bersitegang dengan Father Flynn, wuih, benar-benar sempurna. Kalau saja Kate Winslet tidak jadi favorit juara, Streep pasti membawa pulang Oscar ketiganya.

1. Kate Winslet (Revolutionary Road)

WinsletKate_RevolutionaryRoad.preview

Entah mengapa aku merasa bahwa akting Kate di sini lebih bagus ketimbang aktingnya di The Reader. Dan memang banyak juga yang mengatakan kalau Kate lebih cocok menang Oscar di film ini daripada di The Reader. Andai saja rule nominasi Oscar mengijinkan double nomination di satu kategori, jelas perannya di sini juga akan masuk nominasi. Pihak AMPAS (anggota/juri Oscar) memang banyak dikritisi karena ketidaktepatannya dalam menominasikan beberapa peran. Contoh misalnya Leonardo Dicaprio yang jelas lebih banyak orang mengatakan bermain bagus di The Departed tapi malah masuk di Blood Diamond meski aktingnya memang juga bagus disitu. Mungkin pihak AMPAS lebih suka actor yang mampu memerankan peran yang punya aksen berbeda. Leonardo Dicaprio berhasil berbicara dengan aksen African English yang memang susah dipelajari dengan sempurna, dan Kate Winslet, berhasil berbicara dengan aksen Jermannya dengan sempurna juga. Hmm… tak tahulah. Menurutku aktingnya di sini lebih bagus setingkat. Berperan sebagai April Wheeler, ada yang memikat dan spektakuler sewaktu adegan diamnya, ketakutannya, tangannya yang gemetar pas adegan breakfast, dan juga tatapan kosongnya sewaktu akan aborsi. TOP ABESSS! Tak heran kalo Harvey Weinsten sampai mengkampanyekan peran Kate di The Reader menjadi supporting, karena takut bentrok dengan perannya Kate di sini, meski pada akhirnya perannya di The Reader lebih diterima pihak Oscar, termasuk filmnya juga tanpa dugaan masuk nominasi Best Picture yang akhirnya mendapat cercaan. Well, ini Oscar, man! Kampanye itu perlu!  Tapi lumayanlah, peran Kate di sini diakui juga oleh Golden Globe yang menobatkannya sebagai Best Actress di sini.

Honorable Mention:

Samantha Morton (Synecdoche, New York), Taraji P. Henson (The Curious Case of Benjamin Button)

Well, itu dia pilihanku. Wah, tahun 2009 ini makin sengit gak ya?

NB: aku belum nonton I’ve Loved You So Long, jadi Kristin Scott Thomas gak masuk daftar, meski rasanya aku yakin kalau dia pasti masuk daftar ini, liat trailernya aja, wuih udah keren banget aktingnya. Dan juga belum nonton Frozen River, jadi Mellissa Leo sayang sekali belum tahu seberapa bagus aktingnya.

Advertisements

5 thoughts on “10 Best Female Performances in Films of 2008

  1. @gilasinema: iya mas emang komikal banget. sebenernya pilihan yg subjektif karena saya penggemar cewek ini hehehe. berhubung juga saya juga suka filmnya…

    @iyem: ok tos!! emang kate gak ada matinya…

  2. 1. kate winslet = the reader
    2. meryl streep = doubt
    3. anne hathaway = rachel getting married
    4. kate winslet = revolutionary road
    5. angelina = changeling…

    that’s my fav

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s