Pemenang Panasonic Awards 2009: Multiple shocks! Acara plus pemenangnya bikin kaget!

Beberapa hari yang lalu iseng-iseng ingin buka blog. Langsung kaget bukan main melihat jumlah komen yang masuk, banyak banget! Dan itu semua masuknya di postingan tentang nominasi Panasonic Awards tahun ini. Wah, ternyata banyak juga yang antusias dengan ajang penghargaan ini. Maka dengan sangat menyesal dan agak terlambat (sangat terlambat sih sebenarnya), dengan semangat menggebu, langsung bikin versi review dari acara malam penghargaan itu. Entah kenapa belakangan ini males banget kalau mau update blog. Kebawa suasana ujian yang bikin otak puyeng plus belakangan ini keranjingan sama facebook. Hampir tiap hari nongkrongin facebook sampai lupa buat nge-post hal-hal baru di blog. Sewaktu malam Panasonic Awards, sempet live review lewat Facebook tercinta, dengan mengisi komentar lewat status. Dan ternyata respons-nya sangat antusias. Dan dengan sukses akhirnya berdebat sampai kehabisan kata-kata dengan seorang teman di FB, gara-garanya kemenangan sapu-bersih si Cinta Fitri season 3 itu yang sejujurnya tidak aku harapin, dan secara personal bikin aku kecewa. But, yah, namanya juga selera orang beda-beda, mau bagaimana lagi dong.

Oke, untuk sekedar mengingatkan, kali-kali ada yang lupa dengan malam penganugerahan bulan maret lalu, ini beberapa review dari sisi acara dan pemenangnya.


Opening Number: Apakah Kamu Tertawa?

Sebelumnya setelah tahu bahwa presenter utamanya adalah Olga dan Raffi Ahmad, aku sih berpikir, oh mungkin kebawa hype-nya Dahsyat nih, yang notabene mereka berdua lagi gencar-gencarnya di tv. Cuman, ada sedikit rasa takut, bagaimana ya jadinya acaranya nanti kalau tengku_wisnu-20090328-001-bambang1 dibawa oleh dua presenter ini? Bukan bermaksud bagaimana, aku suka mereka berdua, tapi kalau untuk membawa acara sebesar itu, belumlah cukup modal lucu doang. Olga sih sebenarnya boleh dikatakan bukan contoh presenter yang baik, dihitung dari sisi tata cara membawa acara, dia sih cocoknya dibilang penghibur yang luar biasa. Raffi, lumayan, tapi masih perlu cukup jam terbang untuk membawakan acara sebesar itu yang parahnya di hadiri wakil presiden pula. Nah lo! Kalau dibandingkan presenter tahun sebelumnya, Eko Patrio, Indra Bekti, dan Olga, nah itu baru pas. Indra yang fleksibel, bisa formal dan informal, Eko yang bisa lucu dan serius, serta pelengkap Olga yang seperti bensin, disembur api langsung byur, nyala kocaknya. Klop.

Melihat opening malam itu, seperti melihat sebuah penampilan yang dibuat terburu-buru, tanpa persiapan yang benar-benar matang, dan tanpa konsep yang jelas. Maunya musikal dengan bumbu lucu, maunya parodi dengan unsur lawakan kelas orang barat, atau mau mengumbar kelucuan lewat gossip si presenter itu sendiri. Tidak jelas. olga_syahputra-20090328-005-bambang1Dan jatuhnya memang seperti lawakan spontan yang hanya diakuisisi oleh si Olga, dan seperti biasa Raffi kalah kalau sudah soal lawakan.
Raffi menyanyi di awal, sayangnya suaranya kedengeran fals plus sikapnya yang kurang pede jadi bikin terganggu. Terus berusaha memancing tawa dengan monolog yang sayangnya tidak bisa bikin ketawa. Begitu pun ketika menyinggung artis-artis menjadi sebuah narasi, ala lawakan kelas acara Oscar, sangat tidak mampuh bikin tertawa, nyengir pun tidak. Entah skripnya yang garing, atau memang selera penonton Indonesia kurang bisa tertawa dengan lawakan yang dibilang kelas lawakan cerdas. Yah. Seperti lawakan orang barat itu yang tidak pernah bermain fisik tapi bermain dialog. Tapi menurutku tidak juga. Beberapa bulan sebelumnya aku nonton acara Oscar, dan malah sangat tertawa, sampai terpingkal-pingkal bahkan oleh lawakan Hugh Jackman, tanpa menyudutkan salah satu pihak pun. Jadi, jangan bilang orang Indonesia susah tertawa dengan lawakan yang cerdas.
Opening acara malam itu jelas-jelas mengingatkan aku pada opening malam Oscar. Presenternya nyanyi, seperti yang dilakukan Hugh Jackman, kemudian muncul seorang wanita sebagai pengisi opening juga, yaitu Chelsea Olivia, kalo di Oscar Anne Hathaway. Aku kira Chelsea akan nyanyi juga. Tapi malah berdialog ga jelas dan ga tahu apa fungsi sebenarnya. Satu-satunya penyelamat acara adalah Olga, meski terlihat terlalu tidak sopan dengan mengumbar gossip Raffi dan Yuni Shara di hadapan publik, tapi yah, begitulah, kelihatannya banyak undangan yang tertawa tuh. Rasa-rasanya, pihak penyelenggara harus sedikit jeli untuk memilih presenter plus konsep acara untuk tahun depan. Sebelum banyak penonton kabur karena acaranya yang garing. liat videonya di sini.

And the award goes to…… si Fitri sapu bersih!

