Oscar 2009: The Show was Spectacular, Slumdogs were Happy, and Surprisingly The Host was Terrific!

Well, menyimak acara Oscar, memang penuh dengan kejutan, dan jujur nih sangat spektakuler! Sebenernya aku agak khawatir dengan ditunjuknya Hugh Jackman sebagai host Oscar, karena meskipun sudah tiga kali menjadi host Tony Awards dan meraih pujian, hanya saja agak riskan memilih host yang lebih dikenal sebagai aktor ketimbang komedian yang bisa membuat suasana malam Oscar lebih ceria. Tapi tunggu dulu, produser acara Oscarhugh-jackman-2009-oscars-021 bukan sekedar pilih karena Jackman dengan predikat Sexiest Man Alive-nya bisa menjual, mungkin memang bisa menjual, tapi yang menjadi pertimbangan utama, Hugh Jackman sebenarnya entertainer sejati!

Opening act-nya Hugh Jackman yang spektakuler, apalagi sewaktu menggendong Anne Hathaway untuk memparodikan film Frost/Nixon dengan sangat menghibur. Kemudian ketika Jackman berduet dengan Beyonce ketika menyayikan lagu-lagu dari soundtrack film dari jaman ke jaman, mulai dari Moulin Rouge, Mama Mia, sampai lagu soundtrack terbaik sepanjang masa Somewhere Over The Rainbow, dengan komposisi musik dan koreografi yang diciptakan oleh Baz Lurhman (Moulin Rouge/Australia) tak heran kesan medley itu begitu mewah dan rapi.

Hugh Jackman juga dianggap berhasil memberikan joke-joke segar yang mampu membuat para audiens tertawa. Hingga seakan-akan kita tidak sadar kalau Hugh Jackman bukanlah seorang komedian. Selain penampilan Hugh Jackman yang cemerlang, sajian penghargaan Oscar pun semakin fresh ketika konsep pemberian Oscar untuk kategoriaktor-aktris diganti dari konsep aktris pemenang tahun lalu memberi penghargaan kepada aktor (dan sebaliknya), diganti menjadi kategori aktor-aktris dipresentasikan oleh aktor-aktris pemenang Oscar tahun-tahun sebelumnya, dan hasilnya sangat beda. Dalam artian, para nominator merasa sangat diapresiasi karena dipresentasikan oleh aktor-aktris yang memang sudah punya nama. Lihat saja ketika Anne Hathaway sampai menangis ketika dipresentasikan oleh seniornya yang selain memuji aktingnya, juga memuji kemampuan menyanyinya yang juga lumayan.

Well, sekarang lihat siapa para peraih Oscar tahun ini. Slumdog Millionaire menang besar malam itu dengan menyapu 8 awards dari 10 nominasi yang didapat. Aku cuma kecolongan 2 dari 9 yang aku prediksi, yaitu Best Actor yang ternyata jatuh ke Sean Penn dan Original Screenplay yang dibawa pulang Milk. Untuk kategori Best Actress, akhirnya my fave actress, Kate Winslet took it home. 2l93wap I’m so happy for her. Setelah lima kali gagal meraihnya, akhirnya setelah memainkan Hanna Schmitz dengan ciamik, dia dengan sumringah meraih patung emas itu. Meskipun Sean Penn bukan favoritku, tapi sebenarnya dialah yang paling layak meraih Best Actor, bukan berarti Mickey Rourke tidak bagus, tapi akting Penn benar-benar luar biasa yang seakan-akan membuat kita yakin dialah Harvey Milk. Supporting actress goes to Penelope Cruz and Heath Ledger for Supporting Actor, I’m ecstatic for both deserving actors!
Sayangnya kalau kamu memperhatikan foto para pemenangnya disamping, mungkin agak bingung kok kerasa ada yang hilang ya, hm….. we missed Heath Ledger… kerasa ironis melihat dia tidak bisa memegang piala itu dengan bangga dengan pemenang lainnya. Tapi setidaknya sebagai penghargaan terakhir buat mendiang Heath Ledger, dia memang layak mendapatkannya. Bukan karena status posthumous-nya lo, tapi karena kadar aktingnya yang begitu brilian.
Well, serangkaian road to Oscar yang sudah bejalan dari awal tahun lalu dan berakhir dengan Slumdog Millionaire sebagai film terbaik. Sekarang mari kita mulai road to Oscar untuk masa film tahun 2009 ini, dan liat siapa yang akan menjadi yang terbaik untuk awal tahun depan. Sekedar informasi, ada banyak film-film bagus yang akan bersaing dari sutradara handal Hollywood. Ang Lee dengan Taking Woodstock-nya, Rob Marshall (filmnya Nine paling aku tunggu), James Cameroon dengan Avatar-nya, Martin Scorsese dengan Shutter Island-nya, Clint Eastwood dengan Nelson Mandela-nya, Peter Jackson dengan The Lovely Bones-nya, dan sebagainya. Well, sampai ketemu tahun depan untuk acara Oscar yang semoga lebih spektakuler lagi. Keep watching movie, guys!

Ini dia pemenang Academy Award kategori utama tahun ini:
• Best Picture : Slumdog Millionaire
• Best Director: Danny Boyle (Slumdog Millionaire)
• Best Actor: Sean Penng-ent-090222-slumdog-pich21
• Best Actress: Kate Winslet
• Best Supporting Actor: Heath Ledger
• Best Supporting Actress: Penelope Cruz
• Best Original Screenplay: Milk
• Best Adapted Screenplay: Slumdog Millionaire
• Best Animated Feature: Wall-E
Untuk pemenang lengkapnya liat di sini

Advertisements

One thought on “Oscar 2009: The Show was Spectacular, Slumdogs were Happy, and Surprisingly The Host was Terrific!

  1. well, emang ya si Hugh jackman keren bgt…
    ga nyangka dia ternyata multi talented..

    emang keren si wolverine ini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s