Slumdog Millionaire : Cheat or Destiny?

Melihat film ini, sebuah ide yang unik, dan terasa familiar bagi penyimak film di Indonesia yang sudah fasih dengan tontonan yang salah satu settingnya acara kuis yang dulu sempat merajai rating di pertelevisian Indonesia, Who wants To Be A Millionire?, plus penggambaran dari daerah slum (kumuh/pinggiran) Mumbai, yang sedikit memilki kemiripan dengan daerah kumuh Jakarta, terutama yang berada di dekat sungai cilliwung. slumdog-millionaire-stills09Well, ini merupakan sebuah karya dari sineas Inggris yang tidak bisa dianggap remeh begitu saja, apalagi melihat begitu banyaknya penghargaan yang didapat oleh film ini, sebagai bukti dari begitu bagusnya film ini.

Ok, perlu dicatat ini film produksi Inggris, namun sangat terasa india. Tenang saja, bagi yang benci dengan film india, benci karena lagu-lagunya yang panjang, kamu tidak akan menemukannya di sini (thank God), kecuali di ending film dengan lagu Jai Ho yang bener-bener bagus, tidak perlu malu untuk bernyanyi atau menyukai lagu ini, toh Oscar saja mengakui ini sebagai lagu terbaik ketika lagu ini masuk nominasi tahun ini meski belum ketahuan akan menang atau tidak, tapi masuk nominasi sudah berarti sineas Hollywood mengakuinya bukan? Hanya saja mungkin aksen Dev Patel yang memang berdomisili di Inggris agak sedikit menganggu, karena dasarnya sebagai pemuda India seharunya memiliki aksen India-Inggris, bukan British. Di beberapa scene kelihatan logat kental British-nya. But, mungkin itu sedikit tertutupi dengan penampilan breakthrough actor ini yang cemerlang.

Baiklah kita beranjak ke inti dari film ini, berkisah tentang seorang remaja muslim daerah kumuh Mumbai yang “terjebak” dalam kuis berhadiah terbesar dalam sejarah di india, bernama Jamal Malik, yang nyatanya tinggal selangkah lagi untuk memenangkan hadiah utama sebesar 20 juta rupee. Tetapi sang presenter menggangap Jamal berbuat curang sampai akhirnya ia harus diinterogasi oleh polisi. Dan dari sinilah cerita bermula, ketika Jamal akhirnnya mmenceritakan kronologis kehidupannya dari kecil hingga niatnya menjadi peserta kuis itu semata-mata untuk menemui Latika, pujaan hatinya. slumdog_millionaire06editDan jawabannya jelas sudah, bagaimana seorang pemuda dari daerah kumuh yang tidak pernah tamat sekolah bisa mendapatkan hadiah sebanyak itu. Dan di awal film akan disuguhi oleh sebuah pertanyaan, Jamal Malik telah memperoleh hadiah 1o juta rupee dan tinggal selangkah lagi menuju hadiah utama, apa yang dia lakukan? Seperti ini nih pertanyaan yang muncul di awal film:

Jamal Malik is one question away from winning 20 million rupees. How did he do it?
A. He cheated
B. He’s lucky
C. He’s a genius
D. It is written

Sampai pada akhirnya setelah kamu disuguhi karya seni yang lengkap dengan sinematografi apik, music score nomor wahid (who can’t deny A.R Rahman?), penuturan cerita yang lompat-sana-sini tapi tidak merusak cerita malah semakin membuat cerita menarik, plus skenario yang bagus, dan tentunya tangan dingin sang sutradara, Danny Boyle, yang membuat film ini terlalu sayang untuk dilupakan. Dan ketika akhirnnya kamu sampai pada ending cerita ini, kamu akan terkesima ketika jawaban dari pertanyaan di awal cerita tadi di jawab di akhir film.
Dan jawabannya adalah… D. It is written.

Suguhan film yang dalam, penuh unsur seni, ide yang segar, dan tentunya cerita yang sangat menarik. Dan sebagai rekomendasi, kamu harus menonton film yang satu ini! (5/5)

slumdog_millionaire11et


Akankah Slumdog Millionaire mencetak rekor tahun ini?

Hanya ada dua film yang sebelumnya menyapu bersih kategori film terbaik dari Award event ternama, yaitu Critic Choice, Golden Globe, SAG, BAFTA, dan Oscar tentunya, yaitu American Beauty dan The Lord of the Ring: Return of the King. slumdog_millionaire08editTahun ini, Slumdog menjadi jawara di Critic Choice Award, Golden Globes Award, dan SAG, tinggal BAFTA dan Oscar yang belum diumumin pemenangnya. Dan jika itu terjadi, Slumdog millionaire akan menjadi film ketiga yang melengkapi rekor tersebut.

Saingan terberatnya adalah The Curious Case of Benjamin Button yang di oscar memperoleh 13 nominasi namun nyatanya belum satupun dari event besar berhasil mengalahkan Slumdog Millionaire. Kita lihat saja nanti apa yang terjadi di BAFTA dan Oscar. Aku dukung penuh untuk film ini deh. Hehe…

Advertisements

One thought on “Slumdog Millionaire : Cheat or Destiny?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s