4 Months, 3 Weeks, and 2 Days

(****)

“Quirky cinematic experince,

it’s like you involved in the movie”

Sebenernya aku tertarik untuk menonton film ini karena meraih Palme d’Or di Cannes dua tahun lalu. Terlebih setelah Cannes tahun ini baru saja berakhir, dan semakin bikin eager untuk menonton film-film kelas festival ini. 200px-4months3weeks2days_posterSebenarnya sewaktu Festival Film Prancis beberapa waktu lalu, ingin sekali menonton The Class, sampai sudah bela-belain sewaktu tahu akan singgah di Bali, mengajak teman-teman kampus untuk ikut nonton. Eh, tahunya setelah datang ke Alliance Françoise yang mengurus masalah tiket, film The Class ternyata tidak diputar di Bali, yang ada hanya film-film kelas B yang meskipun gratis, tetap tidak ada yang menarik perhatian. Akhirnya batal nonton. Parahnya temanku yang datang untuk menonton salah satu film, mengalami hal yang menggelikan, ternyata pihak bioskop menyensor adegan dengan sangat “kasar”. Maksudnya, menutup proyektor dengan kertas, lalu menyingkirkan kertas ketika adegan bernuansa porno berakhir. Hahahaha. It got me laugh all the time, fortunate because I wasn’t into that silly moment.

Film ini bercerita tentang dua orang roommate yang mengalami lika-liku dalam melakukan illegal abortion yang pada saat itu di Rumania yang dipimpin oleh komunis, aborsi dilarang. Film ini berseting tahun 1987. Otellia, seorang mahasiswa politeknik berencana untuk membantu temannya, Gabriela,  untuk melakukan aborsi. Berbagai cara dilakukan Otellia untuk mendapatkan uang. Mulai dari barter sabun dsd dengan teman-teman tetangganya. Meminjam uang dari pacarnya. Sampai akhirnya mereka berdua menjual tubuhnya ke orang yang ironisnya adalah orang yang melalukan aborsi itu.

Keistimewaan film ini terletak pada kenaturalannya dalam bercerita. Seolah-olah kita terlibat dalam proses apa yang dialami oleh Ottelia dan Gabriela. Dialog-dialog yang hadir pun terlontar dengan sangat alami seolah kita sedang menyaksikan orang sedang mengobrol di depan kita, tanpa sadar bahwa ada kamera dan orang yang bertindak men-set mereka. Mungkin, materi yang disampaikan, khususnya bagi penonton Indonesia agak sedikit sensitif, karena materi aborsi yang dihadirkan sebagai sentral cerita. Di Rumania, mungkin sekarang aborsi sudah dilegalkan dengan pertimbangan yang beralasan. Sedangkan di negeri kita masih menjadi perdebatan, meski undang-undang tentang aborsi sudah muncul dengan berbagai prasyarat yang telah ditentukan. Sebenarnya, bagi yang tidak terlalu suka dengan film-film kelas festival dan terbiasa dengan film Hollywood yang biasanya punya aspek “bombastis”, film ini bisa jadi sedikit membosankan. Terlebih yang tidak menyukai film yang terlalu banyak dialog. Bisa jadi sepuluh menit menonton film ini sudah buru-buru memencet tombol “stop”. Tapi, hey, bukankah film juga media belajar yang baik? Nah, bagi yang sudah cukup umur, bolehlah menonton film ini sebagai media pemikiran dan pengetahuan tentang apa yang terjadi di belahan negeri sana, mengingat cerita film ini berdasar kisah nyata yang terjadi pada masa komunis di Rumania.

Amazing scene: abortion scene. Ini adalah adegan yang paling mencuri perhatian. Bukan karena ada ornament vital yang dipertontonkan. Bukan. Tapi karena scene aborsi yang ditampilkan stuck on my head, karena seolah menyaksikan peristiwa aborsi sebenarnya. Mulai dari bagaimana under pressure-nya si wanita, bagaimana dinginnya si pelaku, ter-capture dengan sangat jelas di sini. Bagi yang takut dan anti dengan adegan “pembunuhan” seperti ini, you can skip it, for what it is worth.

Yang jelas yang bisa ditarik adalah, bagaimanapun yang namanya aborsi itu jelas tidak baik. Maka baik-baik jaga diri ya anak-anak. Loh-loh kok jadi kayak bapak-bapak gini! Hahahaha!

Advertisements

2 thoughts on “4 Months, 3 Weeks, and 2 Days

  1. Coba diliat sambil pakai head phone. Detail suara makin membuat mencekam dan suasana teror yang memualkan.
    GREAT MOVIE, GREAT CINEMATOGRAPHY!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s