Upcoming movie: UP

(The Next Wonderful Disney-Pixar Animated Feature Wanna Be)

Ini merupakan salah satu film yang aku tunggu-tunggu di tahun ini. upposter1Sebagai penikmat, pecinta, sekaligus pemerhati film kartun keluaran Hollywood sana, sangat excited ketika tahu kalau Disney dan Pixar berkolaborasi lagi untuk mengeluarkan animasi spektakulernya tahun ini. Setelah tahun kemarin dengan WALL*E yang benar-benar karya paling orisinilnya, sekarang muncul dengan konsep cerita yang tidak kalah menarik, yaitu petualangan seorang anak kecil dengan seorang kakek penjual balon yang terdampar di sebuah negeri antah berantah dan akhirnya bertemu dengan seekor anjing yang bisa bicara bernama Dug the Talking Dog. Coba saja liat trailernya, rasanya tokoh Dug the Talking Dog itu akan mencuri banyak perhatian.UP akan memulai premiere-nya di Cannes Film Festival sebagai pembuka festival dan akan dirilis resmi pada 29 Mei nanti. Kalau memang benar film ini seperti ekspektasi semua orang, bisa dipastikan film ini akan membawa pulang Oscar untuk tahun depan. Pixar punya, pasti keren. Sekedar sharing, pixar sudah mengeluarkan sembilan buah animasinya ke seluruh penjuru dunia, dan kesemuanya berada dalam level di atas rata-rata dari segi cerita dan teknik animasi dibandingkan dengan karya Dreamworks yang kadang mengecewakan, bahkan untuk karya masterpiece-nya seperti Shrek sekalipun, tidak begitu membuat terpesona. Berikut sembilan animasi karya studio Pixar, beserta penilaian personal aku terhadap masing-masing animasi tersebut, dan diurut menurut yang terbaik:

    1. WALL-E (96)
    2. Finding Nemo (94)
    3. Ratatouille (91)
    4. The Incredibles (90)
    5. Monster’s Inc. (89)
    6. Toy Story (88)
    7. Toy Story 2 (87)
    8. A Bug’s Life (84)
    9. Cars (80)

Bahkan untuk Cars sekalipun yang banyak kritikus menyebutnya sebagai karya Pixar paling lemah, karena sedikit sekali tingkat kelucuannya, serta ceritanya yang agak kurang menarik dibandingkan dengan karya lainnya, tetap saja bagiku Cars tetap karya Pixar yang lebih baik dari Dreamworks punya. Kelemahan Cars bagiku adalah di awal film yang cenderung membosankan dan kurang berhasil menarik penonton dengan karakter-karakter yang dikenalkan. Tapi setelah setengah cerita, emosi karakter makin terasa terlebih tentang penggambaran kota yang sepi serta percintaan dua mobil disertai pemandangan yang menakjubkan, tetap membuat aku terpesona dengan film ini.

WALL*E adalah film animasi terbaik Pixar bagiku sekaligus terbaik sepanjang masa, bahkan tahun lalu aku menobatkan film ini sebagai film terbaik tahun 2008, mengalahkan The Dark Knight di posisi kedua. Ceritanya orisinil, kita mencintai tokoh WALL*E mulai diawal cerita ketika si robot tinggal sendiri di bumi, kita terkesan dengan tokoh EVE yang kemudian muncul, bahkan untuk si karakter kecoak yang muncul sebagai teman satu-satunya WALL*E, begitu mengesankan hingga terkadang membuat kita tertawa, dan yang paling menakjubkan adalah bagaimana dua robot saling jatuh cinta sehingga kita bisa sadar bahwa cinta itu universal, meski terkesan absurd memang, tapi se-absurd-nya percintaan dua robot, kalau ini animasi, siapa yang peduli. Andrew Stanton memang piawai meracik isu-isu universal dibalik produk manis yang dia suguhkan. Liat saja Finding Nemo yang menyentuh, secara blak-blakan mengkritik penangkapan fauna laut yang sering terjadi, dan WALL*E dengan isu yang tak kalah sensitif yaitu global warming.

Hm.. sayangnya untuk UP ini bukan karya Adrew Stanton, tapi kita yakin sejelek apapun karya Pixar, pasti tetap membawa warna sendiri di dunia animasi. Entah mengapa aku merasa film ini akan sesuai dengan apa yang orang inginkan. Kita tunggu saja 29 May nanti!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s