Meskipun acaranya disiarkan oleh MNC group, tetapi yang memboyong awards adalah Trans Corp. Wah cukup seneng juga, secara acara-acara trans corp keren-keren sekali. Bukan Empat Mata, Termehek-Mehek, KPK, Gong Show, Si Bolang Bocah Petualang, Ekstravaganza adalah beberapa peraih award yang berasal dari trans corp. Olga menjadi satu-satunya kategori individu yang menggondol dua piala untuk dua nominasi yang didapatkannya. manoj_dan_dhamoo_punjabi_md_entertainment-20090328-004-bambang11 Di kategori pelawak, yang sayangnya tidak disiarkan, dia mengalahkan senior-seniornya seperti Tukul, Aming, Eko Patrio, dan Komeng.
Puncaknya adalah kemenangan Cinta Fitri season 3 yang bikin aku shock. Bolehlah secara personal aku memang kurang suka dengan sinetron ini. Pertama, kemenangan Teuku Wisnu mengalahkan Dude Herlino sebenarnya sudah sempat diprediksi karena melihat booming-nya CF 3. Untuk yang satu ini aku sih sah-sah saja. Tapi, sewaktu Shireen Sungkar namanya diumumkan sebagai aktris favorit, aku shock, apa aku ga salah denger. Si Shireen sendiri pun tidak percaya kalau dia yang menang. Sampai akhirnya aku yakin pasti CF 3-lah yang akan menang. Dan terbukti. Okelah, tidak perlu jadi benci dengan salah satu pihak, namanya juga yang terfavorit, jadi selera kita belum tentu sama dengan selera ribuan orang lainnya.

Di postingan sebelumnya banyak yang mengeluh dengan mekanisme penilaian Panasonic Awards yang terlalu komersil, tanpa memperhatikan kualitas. Tapi tenang sajalah, la wong namanya aja favorit, belum tentu yang favorit itu yang terbaik, dan belum tentu juga yang terfavorit itu juga tidak baik. Sejauh ini, pasangan aktor-aktris paling pas dibilang terbaik + terfavorit adalah Anjasmara dan Agnes Monica. Mereka bermain dalam sinetron bagus, dengan karakter berbobot, hingga kita mengenal tokoh lugu si Cecep yang monumental dan sosok Dini, si gadis cantik yang menikah muda. Dua karakter yang nyatanya masih melekat dalam hati sebagian masyarakat Indonesia.

Moments of the Night!

Best Award Presenters: Eko Patrio, Oky Lukman, Ruben Onsu, tiga-tiganya punya materi presenting yang bagus, materi lawakan yang nendang, dan pokoknya bagus deh. Seharusnya mereka yang menjadi presenter utama, in my humble opinion. liat videonya.

Best Music Performance: Kamga, Afgan, Joeniar Arif dan Vidi Aldiado! Rocks! Keren banget kolaborasinya, terutama sewaktu nyanyi Kucing Garong, asli, suara mereka keren sekali.

Funniest Moment: Sewaktu Olga menang, kehabisan kata-kata di podium, sampai-sampai terpaksa Luna Maya yang ngomong. Dengan lugunya berkata, “ Lo kok jadi kamu sih yang ngomong Lun?” hahahaha…. Lucu! Liat di sini videonya.

Funniest Award Presenters: De Rahma & Jeng Kelin! Wah ini duo ikon prime time yang gokil abis. Terutama si lebai De Rahma, keren deh. Snap snap snap!

Scaring Moment: Sewaktu opening number, si Olga akting marah, eh malah ngerusakin kamera orang. Aku sih pikir, waduh apa ga kasian tuh kamera, trus kirain mungkin kamera boongan, ternyata itu beneran! Wah!

Shocking Moment: Shireen Sungkar sebagai yang terfavorit! Kalo yang ini tidak perlu penjelasan lagi.

Worst Award Presenting: sewaktu presenting award dengan bumbu sulap oleh Dedy dan romy Rafael, Tuhan, ini bukan acara The Master kale. Sumpah! Waktu liat mereka, benar-benar kredibilitas acara awards ini berubah menjadi acara parody miliknya RCTI, so monopolistic!

Worst moment of the Night: no wonder for every single shot of Raffi Ahmad! Oke, semua aksi opening dari Raffi benar-benar gagal. Dari nyanyi, baca berita, ngelucu, semuanya gatot, alias gagal total. Sorry to say, Raffi.

Ini dia pemenang lengkapnya

Kategori Individu:

* Teuku Wisnu (Aktor Favorit)

* Shireen Sungkar (Aktris Favorit)

* Tantowi Yahya (Presenter Kuis/Game Show Favorit)

* Cut Tari (Presenter Infotaintment)

* Olga Syahputra (Presenter Musikc/Variety Show, dan Pelawak)

* Ruben Onsu (Presenter Reality Show)

* Tukul (Presenter Talkshow)

* Darius Sinathriya (Presenter Olah Raga)

* Putra Nababan (Presenter Berita/Current Affairs)

Kategori Program Acara:

* Drama Seri: CINTA FITRI SEASONS 3

* Kuis & Game Show: GONG SHOW

* Infotaintment: SILET

* Music & Variety Show: MAMAMIA

* Reality Show: TERMEHEK-MEHEK

* News Magazine: KPK (KUMPULAN PERKARA KORUPSI)

* Komedi/Lawak: EXTRAVAGANZA

* Talkshow: KICK ANDY

* Talkshow Hiburan: BUKAN EMPAT MATA

* Olah Raga: LIGA DJARUM-ANTV

* Hiburan Anak-anak: PENTAS IDOLA CILIK

* Edutaintment Anak-anak: SI BOLANG BOCAH PETUALANG

* Berita: SEPUTAR INDONESIA

* Dokumenter: METRO FILES

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s